Breaking News

JABATAN BESERTA TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DI PABRIK ATAU PERUSAHAAN

MACAM MACAM NAMA JABATAN BESERTA TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DI PABRIK ATAU PERUSAHAAN

Pabrik atau industri maupun perusahaan adalah nama familiar bagi semua golongan masyarakat kita hari ini. Baik itu pabrik berskala besar,  sedang maupun kecil dapat di pastikan bahwa pabrik tersebut memproduksi barang atau menghasilkan suatu produk, baik produk berbentuk barang jadi maupun barang setengah jadi.

Pabrik atau perusahaan akan mampu berkembang pesat bahkan bisa maju dan bersaing dengan competitor produk sangat membutuhkan banyak factor yang mendukung untuk memajukan pabrik atau perusahaan tersebut.

Salah satu faktor pendukung tersebut adalah sistem struktur management yang solid, kuat dan mampu menjaga kerjasama dan koordinasi baik secara teknis maupun non teknis.

Struktur management pabrik atau perusahaan terbentuk dari sekumpulan karyawan atau pekerja yang mempunyai jabatan, baik dari jabatan terendah sampai jabatan tertinggi di kalangan pabrik tersebut.

Dengan adanya sebuah jabatan untuk membedakan level antar karyawan atau pekerja, sehingga kita bisa membedakan tugas dan tanggung jawab dari masing - masing pemegang jabatan tersebut.

Adapun klasifikasi Macam - macam jabatan beserta tugas dan tanggung jawab  sebagai karyawan atau pekerja di dalam suatu jajaran struktur kepemimpinan pabrik atau perusahaan adalah sebagai berikut :

1 OPERATOR ( OPR )

Operator adalah nama sebuah jabatan untuk karyawan atau pekerja, di mana jabatan ini menempati posisi di tingkat yang  paling rendah di jajaran struktur suatu pabrik atau perusahaan.

Adapun tugas pokok dari seorang operator adalah sebagai berikut :
  • Melaksanakan On the job training tentang tugas dan tanggung jawab serta pekerjaan sebagai operator di divisi tertentu sesuai penempatan karyawan tersebut.
  • Melaksanakan perintah atau instruksi atasan setingkatnya sesuai basic rule atau aturan dasar kerja.
  • Melakukan kontak langsung dengan job pekerjaan sesuai bidangnya masing - masing di lapangan.
  • Memotivasi diri agar bisa skill Up tentang tugas dan tanggung jawab serta menguasai job di lapangan.
Adapun tanggung jawab sebagai seorang operator adalah :
  • Menjaga kondisi area kerja supaya stabil dan kondusif serta tidak terjadi banyak masalah atau trouble shooting.
  • Melakukan perbaikan atau handling mesin produksi jika terjadi masalah atau trouble shooting sesuai kemampuannya.
  • Melaporkan hasil kerja atau aktifitas dalam sehari hari kepada atasan setingkatnya.
  • Melaporkan atau menginformasikan kepada atasannya jika terjadi trouble shooting atau terjadi masalah di area kerjanya.

Operator biasanya lebih cenderung sebagai ujung tombak atau sebagai pelaku utama untuk menjalankan atau melakukan suatu instruksi atau request pekerjaan di lapangan dan selalu bersentuhan dengan job pekerjaan.

Jabatan operator biasanya di gunakan untuk karyawan atau pekerja yang baru masuk di pabrik atau perusahaan  dan yang belum mempunyai pengalaman kerja atau berijazah pendidikan lebih rendah.

Sehingga sebagai karyawan atau pekerja baru selalu harus mengikuti On the job training, baik training secara teori maupun praktek. 

Seorang operator bisa mempunyai peluang untuk bisa naik jabatan ke level di atasnya apabila bisa memenuhi syarat - syarat tertentu sesuai ketentuan dari management, yang terpenting seorang operator bisa dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai operator serta bisa memanagement diri sendiri.

