Breaking News

MACAM MACAM FUNGSI O RING


Pada dasarnya sifat O - Ring yang bertekstur lunak dan lentur mempunyai banyak Fungsi dan kegunaan di dalam komponen mesin produksi di Pabrik Industri.

O ring itu sendiri terbuat dari bermacam - macam jenis seperti :
  • Viton.
  • Nbr.
  • Silicone.
  • Dan lain sebagainya.
Adapun O- Ring di gunakan di berbagai komponen mesin seperti contoh :

1) O - Ring berfungsi sebagai Seal.

Ada beberapa jenis komponen mesin yang bekerja pada tekanan atau pressure tertentu dengan menggunakan media seperti angin, Air, steam maupun unsur liquid seperti Oli dan unsur lainnya.

Di proses kerja seperti itulah komponen mesin membutuhkan fungsi dari sebuah O Ring, Karena O ring berfungsi sebagai penyekat atau seal di antara komponen mesin agar media yang ada di dalam komponen mesin tersebut tidak terjadi kebocoran.

Contoh beberapa komponen Mesin di Pabrik Industri yang menggunakan O - Ring sebagai seal adalah sebagai berikut :
  • O - Ring di pasang pada Piston Cylinder Hydrolik, agar pressure oli hanya mendorong kepala piston sehingga antar ruang cylinder yang tersekat oleh O - Ring pada piston tidak terjadi kebocoran peressure oli hydrolik
  • O - Ring di pasang pada Head Piston Valve agar supply angin yang mendorong di atas piston valve tidak menerobos atau bocor ke ruang bawah piston valve./
  • O - Ring di pasang pada sambungan Head Screw, sambungan antar head screw dengan screw extruder di pasang O - Ring agar tekanan air sirkulasi pada screw tidak bocor keluar dari ulir head screw.
  • O - Ring di gunakan pada pilot solenoid valve sehingga pergerakan pilot solenoid valve bisa maksimal karena tidak ada kebocoran angin ke ruang solenoid valve yang tidak seharusnya.
  • O - Ring di pasang pada beberapa komponen mesin operasi hydrolik seperti check valve, Solenoid Valve, Throttle Check Valve agar tidak terjadi kebocoran oli pada komponen tersebut pada dudukan manifoldnya.
  • Dan Lain sebagainya.
Dan tentunya O - Ring sebagai seal pada komponen mesin tersebut harus mempunyai kriteria bahan yang menyesuaikan dengan media yang di gunakan sehingga O - Ring tersebut akan lebih awet pada saat di gunakan pada komponen mesin tersebut.

Contoh  bahan O - Ring berdasar media kerja yang di gunakan seperti berikut :
  • O - Ring yang di gunakan pada komponen mesin yang menggunakan media angin menggunakan O - Ring berbahan jenis NBR.
  • O - Ring yang di gunakan pada komponen mesin yang menggunakan media Air yang bertekanan tinggi bisa juga menggunakan O - Ring berbahan NBR.
  • Sedangkan O - Ring yang di gunakan pada komponen mesin yang menggunakan media Oli bertekanan tinggi maka bisa menggunakan O - Ring berbahan Viton.
  • O - Ring yang di pasang pada sambungan antar Flange pipa liquid bertekanan tinggi bisa menggunakan O - Ring berbahan Viton.

2) O - Ring berfungsi sebagai Penggerak.

Selain sebagai Seal, O - Ring juga mempunyai kegunaan lainnya seperti sebagai penyambung gerakan dari motor penggerak untuk di teruskan ke komponen mesin lainnya.

Tidak sedikit komponen mesin menggunakan O - Ring sebagai penerus atau penyambung putaran dari motor penggerak untuk di teruskan ke komponen lainnya karena sesuatu hal.

Salah satu contoh O - Ring berfungsi sebagai penerus putaran motor penggerak adalah sebagai berikut :
  • Free Roll line yang hanya di gerakkan oleh satu unit motor penggerak, sehingga untuk menggerakkan free roll lainnya di dalam satu unit conveyor maka dari sekian free roll tersebut akan di hubungkan oleh O - Ring melalui shaft drive dari motor penggerak.
  • Pada saat shaft motor penggerak tersebut berputar, maka secara otomatis O - Ring juga akan berputar dan O - Ring tersebut akan memutar free roll line.
Biasanya bahan dari O - Ring pada sistem kerja ini adalah jenis O - Ring yang berbahan Silicone yang tahan terhadap daya putaran pada free roll, Namun juga harus melihat kondisi area kerja dari O - Ring itu sendiri.

Demikian sedikit ulasan tentang beberapa fungsi dan kegunaan O - Ring.








No comments