Breaking News

APAKAH YANG DI MAKSUD DENGAN GAP ATAU CLEARANCE BENDA KERJA


Apakah yang di maksud dengan gap atau clearance pada sebuah benda kerja ?

Istilah Gap atau clearance pada benda kerja merupakan istilah yang biasa di gunakan oleh banyak orang untuk menyebut celah yang ada di antara dua benda kerja yang menjadi satu unit.

Dan Gap atau clearance pada benda kerja itu sendiri merupakan item penting yang wajib selalu di check oleh orang yang berkepentingan.

Jadi Gap atau Clearance itu adalah sebuah celah yang ada di antara dua benda kerja yang menjadi satu unit mesin.

Sedangkan untuk item pengecheckan kondisi Gap atau clearance pada benda kerja ini di lakukan oleh seorang Teknisi Mekanik untuk mesin di pabrik industri.

Gap atau clearance merupakan salah satu item pengecheckan pada lembar inspeksi mesin yang biasa di lakukan setiap 3 bulan sekali atau sesuai waktu kebutuhan masing - masing perusahaan.

Untuk mengukur berapa besarnya gap atau clearance yang ada di antara dua benda tersebut adalah dengan menggunakan alat ukur Fuller Gauge atau Filler Gauge.

Mengapa gap atau clearance yang ada pada benda kerja harus selalu di check atau di ukur ?

Berikut adalah beberapa contoh Gap atau Clearance yang biasa ada di pabrik industri yang sering di ukur atau di check sesuai kebutuhan.

1) Gap atau Clearance pada Screw Extruder.

Screw Extruder merupakan salah satu komponen mesin di pabrik industri yang mempunyai fungsi untuk melumat material produk di dalam cylinder atau barel screw extruder.

Di dalam pertemuan screw extruder dengan cylinder barel screw ada sebuah Gap atau Clearance yang terisi oleh lumatan material produk tersebut.

Melihat hal tersebut, maka Gap atau clearance yang ada di antara Screw Extruder dengan cylinder barel screw harus di check kondisi perkembangannya.

Berikut adalah tujuan mengapa Gap atau Clearance pada screw Extruder harus di ukur atau di check :
  • Untuk mengetahui perkembangan keausan yang terjadi pada unit komponen mesin tersebut termasuk screw dan cylinder barel screw.
  • Untuk mengetahui adanya perubahan dimensi pada diameter screw dan cylinder barel screw tersebut.
  • Untuk menentukan kapan screw dan cylinder barel screw akan di ganti dengan part yang baru.
  • Sebagai tolok ukur kondisi qualitas produk yang di hasilkan oleh screw dan cylinder barel screw.

2) Gap atau Clerance pada Roll Calender.

Gap roll calender adalah celah yang terjadi di antara 2 Roll calender.

Roll Calender merupakan salah satu komponen mesin yang ada di pabrik industri yang mempunyai fungsi untuk membentuk celah sesuai settingan agar tebal material yang keluar dari celah Roll Calender tersebut sesuai settingan spec produk.

Jadi pada dasarnya Roll Calender merupakan pasangan Roll yang membentuk tekstur material produk  untuk membentuk tebal sesuai ukuran yang di kehendaki oleh operator mesin.

Roll Calender biasanya bisa membentuk celah yang bisa menghasilkan tebal material yang sangat tipis yaitu 0,3 mm

Adapun Tujuan mengapa Gap Roll Calender harus di  ukur atau di check yaitu :
  • Untuk mengetahui besarnya nilai gap yang akan di gunakan sebagai acuan setting tebal material produk yang akan di hasilkan oleh mesin.
  • Untuk kalibrasi gap roll calender antara sisi kanan dan sisi kiri agar tebal material yang keluar dari roll calender tidak tebal sebelah atau gap miring.
  • Agar hasil tebal material yang keluar dari Gap Roll Calender sesuai dengan settingan spec produk sehingga kualitas produk tetap terjaga. 

3) Gap atau Clearance pada Cutter.

Ada beberapa model Cutter yang di gunakan di dalam pabrik industri yang harus disetting kondisi gap atau celahnya.

Cutter tersebut di gunakan untuk memotong atau mencacah material - material seperti plastik, karet, kertas, dan lain sebagainya.

Cutter tersebut mempunyai casing atau bracket, sehingga celah di antara mata cutter dengan casing cutter harus di setting sesuai kebutuhan agar hasil potongan material sesuai standart spec.

Adapun alasann mengapa gap atau clearance di antara mata cutter dengan casing tersebut harus di setting adalah sebagai berikut :
  • Besar atau kecilnya potongan material mempunyai standart spec.
  • Agar life time mata cutter lebih awet karena tidak langsung mengenai casing pada saat memotong.
  • Agar tidak terjadi trouble material menggulung di celah cutter.
Demikian sedikit ulasan tentang Apakah yang di maksud dengan Gap atau Clearance benda kerja di pabrik industri.

No comments