TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PURCHASING PERUSAHAAN
Apakah Tugas dan tanggung jawab Purchasing di perusahaan atau pabrik Industri ?
Purchasing merupakan divisi atau department disebuah
perusahaan yang mempunyai tugas pokok di bidang pembelian barang atau Jasa ke
Vendor atau Supplier..
Purchasing biasa disebut dengan Buyer..atau bagian pembelian barang atau jasa yang di butuhkan oleh perusahaan.
Tugas Purchasing di Perusahaan adalah sebagai berikut ;
1. Menyusun List vendor atau Partner penyedia Barang atau
Jasa.
2. Menyusun List Pembelian Barang atau Jasa yang di butuhkan
oleh Perusahaan.
3. Membuat List Purchase Order atau PO
4. Komunikasi dengan Vendor tentang Harga Barang atau Jasa.
5. Melakukan penawaran Harga kepada Vendor atau supplier
barang atau Jasa.
6.Meminta Approval anggaran Pembelian Barang atau Jasa kepada
manajemen Keuangan.
7.Mengirim PO kepada Vendor atau supplier.
8. Melakukan pengecheckan kondisi Kualitas barang atau jasa yang
di beli.
9.Melakukan Dokumentasi tentang Dokumen Pembelian Barang dan
Jasa.
10. Kerjasama dan Komunikasi dengan Divisi Internal yang
membutuhkan barang atau jasa serta Menjalin kerjasama dengan Divisi Keuangan.
Tanggung Jawab Purchasing adalah sebagai berikut :
1. Memastikan kebutuhan yang akan di beli oleh perusahaan
atau Departement yang ada di perusahaan.
2. Memastikan Bahwa setiap pengajuan pembelian Bareang atau
Jasa sudah di setujui oleh Pimpinan Perusahaan.
3. Memastikan barang yang di beli dalam kondisi baik dan
sesuai target waktu.
4. Menjaga Hubungan baik dengan Vendor atau Supplier.
5. Melakukan Dokumentasi Surat – surat pembelian Barang atau
Jasa.
Skill atau Keahlian yang di butuhkan Oleh seorang Purchasing
adalah sebagai berikut ;
1. Harus mampu berkomunikasi dengan baik.
2. Harus Mampu bernegosiasi harga dengan vendor atau
Supplier.
3. Harus Mampu mengoperasikan Network Microsoft Office dan
Komputer.
4. Harus mampu mengorganisir Dokumentasi
5. Paham tentang Perpajakan.
Divisi atau departemen Purchasing merupakan salah satu divisi di perusahaan sebagaimana halnya divisi lainnya.
Namun setiap divisi mempunyai tugas dan tanggung jawab masing - masing sesuai skill dan keahliannya.
Contoh divisi yang bekerjasama dengan divisi purchasing adalah sebagai berikut :
- Divisi Produksi
- Divisi engineering
- Divisi PPIC
- Divisi QA
- Divisi GA
- Divisi HRD
- Dan lain sebagainya.
Semua kebutuhan yang di butuhkan oleh divisi - divisi tersebut tentunya membutuhkan jalan akses ke para supplier atau penyedia barang.
Dan tentunya untuk mengkoordinir hal tersebut di butuhkan salah satu sistem agar aktifitas proses pembelian barang - barang tersebut terkontrol dan terkendali.
Maka dari itu di sebuah perusahaan membutuhkan divisi Purchasing, sebagai Divisi koordinator pembelian segala barang atau Jasa yang di butuhkan oleh Internal divisi tersebut.
Demikian sedikit ulasan tentang Tugas Purchasing di perusahaan pabrik industri.
#Purchasing
#Purchasingperusahaan
#TugasPurchasing
#Tanggungjawabpurchasing
No comments