2  LEADER ( LD )

Leader adalah nama sebuah jabatan untuk  karyawan atau pekerja pabrik untuk posisi setingkat di atas jabatan operator dan membawahi jabatan operator di dalam jajaran struktur pabrik atau perusahaan.

Adapun tugas pokok dari seorang leader adalah sebagai berikut :
  • Mengatur job kerja di lapangan.
  • Mengkoordinir operator dalam mengerjakan job di lapangan
  • Back up job dan pekerjaan operator di lapangan.
  • Membuat rekap laporan daily atau harian dari hasil kerja.
  • Melakukan stock opname material yang di hasilkan atau mendata list dari hasil produk yang di hasilkan.
Adapun  tanggung jawab dari seorang leader adalah sebagai berikut :
  • Menyelesaikan masalah atau trouble shooting yang ada di lapangan.
  • Memastikan tidak ada kesalahan proses atau trouble shooting yang fatal di lapangan. 
  • Rekap ulang laporan dari bawahan atau operator untuk di follow up dan di tindak lanjuti
  • Menjembatani permasalahan di lapangan untuk di sampaikan ke tingkat jabatan di atas leader yang lebih tinggi.
  • Membentuk skill kerja operator untuk bisa lebih profesional dalam bekerja di lapangan.
Leader adalah seorang operator yang sudah naik level jabatannya karena di anggap sudah cukup mumpuni dalam bidang skill kerja di lapangan beserta tingkat kecakapannya dalam bertanggung jawab sebagai seorang leading di lapangan.

Seorang leader harus sanggup dan mampu sebagai mediator permasalahan di lapangan, sehingga seorang leader bisa menjembatani permasalahn di bawah kepada atasannya.

Leader bisa juga di katakan sebagai penyambung informasi pokok masalah ke atasan, karena ruang lingkup kerja seorang leader lebih luas dari pada seorang operator.

3  FOREMAN ( FM )

Foreman adalah Nama sebuah jabatan di dalam jajaran struktur di sebuah pabrik atau perusahaan yang menempati posisi membawahi jabatan leader dan operator.

Adapun tugas pokok sebagai seorang foreman adalah sebagai berikut :
  • Mengontrol job pekerjaan yang di kerjakan oleh leader beserta jajarannya.
  • Membuat item check atau kontrol terhadap mesin produksi atau proses produksi.
  • Melakukan pengecheckan secara keseluruhan tentang item abnormal yang terjadi di mesin produksi atau proses produksi.
  • Memotorisasi pekerjaan yang dilakukan oleh leader beserta jajaran di bawahnya.
Adapun untuk tanggung jawab dari seorang foreman adalah sebagai berikut :
  • Menjaga stabilitas pekerjaan di lapangan beserta kondisi yang aman dari masalah baru.
  • Membentuk karakteristik dan skill up terhadap bawahannya melalui On the job training.
  • Memberi solusi dan jalan keluar dari setiap permasalahan yang timbul dari mesin produksi maupun dari proses produksi.
  • Melakukan improvement terhadap  proses kerja atau sistem kerja dari mesin produksi.
  • Memberikan judgement terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan baik yang berhubungan dengan mesin produksi maupun proses produksi.
Jabatan foreman adalah posisi yang bisa di tempati oleh seorang leader yang mempunyai skill sebagai motor atau penggerak sebuah pekerjaan dan pengaturan job yang ruang lingkupnya lebih luas dari seorang leader.

Jadi tidak menutup kemungkinan bagi leader yang sudah berpengalaman dan berskill tinggi akan di promosikan untuk naik jabatan ke jenjang foreman.

Jiwa seorang foreman harus lebih tegas dan dewasa dalam mengambil langkah untuk memecahkan permasalahan di lapangan kerja, serta harus bisa menentukan sikap yang cepat dan tanggap terhadap trouble baik secara mesin produksi, proses produksi maupun masalah intern pribadi dari bawahanya.

