Breaking News

PERBEDAAN ANTARA CYLINDER ANGIN DAN CYLINDER OLI


Berbicara tentang cylinder, mungkin hampir semua orang mengerti tentang cylinder, Apalagi bagi mereka yang memang setiap hari berprofesi sebagai Seorang Teknisi di pabrik industri.

Cylinder merupakan salah satu komponen penting di permesinan khusus di dunia pabrik industri, karena hampir semua pabrik industri di sektor tertentu menggunakan cylinder tersebut.

Sedangkan cylinder itu sendiri di gunakan pada dua sistem kerja yang ada di mesin produksi yaitu cylinder angin pada PNEUMATIK UNIT dan cylinder Oli atau cylinder air pada HYDROLIK UNIT.

Sekarang apakah perbedaan Cylinder Pneumatik Unit ( Cylinder Angin ) dengan Cylinder Hydrolik Unit ( Cylinder Oli )..?

1) Cylinder Angin atau Cylinder Pneumatik Unit.

Pneumatik Unit adalah sebuah rangkaian unit komponen mesin produksi yang cara pergerakan kerjanya di gerakkan oleh sumber Angin yang bertekanan.

Dan komponen mesin pada sistem pneumatik unit itu salah satunya adalah CYLINDER ANGIN.

Baca juga tentang Pneumatik Unit dan Bagian - Bagiannya.

Adapun ciri - ciri Cylinder Angin yang di gunakan pada sistem Pneumatik Unit adalah Sebagai berikut :

  • Menggunakan supply angin yang bertekanan untuk menggerakkan piston cylinder.
  • Menggunakan hose berbahan nylon atau plastik sebagai media perantara angin.
  • Menggunakan Fitting berbahan plastik sebagai media connector atau penghubung supply angin ke ruang piston cylinder.
  • Cylinder angin di gunakan untuk menggerakkan komponen mesin atau benda kerja yang ringan atau tidak terlalu berat.
  • Cylinder angin cenderung tidak menimbulkan kotoran di area jika terjadi kebocoran, hanya saja kebisingan suara angin.
  • Material atau bahan dasar Casing cylinder terbuat dari Alumunium atau lebih lunak dari bahan dasar Cylinder Hydrolik.
  • Semua part Cylinder angin terbuat dari bahan atau material yang tahan terhadap low pressure atau tekanan rendah.
  • Piston Cylinder angin dan Seal unit menggunakan pelumas berupa grease atau gemuk pada saat setting perakitan.
  • Cylinder angin menggunakan pengatur kecepatan gerakan maju mundur dengan speed control khusus Angin.
  • Lubrikasi Sistem pada Cylinder Angin di atur dengan menggunakan unit pelumas secara terpisah yaitu oleh FRL atau Filter Regulator Unit yang menggunakan kabut oli atau oli yang di campurkan pada sirkulasi angin.
  • Untuk menggerakkan sebuah cylinder angin tidak perlu tanki khusus untuk penyedia media angin, sehingga dalam satu pabrik supply angin cukup tercentral di satu tempat untuk menggerakkan semua kebutuhan pneumatik unit.

2) Cyinder Oli atau Cylinder Hydrolik Unit.

Hydrolik Unit adalah sebuah rangkaian unit komponen mesin produksi yang cara pergerakan kerjanya di gerakkan oleh Oli atau Air yang bertekanan.

Dan komponen mesin pada sistem Hydrolik unit itu salah satunya adalah CYLINDER OLI.

Baca juga tentang Hydrolik Unit dan Bagian - Bagiannya.

Adapun ciri - ciri Cylinder Oli yang di gunakan pada sistem Hydrolik Unit adalah Sebagai berikut :

  • Menggunakan supply Oli yang bertekanan untuk menggerakkan piston cylinder.
  • Menggunakan hose berbahan Rubber high pressure sebagai media perantara oli.
  • Menggunakan double neple berbahan logam sebagai media connector atau penghubung supply oli ke ruang piston cylinder.
  • Cylinder Oli di gunakan untuk menggerakkan komponen mesin atau benda kerja yang berat atau menengah ke atas.
  • Cylinder Oli cenderung akan menimbulkan kotoran di area kerja jika terjadi kebocoran, karena oli akan berceceran dan membahayakan.
  • Material atau bahan dasar Casing cylinder terbuat dari Stainless Steel dan sejenisnya atau lebih keras dari bahan dasar Cylinder Angin.
  • Semua part Cylinder Oli terbuat dari bahan atau material yang tahan terhadap high pressure atau tekanan tinggi.
  • Piston Cylinder Oli dan Seal unit menggunakan pelumas berupa Oli pada saat setting perakitan.
  • Cylinder Oli menggunakan pengatur kecepatan gerakan maju mundur dengan speed control khusus Oli.
  • Lubrikasi Sistem pada Cylinder Oli langsung menggunakan oli yang bersirkulasi, sehingga Cylinder Oli unit tidak membutuhkan Pelumas unit secara terpisah.
  • Untuk menggerakkan sebuah cylinder Oli memerlukan tanki khusus untuk penyedia media Oli, sehingga di dalam satu pabrik bisa mempunyai beberapa titik tanki Oli tergantung area mesin yang menggunakan Cylinder Oli.
Sedangkan Persamaan Antara Cylinder Angin dengan Cylinder Oli adalah sebagai berikut :
  • Cylinder angin dan cylinder oli sama - sama bisa di perbaiki, apabila terjadi kerusakan yang tidak parah.
  • Cylinder angin dan cylinder oli sama - sama menggerakkan benda kerja.
  • Cylinder angin dan cylinder oli sama - sama di gerakkan oleh media zat.
  • Cylinder angin dan cylinder oli mempunyai nama komponen yang sama.
Demikian sedikit ulasan tentang perbedaan antara Cylinder Angin dengan Cylinder Oli.

No comments