Breaking News

Pengertian Logistik Beserta Tugas Admin Logistik


Pengertian Logistik.

Logistik merupakan istilah yang berasal dari Perancis dengan asal katanya adalah Loger yang berarti Menyediakan atau Menginapkan.

Dengan arti lain bahwa Logistik tersebut merupakan sebuah sistem yang berkaitan dengan aktifitas atau kegiatan yang berhubungan dengan Proses Penanganan atau Pengolahan Barang yang strategis terhadap Penyimpanan Barang, Pemindahan Barang, Pemeliharaan barang serta termasuk Pengadaan Barang tersebut.

Logistik bisa di katakan sebuah Divisi atau Departement di sebuah Perusahaan atau Pabrik Industri,Namiun tidak semua Perusahaan memiliki Divisi Logistik.

Sedangkan Divisi atau Departemen Logistik ini mempunyai Peran Penting di dalam Kegiatan atau Aktifitas Perdagangan yang di lakukan Perusahaan terhadap pengelolaan Stock Barang dan pendistribusian barang.

Sehingga dengan adanya Divisi Logistik tersebut, maka Perusahaan akan lebih Fokus di dalam penanganan pengelolaan Pendistribusian dan Pengolahan Barang tersebut.

Dan tentunya Sebuah Perusahaan tidak mau Merugi bahkan bangkrut yang di karenakan sistem Manajemen Logistik yang kurang mumpuni, yang di sebabkan karena tidak terkendalinya kondisi stock barang atau terhambatnya keterbatasan stock barang.

Dengan hal tersebut, maka Perusahaan akan sangat berhati - hati untuk menempatkan pekerja atau karyawan untuk menjalankan pekerjaan di dalam Divisi logistik itu sendiri.

Karena pekerja yang ada di dalam Divisi Logistik tersebut selain mampu melakukan pemenuhan stock barang, menekan biaya produksi, menekan biaya transportasi juga harus mampu dan  bisa melakukan penganalisaan kebutuhan barang.

Di dalam Divisi Logistik ini biasanya terdapat pekerja atau karyawan yang menduduki Struktur jabatan sebagai salah satu Sarana untuk Koordinasi dan Komunikasi pekerjaan.

Jabatan yang ada di dalam divisi Logistik tersebut antara lain Operator Logistik, Staff Logistik, Supervisor Logistik, Manager Logistik.

Selain itu juga di dalam Divisi Logistik juga terdapat pekerja atau karyawan yang bekerja sebagai Admin Logistik yaitu Pekerja yang mengurusi segala kebutuhan Administrasi didalam divisi Logistik.

Para Pekerja atau karyawan tersebut melakukan Tugas masing - masing berdasarkan Posisi Jabatannya agar Koordinasi dan Mobilitas di dalam divisi Logistik terkendali dan mencapai Target Perusahaan.

Fungsi Administrasi Divisi Logistik.

Karena Administrasi Logistik bisa dikatakan sebuah Bentuk urusan pencatatan atau tata usaha yang berhubungan dengan proses penanganan atau pengolahan barang seperti Penyimanan barang, Pemindahan barang, Pengadaan barang serta pemeliharaan barang untuk mencapai target Perusahaan yang efektif dan efisien.

Secara garis besar Fungsi Administrasi Logistik disebuah Perusahaan adalah sebagai berikut ;
  • Pengelolaan Barang atau Hasil Produksi.
  • Melakukan Pengadaan Barang Logistik.
  • Melakukan Penyimpanan barang
  • Adanya Pendistribusian Barang.
  • Melakukan Pemeliharaan serta Perbaikan.
Fungsi dari Administrasi Logistik tersebut bukan sekedar menunjukan siklus pergerakan atau pengolahan barang, namun juga Administrasi Logistik juga merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dan Sebagai Administrasi Logistik tidak terlepas dari kegiatan pencatatan.

Tanggung Jawab dan Kewajiban Admin Logistik.

  • Melakukan pekerjaan Administrasi seperti Rekap Data, Penyimpanan File atau Arsip Penting Perusahaan.
  • Menerima Panggilan layanan Telepon termasuk menjawab pertanyaan melalui telepon tersebut. 
  • Membuat Laporan Bulanan yang terkait dengan logistik.
  • Melakukan pengambilan data penerimaan barang.
  • Merekap Laporan data barang yang terjadi abnormal atau barang yang tidak sesuai.
  • Melakukan penyediaan Kebutuhan ATK di divisi Logistik.
  • Dan lain sebagainya.

