Breaking News

APAKAH ITU WATER STRAINER


Apakah itu yang di sebut dengan Water Strainer ?

Water Strainer merupakan salah satu onderdill di dalam mesin produksi yang mempunyai fungsi :

  • Untuk menyaring sirkulasi air dari segala bentuk kotoran sebelum air sirkulasi tersebut masuk ke Instalasi benda kerja atau mesin produksi.
Mengapa sirkulasi air tersebut harus di saring oleh Water Strainer ?

Terkadang pada sirkulasi sumber air yang di gunakan oleh sebuah pabrik Industri bisa terkontaminasi oleh kotoran atau partikel yang tak bisa di ketahui oleh Pekerjanya.

Selain itu juga dengan memasang water strainer atau saringan air pada Instalasi akan lebih menjamin kualitas air yang akan di gunakan sebelum air tersebut masuk ke benda kerja.

Dengan kualitas air yang terhindar dari kotoran, akan cenderung membuat benda kerja atau mesin produksi akan lebih awet dan tidak mudah kotor.

Dengan terjaminnya kualitas air yang masuk ke benda kerja atau mesin produksi, cenderung akan mengurangi jumlah terjadinya trouble shooting.

Berikut contoh Instalasi benda kerja yang menggunakan Water Strainer adalah :
  • Instalasi TCU ( Temperatur Control Unit )
  • Air sirkulasi untuk mendinginkan benda kerja.
  • Air sirkulasi untuk shower material produk.
  • Dan sebagainya.
Besar kecilnya size atau ukuran water strainer atau filter air berbeda - beda tergantung kebutuhan dari mesin atau benda kerjanya.

Dan bentuk strainer atau filter air tersebut terbuat dari Ram atau anyaman stainless steel, sehingga water strainer tidak akan mudah karat atau korosi terhadap air.

Besar kecilnya lubang ram pada anyaman saringan air atau water strainer itu sendiri juga berbeda - beda tergantung kegunaan atau kebutuhan.

Water strainer atau saringan air ini merupakan salah satu onderdill atau part mesin yang merupakan tanggung jawab dari seorang Teknisi Mekanik dan Teknisi Utility.

Karena pada dasarnya mesin - mesin merekalah yang cenderung membutuhkan water strainer atau saringan air tersebut.

Kemudian, bagaimanakah caranya melakukan perawatan terhadap water strainer atau saringan air tersebut ?

Water strainer atau saringan air hanya memerlukan perawatan untuk sering di bersihkan sesuai schedule atau sesuai kebutuhan masing - masing Teknisi.

Perhatikan kondisi anyaman ram dari water strainer tersebut, apakah terjadi kerusakan atau tidak. Begitupun juga dengan kondisi secara keseluruhan water strainer tersebut.

Terus, bagaimanakah caranya membersihkan saringan air atau water strainer tersebut ?

Berikut adalah cara membersihkan water strainer atau saringan air yaitu :
  • Langkah pertama pakailah alat pelindung diri dengan lengkap, seperti Helmet safety, sepatu safety dan sarung tangan.
  • Selanjutnya siapkan kunci pas atau ring untuk membuka tutup water strainer jika tutup strainer waternya menggunakan Nut baut.
  • Kemudian Buka terlebih dahulu kran atau valve by pass supply utama air sebelum menutup valve atau kran pada water strainer agar air tetap bersirkulasi ke benda kerja.
  • Selanjutnya tutup valve atau kran sebelum dan sesudah water strainer sampai benar - benar rapat agar pada saat membuka strainer tidak ada air bocor.
  • Kemudian buka tutup water strainer dengan menggunakan kunci yang sudah di siapkan.
  • Setelah tutup strainer terbuka, kemudian ambil atau keluarkan strainer water dari dudukannya.
  • Kemudian bersihkan water strainer dengan cara di semprot dengan menggunakan sprayer tekanan angin.
  • Semprotlah water strainer dari bagian dalam, agar kotoran yang menempel di body water strainer terlepas atau terdorong oleh tekanan angin tersebut.
  • Semprotlah water strainer tersebut dengan menggunakan sprayer angin sampai benar - benar bersih.
  • Setelah water strainer atau saringan air tersebut benar -.benar bersih, kemudian pasang kembali strainer pada dudukannya.
  • Kemudian lakukan langkah2 selanjutnya kebalikan dari langkah awal.
Membersihkan water strainer atau saringan air tersebut bisa di lakukan kapan saja sesuai kebutuhan atau jadwal yang sudah di buat sebagai salah satu langkah maintenance atau perawatan terhadap mesin produksi oleh Teknisi.

Selain itu juga, pada dasarnya kondisi water strainer bisa di ketahui kotor atau tidaknya adalah dari Pressure Gauge.

Jika tekanan air pada pressure gauge lebih kecil dari tekanan supply air, maka berarti kondisi water strainer tersebut sudah kotor.

Demikian sedikit ulasan tentang Apakah itu Water Strainer di pabrik Industri.

No comments