Selain itu seorang foreman juga sebagai jembatan informasi masalah dari bawahan ke tingkat atasan yang lebih tinggi dari foreman.

Ruang lingkup area tanggung jawab seorang foreman lebih luas dari seorang operator maupun leader. 

Seseorang yang menjabat jabatan foreman harus bisa mengendalikan arus bawahannya serta mengatur pekerjaan sesuai target pencapaian yang sudah di tentukan oleh kepala section atau kepala divisi.

4  SUPERVISOR ( SPV )

Supervisor adalah Nama sebuah jabatan di dalam jajaran struktur di sebuah pabrik atau perusahaan yang berperan sebagai kepala section di divisi tertentu, dan membawahi foreman, leader dan operator.

Adapun tugas pokok sebagai seorang supervisor adalah sebagai berikut :
  • Sebagai kepala section atau pimpinan tertinggi di dalam section
  • Sebagai pengontrol utama pekerjaan di lapangan apakah sesuai dengan target dari divisi atau tidak
  • Sebagai penentu arah pergerakan dari section yang di pimpinnya.
  • Membuat schedule aktifitas kerja tahunan di intern section dengan mengacu dari terget yang di tentukan dari divisi.
  • Sebagai sumber informasi dan komunikasi perkembangan untuk intern section baik itu perkembangan informasi dari divisi internal maupun divisi eksternal.
  • Sebagai administrator di section yang di pimpinya untuk di laporkan ke atasannya di divisi internal maupun ke divisi eksternal.
Adapun tanggung jawab dari seorang supervisor adalah sebagai berikut :
  • Sebagai penanggung  jawab penuh apapun yang terjadi di internal section yang di pimpinnya,baik yang berhubungan dengan hasil pekerjaan maupun kesalahan - kesalahan individu dari member section yang di pimpinnya.
  • Membentuk karakter bawahannya untuk bisa mempunyai etos kerja dan tanggung jawab untuk bisa bekerja sesuai target yang di tentukan dari divisi.
  • Melaporkan hasil pekerjaan di lapangan dan perkembangan apapun yang terjadi di internal sectionnya kepada atasan di divisi.
  • Memenuhi semua kebutuhan yang di butuhkan di internal section yang di pimpinnya,baik secara teknis maupun non teknis yang berhubungan dengan pekerjaan.

5 ASSISTEN MANAGER ( AssMan )

Assisten manager adalah Nama sebuah jabatan karyawan atau pekerja di dalam jajaran struktur management pabrik atau perusahaan yang berperan sebagai assisten atau pendamping manager untuk aktifasi penghubung antara aktifitas di lapangan dengan internal divisi atau management departement.

Assisten manager termasuk komponen management perusahaan yang mewakili dari management divisi yang sering melakukan kontak langsung di lapangan dan berkoordinasi di lapangan dengan bawahannya yang berada di section.

Adapun tugas pokok sebagai seorang assisten manager adalah sebagai berikut :

  • Koordinator dari department atau divisi terkait untuk mengkoordinasi jajaran di bawahnya atau section dari semua aktifitas di lapangan.
  • Melaporkan dan menginformasikan semua aktifitas di lapangan kepada Manager di divisi terkait.
  • Menginput dan menampung semua permasalahan dari jajaran di bawahnya atau dari section terkait untuk di sampaikan ke jajaran management divisi.
  • Mengerjakan job - job atau tugas dari manager baik secara administratif atau non administratif.
Adapun tanggung jawab sebagai seorang assisten manager adalah sebagai berikut :
  • Penanggung jawab mobilisasi dari yang di lakukan section team yang terjadi di lapangan.
  • Sebagai pelaksana di lapangan bersama section terkait untuk menjaga pencapaian dari target yang telah di tentukan oleh manager divisi.
  • Menciptakan kondisi yang kondunsif di lapangan beserta section team.
  • Menjalin komunikasi dan koordinasi yang berhubungan dengan job site di lapangan dengan divisi lain.
Jabatan assisten manager biasanya bisa di isi oleh orang atau keryawan dari jabatan supervisor yang bisa mempunyai skill up dan mampu menempati jabatan tersebut untuk melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai assisten manager.

