Macam - Macam Staff Administrasi dan Tugasnya yang ada di Dalam Perusahaan.
Pengertian Tentang Administrasi.
Hampir setiap Instansi atau Kantor pasti memahami apakah itu arti tentang sebuah Administrasi, sehingga tidak sedikit Instansi atau perusahaan memungkinkan akan membutuhkan pekerja atau karyawan untuk mengurusi di bidang Administrasi.
Arti Administrasi berdasarkan Etimologi berasal dari istilah bahasa Latin yaitu Ad yang berarti Intensif dan ministrate jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya melayani serta memenuhi.
Sedangkan Arti atau pengertian Administrasi secara arti luas adalah Suatu perencanaan, Menyelenggarakan, kegiatan, Mengorganisir dan mengawasi pekerjaan - pekerjaan yang berkaitan dengan aktifitas yang ada di perusahaan atau Instansi itu sendiri.
Fungsi dari Staff Administrasi di Perusahaan.
Pada Dasarnya Siapakah Staff Administrasi yang ada di dalam perusahaan atau Pabrik Industri ?
Staff Administrasi adalah pekerja atau karyawan yang bekerja di dalam pabrik Industri yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk bekerja di bidang Administrasi di bagian tertentu di dalam pabrik Industri itu sendiri.
Dan tentunya sebagai pekerja Staff Administrasi tersebut akan selalu mengurusi aktifitas Administrasi yang ada di dalam Divisi atau Bagian tertentu untuk membantu job dari pimpinan di Divisi tersebut.
Adapun Fungsi Staff Administrasi di Perusahaan atau Pabrik Industri adalah sebagai berikut :
- Dengan adanya Seorang Staff Administrasi di Perusahaan, Maka Semua Aktifitas pekerjaan di dalam Perusahaan tersebut yang berhubungan dengan Manajemen akan lebih menjadi ringan.
- Dengan Adanya pekerja staff administrasi, maka arsip, file dan dokumen yang di butuhkan perusahaan akan lebih mudah terorganisir dengan baik dan lebih memudahkan untuk mengontrol kondisi file, arsip dan dokumen penting tersebut.
- Petugas staff administrasi bisa membantu semua kegiatan atau aktifitas kerjasama dengan divisi atau bagian lain yang ada di dalam perusahaan sehingga kerjasama tersebut lebih terarah dan terstruktur dengan baik.
- Dengan adanya pekerja sebagai staff adaminsitrasi, maka semua pekerjaan yang ada di dalam perusahaan atau divisi bisa di selesaikan dengan Efektif dan efisien.
- Seorang staff administrasi bisa melakukan penyelesaian semua pekerjaan yang ada di dalam divisi perusahaan dengan baik dan cepat karena adanya sistem managemen yang tepat dari pimpinan perusahaan.
Tugas Umum Staff Administrasi.
Macam - Macam Staff Admin.
Petugas Staff Administrasi di Bidang Keuangan.
- Melakukan Koordinasi adanya kebijakan tentang Administrasi Keuangan yang ada di Perusahaan.
- Melakukan pengelolaan serta mengerjakan tugas yang berhubungan dengan tagihan - tagihan.
- Melakukan adanya setoran, Menentukan jumlah setoran, menangani adanya pembayaran atas kewajiban yang harus di lakukan oleh perusahaan, Melakukan pembukaan adanya rekening perusahaan.
- Melakukan pengurusan adanya surat berharga yang di miliki oleh perushaan.
- Melakukan Perencanaan Keuangan adanya peminjaman, pembayaran, Pengeluaran serta penerimaan.
- Melakukan pengyusunan tentang semua informasi yang berhubungan dengan keuangan Perusahaaan.
Petugas Staff Administrasi di Bidang Marketing.
- Melakukan pengarsipan adanya bukti atas tanda tangan dari konsumen yang telah melakukan transaksi.
- Melakukan pengecheckan Jumlah barang dan kondisi barang yang akan di kirim.
- Melakukan pencatatan adanya semua alamat pengiriman barang ke konsumen.
- Melakukan pencatatan smeua nama ekspedisi yang ada di dalam kota atau negara.
- Menyerahkan semua surat jalan yang di butuhkan oleh konsumen atau pelanggan.
- Memberikan Nota Penjualan.
- Melakukan pencatatan tentang semua barang dan jumlah total yang harus di bayarkan oleh konsumen.
Petugas Staff Administrasi di Bagian Gudang.
- Melakukan analisa adanya trend sales yang berkembang.
- Melakukan pemesanan barang.
- Melakukan klaim adanya pembayaran yang masuk dan pembayaran keluar.
- Melakukan pemeriksaan adanya jumlah barang yang ada di dalam gudang.
- Melakukan Perekapan data adanya pemesanan barang.
Petugas Staff Administrasi di Bagian HRD.
- Melakukan pencatatan adanya peminjaman karyawan.
- Melakukan pencatatan semua jumlah lemburan karyawan atau pekerja.
- Melakukan pencatatan adanya cuti dari karyawan atau pekerja.
- Mengjurus Semua kebutuhan pengembangan karyawan seperti pelatihan dan training pengetahuan wawasan.
- Melakukan rekap absen karyawan setiap hari.
- Melakukan rekap dara lemburan dan gaji karyawan.
- Dan lain sebagainya.
Tips Sukses Menjadi Seorang Staff Administrasi di Perusahaan.
- Sebagai Staff Administrasi harus bisa mengoperasikan Komputer dengan baik.
- Sebagai Staff Administrasi harus bisa mengoperasikan semua Microsoft Office seperti Word,Excel dan lain sebagainya.
- Harus mampu menjaga Hubungan dan kerja sama yang baik dengan pekerja lainnya.
- Sebagai seorang Staff administrasi harus bisa membuat dan menentukan skala prioritas pekerjaan.
- Sebagai seorang staff admin harus mempunyai jiwa disiplin waktu.
- Staff Administrasi harus bisa menjaga Stamina Kesehatan diri sendiri.
- Staff Administrasi harus bisa membuat daftar agenda pekerjaan.
No comments