Breaking News

FUNGSI NOK SEAL PADA CYLINDER ANGIN DAN HYDROLIK


Apakah itu yang di sebut dengan Nok Seal yang biasa di pasang pada sebuah Cylinder Pneumatik maupun Cylinder Hydrolik di pabrik Industri ?

Nok seal merupakan salah satu onderdill atau komponen yang terdapat di dalam rangkaian cylinder pneumatik maupun cylinder hydrolik.

Cylinder Pneumatik adalah Cylinder yang proses pergerakan kerjanya di gerakkan oleh supply angin bertekanan.

Sedangkan Cylinder Hydrolik adalah jenis cylinder yang proses pergerakan kerjanya di gerakkan oleh supply oli bertekanan.

Sedangkan Menjaga agar Unsur media penggerak cylinder yang berupa angin dan oli tersebut tidak terjadi kebocoran pada proses pergerakan yang di lakukan oleh cylinder merupakan salah satu tugas dari Nok Seal.

Cylinder Angin dan cylinder hydrolik masing - masing menggunakan Nok Seal di bagian - bagian seperti berikut :

1) Nok Seal pada Piston Cylinder.

Piston cylinder merupakan bagian penampang di dalam cylinder yang berfungsi untuk mendorong dan menarik beban kerja akibat piston cylinder di dorong oleh tekanan angin atau oli.

Bagian - bagian yang terdapat pada piston cylinder adalah seperti berikut :
  • Lubang diameter dalam sebagai tempat masuknya shaft atau rod cylinder.
  • Alur untuk dudukan Nok Seal dan back up seal untuk proses kerja mendorong.
  • Alur untuk dudukan Nok Seal dan back up seal untuk proses kerja menarik.
Piston cylinder ini bisa terdorong bergerak mendorong dan menarik oleh tekanan oli atau angin karena di piston cylinder tersebut terpasang 2 buah Nok Seal.

Sedangkan cara memasang 2 buah Nok seal pada piston cylinder adalah di pasang pada alur dudukan nok seal dengan posisi saling membelakangi antara 2 buah nok seal tersebut.

Fungsi Nok Seal di pasang pada piston cylinder adalah sebagai berikut :
  • Untuk menahan tekanan oli atau angin pada satu sisi ruang di dalam tabung cylinder agar oli atau angin tersebut tidak bocor menuju sisi ruang lainnya di dalam cylinder itu sendiri.
Di dalam cylinder terdapat 2 sisi ruang yaitu sisi ruang untuk bergerak mendorong dan sisi ruang untuk menarik.

Jadi pada saat cylinder pada proses kerja mendorong maka Nok Seal piston cylinder menahan tekanan oli atau angin supaya tidak bocor ke sisi ruang untuk menarik.

Begitupun sebaliknya di saat proses kerja cylinder Menarik, maka Nok Seal pada piston Cylinder akan menahan supaya angin atau oli tidak bocor menuju sisi ruang mendorong.

2) Nok Seal pada Rod Cover Cylinder.

Rod Cover Cylinder merupakan tutup tabung cylinder yang berada di posisi pergerakan Rod atau shaft cylinder.

Pada Rod Cover cylinder tersebut terdapat beberapa bagian seperti berikut :
  • Lubang atau port sebagai jalan masuk supply angin atau oli untuk proses kerja cylinder pada saat menarik.
  • Lubang untuk dudukan baut tie rod cylinder.
  • Alur untuk dudukan Nok Seal dan Alur untuk dudukan Dust Seal.
  • Dudukan untuk O ring Seal pada sambungan tabung cylinder dengan Rod Cover cylinder.
Adapun fungsi Nok Seal di pasang pada Rod Cover cylinder adalah sebagai berikut :
  • Untuk menahan tekanan oli atau angin pada saat proses cylinder mendorong dan menarik agar oli atau angin tersebut tidak bocor ke luar area shaft atau rod cylinder.
Mengapa Nok Seal pada cylinder Unit bisa menahan tekanan atau pressure aliran oli ataupun Angin sehingga oli atau angin tersebut tidak bisa bocor ?

Pada bagian Nok Seal tersebut terdapat beberapa bagian yang mampu menahan tekanan dari oli ataupun angin yaitu :
  • Pada kepala Nok Seal berukuran lebih lebar dari pada ukuran bagian belakang nok seal.
  • Pada bagian kepala nok seal tersebut terdapat alur melingkar di posisi centre tengah.
  • Pada sisi luar dari kepala Nok Seal tersebut menekan rapat dan kuat pada sisi tabung cylinder dan shaft sehingga pada nok seal tidak ada celah untuk oli atau angin bocor.
  • Material Nok Seal yang di sesuaikan dengan media penggunaan, sehingga material Nok seal media angin dengan oli tentunya berbeda.
Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi Nok Seal Pada Cylinder Angin dan Cyloinder Hydrolik di Pabrik Industri.



No comments