Dan hal ini bisa di tempuh melalui test seleksi atau promosi jabatan. 

Pada dasarnya adalah orang - orang berjabatan supervisor yang sudah senior atau yang sudah cakap dalam mengendalikan member section dan mempunyai skill up dalam memanagement sectionya sehingga dia bisa di promosikan sebagai assisten manager.

Atau juga bisa berdasarkan kebutuhan kursi dari management divisi sehingga dari management divisi bisa mengajukan dari kandidat para supervisor kepada management perusahaan untuk menjadikan supervisor tersebut bisa di jadikan sebagai assisten manager melalui seleksi atau promosi jabatan.

6 MANAGER ( MGR )

Manager adalah Nama sebuah jabatan untuk karyawan atau pekerja yang berada di dalam jajaran struktur  management perusahaan atau pabrik yang berperan sebagai motor di suatu divisi atau departement.

Seorang manager selalu berkoordinasi dan menjaga komunikasi dengan orang - orang lapangan melalui assisten manager atau juga bisa di lakukan face to face dengan member section di bawahnya.

Namun jam terbang di lapangan seorang manager lebih sedikit prosentasenya, karena seorang manager cenderung banyak bekerja di belakang meja untuk fokus kepada mencari solusi atau merumuskan cara - cara mobilisasi yang bisa di terapkan di lapangan. 

Selain itu juga pergerakan di lapangan lebih di percayakan kepada seorang assisten manager.

Tetapi tidak menutup kemungkinan suatu saat manager akan turun ke lapangan untuk melihat langsung kondisi di lapangan.

Untuk memastikan bahwa sistem mobilisasi yang di terapkan dan di targetkan di intern divisi bisa berjalan dengan baik di lapangan.

Adapun untuk  tugas pokok dari seorang manager adalah sebagai berikut :
  • Membuat rumusan kerja untuk menjabarkan dari target dan prioritas divisi atau departement.
  • Berkoordinasi dengan divisi lain untuk membahas dan menyelesaikan masalah yang terjadi di lapangan.
  • Cross check ulang hal - hal yang terjadi di lapangan baik yang berhubungan dengan adanya masalah trouble mesin, delivery produk, Quality produk, produktivity maupun safety .
  • Mengontrol semua masalah yang terjadi di lapangan.
  • Menginformasikan semua masalah yang terjadi di jajaran bawah kepada atasannya.
Adapun tanggung jawab dari seorang manager adalah sebagai berikut :
  • Bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi di jajaran bawah baik yang berhubungan dengan trouble mesin, Safety maupun produktivity dan delivery produk.
  • Mengaplikasikan dari target intern divisi yang telah di buat oleh pimpinan tertinggi dari divisi.
  • Meningkatkan skill up dari para bawahannya.

7 DEPUTI GENERAL MANAGER ( DGM )

Deputi General Manager adalah Nama sebuah jabatan untuk karyawan atau pekerja yang berada di jajaran struktur di pabrik atau perusahaan yang berperan sebagai wakil atau pedamping dari pimpinan tertinggi di sebuah divisi.

Deputi General Manager adalah jabatan orang tertinggi  nomer 2 di divisi atau departement sebuah pabrik atau perusahaan. 

Orang yang menjabat jabatan ini biasanya selalu mendampingi atasanya atau General Manager untuk kepentingan tertentu yang berhubungan dengan management perusahaan atau hal hal yang bersinggungan dengan internal divisinya.