Tugas Admin Logistik Secara Umum.

Sebagai seorang Pekerja yang berprofesi sebagai Admin Logistik di perusahaan secara Umum mempunyai Tugas sebagai berikut :
  • Ikut bertanggung Jawab terhadap kondisi barang yang sudah rusak atau barang yang sudah tidak bisa di gunakan.
  • Melakukan pengecheckan kondisi Kendaraan Transportasi pengiriman dan pengangkutan barang agar sesuai dengan Prosedur keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Melakukan Pengecheckan penandaan atau tag pada barang dengan baik dan benar.
  • Melakukan Koordinasi terhadap pengembalian atau pengiriman barang yang rusak atau di perbaiki.
  • Melakukan Rekap Data atau Penyimpanan Semua file penting yang berhubungan dengan Logistik.
  • Melakukan Informasi terupdate yang berhubungan dengan Perkembangan Logistik Perusahaan.
  • Melakukan persiapan dokumentasi pengiriman barang.
  • Bekerja sama dengan pihak agen Pengiriman barang seperti pihak transportasi atau pengangkutan secara baik dan benar.
  • Ikut bertanggung jawab dalam proses pengadaan dan proses pemesanan barang.
  • Melakukan Komunikasi dengan konsumen atau pelanggan terkait adanya jadwal pengiriman barang atau hasil produk.
  • Melakukan Pencatatan adanya penjualan barang sesuai prosedur.
  • Memastikan jumlah barang yang akan di kirim agar sesuai dengan kuantitas dan kualitas barang sebelum sampai kepada konsumen.
  • Ikut terlibat didalam agenda kegiatan Audit barang secara internal maupun eksternal.
  • Memastikan Stock barang atau ketersediaan barang yang ada di divisi logistik dalam kondisi aman dan terkendali.
Baca Juga :

Syarat Admin Logistik.

Untuk menjadi seorang Admin Logistik disebuah Perusahaan, ada beberapa persyaratan umum seperti sebagai berikut :
  • Sebagai Seorang Admin Logistik harus bisa menjaga Attitude dengan baik dan benar.
  • Sebagai Seorang Admin Logistik harus mampu mengoperasikan Komputer dengan baik dan benar.
  • Sebagai seorang Admin Logistik harus bisa mengoperasikan Microsoft Office seperti Excel,Word dan lain sebagainya.
  • Sebagai Admin Logistik harus siap bekerja dengan tanggung jawab yang besar.
  • Sebagai Seorang Admin Logistik di harapkan mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Sebagai Seorang Admin Logistik harus siap bekerja di bawah tekanan perusahaan untuk mecapai target.
  • Di utamakan bagi yang mempunyai Pengalaman di bidang administrasi.

Demikian sedikit ulasan tentang Pengertian Logistik beserta tugas Admin Logistik.

















Tugas Administrasi Logistik, Apa saja Tugas Admin Logistik, Apa Saja Tugas Administrasi Logistik,

Tugas Admin Logistik, Admin Logistik Tugasnya adalah, Apa saja tugas admin logistik,

Pekerjaan Administrasi Logsitik, Apa saja pekerjaan admin logistik,

Pekerjaan Admin Logistik, Apa saja pekerjaan Administrasi logistik,

Jobdesk Admin Logistik, Apa Jobdesk admin logistik, Apa saja jobdesk admin logistik,

Job Description Admin Logistik, Jobdescription Admin Logistik apa saja, Apa saja jobdescription Admin Logistik,

Apa itu Logistik, Apa Saja Tugas Logistik,

Arti Logistik, 

Pengertian Logistik,

Logistik Pekerjaannya Apa,

Admin Logistik pekerjaannya apa,

Berapa Gaji Admin Logistik,

Tugas Logistik adalah,

Bagian Logistik bertugas,

Logistik Tugasnya Adalah, Jenis Tugas Logistik adalah,

Apa Saja Tugas Logistik, Admin Logistik Tugasnya adalah,




No comments