Pengertian dan Arti Administrasi Secara Umum.
Apa yang di maksud dengan Pengertian dari Administrasi di sebuah perusahaan atau pabrik Industri ?
Karena hampir semua perusahaan atau pabrik Industri pasti membutuhkan orang yang bekerja sebagai administrasi atau administrator untuk menjalankan segala Tugas dan Kewajiban di perusahaan.
Pengertian Administrasi adalah suatu bentuk usaha dan aktifitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar perusahaan tersebut bisa mencapai segala target atau tujuannya.
Dengan melihat pengetian tersebut bisa di pastikan bahwa Tugas Adminsitrasi sangat krusial dan penting di dalam perusahaan atau pabrik Industri atau Instansi tertentu.
Pengertian Administrasi secara Sempit adalah bentuk aktifitas atau kegiatan karyawan atau pekerja yang berhubungan dengan Surat menyurat, Catat mencatat, Ketik Mengetik atau tulis menulis, Pembukuan sederhana dan kegiatan lainnya yang sifatnya teknis tentang tatausaha.
Sedangkan Pengertian Administrasi secara Luas adalah Semua proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mencapai target atau tujuan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna.
Berdasarkan pengertian administrasi di atas bisa berarti beberapa kesimpulam tentang Administrasi di perusahaan atau pabrik Industri adalah sebagai berikut :
- Administrasi mengandung unsur seperti terdapat dua atau lebih pekerja di dalamnya, adanya kerjasama antar pekerja tersebut yang bersifat formal, Kemudian adanya tujuan, adanya tugas dan ketersediaan sarana dan prasarana.
- Administrasi merupakan sebuah proses yang membutuhkan kiat khusus yang sifatnya kondisional dan situasional karena adminsitrasi terkait dengan kondisi, situasi, tempat dan waktu.
- Administrasi di butuhkan pekerja atau karyawan di sebuah Instansi yang di jalankan untuk mencapai tujuan bersama didalam Instansi tersebut.
Baca Juga :
Pengertian Administrasi Menurut Ahli.
Beberapa Ahli di bidang Manajemen menjelaskan tentang Definisi atau pengertain Administrasi adalah sebagai berikut :
1) George R Terry
Menurut George R Terry, Pengertian Adminsitrasi adalah kegiatan Perencanaan, Pengendalian dan Pengorganisasian pekerjaan Perkantoran serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
2) Arthur Grager.
Menurut Arthur Grager, Pengertain Adminsitrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
3) Sondang P Siagian.
Menurut Beliau, bahwa arti Administrasi adalah segala bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang di tentukan sebelumnya.
4) Ulbert Silalahi.
Menurut Ulbert Silalahi dalam artian luas arti Administrasi adalah penyusunan dan pencatatan data atau Informasi secara sistematis baik secara Internal maupun Eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali baik itu sebagian ataupun seluruhnya.
Sedangkan Arti Administrasi secara Sempit adalah di kenal sebagai Istilah Tata Usaha.
5) William Leffingwell dan Edwin Robinson.
Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson mendefiniskan bahwa Administrasi sebagai suatu Bagian dari Ilmu Manajemen yang Berkaitan dengan Pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara Efisien, kapan dan di mana pekerjaan tersebut harus di lakukan.
Ciri - Ciri ADMINISTRASI.
Administrasi mempunyai beberapa karateristik atau ciri - ciri antara alin sebagai berikut :
- Di dalam Sistem administrasi selalu terdapat Pengawasan, Bimbingan serta Kepemimpinan.
- Di dalam administrasi selalu terdapat Proses kerja dan usaha.
- Di dalam administrasi selalu terdapat kegiatan yang berhubungan dengan kerjasama.
- Setiap Administrasi selalu mempunyai tujuan yang harus di capai secara jelas.
- Di dalam sistem administrasi pasti terdapat sekelompok pekerja yang terdiri dari dua orang atau lebih.
Fungsi Administrasi.
Administrasi selalu di gunakan pada sebuah perusahaan atau pabrik Industri atau Instansi tertentu karena Administrasi itu sendiri berfungsi sebagai berikut ;
a) Administrasi Sebagai Planning atau Perencanaan.
Planning adalah kegiatan atau aktifitas perencana yang membutuhkan sebuah aktifitas administrasi mulai dari pengumpulan data, pengolahan data hingga penyusunan perencanaan.
b) Administrasi Sebagai Organizing atau Penyusunan.
Penyusunan atau Organizing merupakan kegiatan menyusun dan membangun komunikasi kerja antara anggota - anggota di dalam organisasi sehingga akan tercapai suatu kesatuan usaha untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.
c) Administrasi Sebagai Coordinating atau Koordinasi.
Koordinasi merupakan sebagian dari fungsi manajemen yang melakukan sejumlah aktifitas agar berjalan baik dengan menjauhi terjadinya kekacauan, bentrok, kekosongan aktifitas yang di laksanakan dengan menghubungkan , menyatukan dan menyesuaikan suatu pekerjaan bawahan yang sehingga terdapat kerjasama yang terencana dalam suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
d) Administrasi Sebagai Reporting atau Laporan.
Membuat Laporan adalah bentuk kegiatan untuk menyampaikan perkembangan atau hasil dari suatu Pekerjaan atau kegiatan dengan membuat dan memberikan laporan dari tugas dan fungsi para pekerja baik secara lisan ataupun tulisan untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan tugas para pekerja tersebut.
e) Administrasi Sebagai Budgeting atau Penyusunan Anggaran.
Penyusunan Anggaran atau Budgeting adalah aktifitas perencanaan dan pengelolaan keuangan atau anggaran yang di butuhkan atau di gunbakan di dalam Organisasi yang dilakukan secara berkesinambungan.
f) Administrasi Sebagai Staffing atau Penempatan Kerja.
Staffing atau Penempatan kerja merupakan aktifitas atau kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya manusia atau SDM dan sumber daya lainnya di dalam Instansi atau Organisasi mulai dari Perekrutan tenaga kerja, pengembangan, perlengkapan di dalam Organisasi atau Instansi tersebut.
g) Administrasi Sebagai Directing atau Pengarahan.
Pengarahan atau biasa di sebut dengan Bimbingan adalah aktifitas berinteraksi dengan anggota organisasi dalam bentuk memberi Bimbingan, saran, perintah perintah agar tugas di jalankan dengan baik guna mencapai tujuan yang sudah di tentukan bersama.
Syarat Menjadi Administrasi.
Untuk syarat atau kualifikasi menjadi seorang Administrator di sebuah perushaan atau Pabrik Industri adalah sebagai berikut ;
- Sebagai Admin Harus mampu mengoperasikan komputer dengan baik.
- Sebagai Admin harus bisa menguasai Microsoft Office seperti Excel, Word dan lain sebagainya.
- Berjenis kelamin wanita atau Laki - laki.
- Sebagai Admin harus bisa berpenampilan baik dan sopan.
- Sebagai Seorang Admin harus memiliki ketelitian tingkat tinggi.
- Sebagai seorang Admin harus bisa bekerja dengan beban penuh tanggung jawab.
- Sebagai seorang Admin harus bisa bekerja sama dengan rekan kerja dengan baik.
- Di Utamakan mempunyai pengalaman kerja minimal 2 tahun.
- Berpendidikan Minimal D3 atau S1.
Baca Juga ;
Demikian pengertian Administrasi secara umum, sempit dan berdasar arti menurut para Ahli Manajemen.
No comments