Adapun tugas pokok dari seorang Deputi General Manager adalah sebagai berikut :
  • Sebagai tangan kanan dari seorang General Manager.
  • Mengkoordinasi jajaran di bawahnya untuk selalu melaksanakan kebijakan dari pimpinan divisi.
  • Mengajak dan mengingatkan jajaran di bawahnya untuk selalu mencapai target divisi yang sudah di buat oleh pimpinan divisi.
  • Mengembangkan administrasi management di intern divisinya.
Adapun tanggung jawab dari seorang Deputi General Manager adalah sebagai berikut :
  • Menjaga dan melaksanakan kebijakan dan target - target yang sudah di rumuskan oleh pimpinan tertinggi di divisi tersebut.
  • Menjaga stabilitas dan kondisi di jajaran divisi aman secara safety, produktivity, cost, quality  dan delivery.

8 GENERAL MANAGER ( GM )

General Manager adalah Nama sebuah jabatan untuk karyawan atau pekerja di dalam jajaran struktur di sebuah pabrik atau industri yang berperan sebagai pimpinan tertinggi di sebuah divisi atau departement.

Di sebuah pabrik atau perusahaan biasanya mempunyai macam - macam divisi atau departement, contoh di antaranya misalkan : 
  • Divisi atau Departement Produksi
  • Divisi atau Departement Engineering
  • Divisi atau departement Work Tehnical
  • Divisi atau Departement Quality Assurance
  • Divisi atau Departement General Affairs
  • Divisi atau Departement Safety 
  • Divisi atau Departement Ware House
  • Divisi atau Departement HRD
  • DLL
Adapun tugas pokok dari seorang general manager adalah sebagai berikut :
  • Sebagai head divisi atau pimpinan tertinggi di sebuah divisi atau departement.
  • Membuat kebijakan dan peraturan untuk divisi yang di pimpinnya baik dari segi safety, produktivity, delivery, Cost, dan Quality.
  • Sebagai penanggung jawab mutlak di divisi atau departement yang di pimpinnya.
  • Sebagai motor penggerak di divisi yang di pimpinnya.
  • Sebagai pengatur inti atas mobilisasi internal divisi yang di pimpinnya.
  • Koordinasi dengan divisi atau departement lain yang berhubungan dengan pembahasan produk produksi atau kemajuan perusahaan.
Adapun tanggung jawab seorang General Manager adalah sebagai berikut :
  • Mempertanggung jawabkan semua aktivitas yang terjadi di intern divisi atau departement yang di pimpinnya.
  • Menjaga stabilitas kerja di intern divisi yang di pimpinnya yang meliputi safety diri,safety lingkungan dan safety produk.
  • Memenuhi kebutuhan internal divisi dari segi sarana dan prasarana guna menunjang mobilisasi internal divisi.
  • Meningkatkan skill up member internal divisi melalui pengadaan On the Job training, baik dari segi karakter kerja maupun wawasan yang mencakup tentang pekerjaan dan sekitarnya.
Itulah Jajaran jabatan yang ada di bawah direksi pabrik atau perusahaan.

Berikutnya Jajaran Jabatan direksi di sebuah pabrik atau perusahaan antara lain adalah sebagai berikut :

1) DEPUTI DIREKTUR.

Deputi Direktur adalah wakil dari Direktur.

2) DIREKTUR.

Contoh - contoh direktur antara lain adalah :
  • Direktur HRD & GA
  • Direktur Pabrik.
  • Direktur Sales & Marketing.
  • Direktur Finance.

3) PRESIDENT DIREKTUR.

President direktur merupakan jabatan tertinggi di dalam sebuah pabrik industri.

Demikian sedikit ulasan tentang macam - macam jabatan beserta tugas dan tanggung jawabnya sebagai karyawan atau pekerja di pabrik atau perusahaan.

Dan tentunya tidak semua pabrik atau perusahaan mempunyai jenis jabatan dan nama jabatan yang sama, Namun hal tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk membentuk sebuah struktur jajaran kepemimpinan di sebuah pabrik atau perusahaan beserta untuk membedakan level tugas dan tanggung jawab antar pekerja atau karyawan satu dengan yang lainnya dalam satu atap pabrik atau perusahaan.













9 comments: