Breaking News

Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Kantin di Perusahaan


Pengertian dan Fungsi Kantin Perusahaan.

Kantin merupakan salah satu fasilitas yang sangat di cari oleh siapapun di saat kita berurusan dengan hajat lapar dan dahaga.

Dan ternyata keberadaan kantin ini di butuhkan oleh hampir semua elemen termasuk Perusahaan atau Pabrik Industri.

Namun kantin perusahaan ini tentunya berbeda halnya seperti kantin - kantin umum, karena Fungsi kantin di perusahaan ini khusus di gunakan pada saat jam istirahat kerja saja.

Keberadaan kantin di perusahaan adalah berfungsi untuk :

  • Sentral tempat makan dan minum karyawan pada saat jam Istirahat makan.
  • Sentral tempat penyimpanan sembako kebutuhan makan dan minum karyawan.
  • Sentral tempat penyimpanan peralatan makan dan minum karyawan.
  • Sentral tempat pembagian snack dan susu sebagai menu tambahan untuk karyawan.
Kantin di dalam perusahaan merupakan salah satu sarana yang termasuk dalam pengelolaan tanggung jawab Divisi General Affairs.

Dengan demikian di dalam kantin tersebut pasti di tempatkan beberapa karyawan sebagai petugas sekaligus orang yang bertanggung jawab terhadap semua aktifitas di kantin.

Sedangkan untuk kebutuhan hidangan makan dan minuman tergantung dari pihak perusahaan, ada yang bekerjasama dengan catering dan ada juga yang mengolah makanan sendiri di dalam perusahaan tersebut.

Petugas Pengelola Kantin Perusahaan.


Penjaga kantin atau Karyawan yang di tempatkan di kantin tentunya akan di bebani oleh tugas dan tanggung jawab sesuai bidangnya.

Untuk karyawan yang bertugas di kantin perusahaan ini terkadang ada karyawan yang mempunyai jabatan tertentu untuk menghandle tugas manajemen kantin.

Karena bagaimanapun juga, kantin merupakan salah satu bagian penting di dalam perusahaan.

Karena kantin tersebut juga ikut andil dalam hal target dan budget cost dari segi Konsumsi yang harus di monitor dan di atur agar mampu ikut menyumbang cost Reduce.

Dan tentunya hal - hal yang berhubungan dengan cost pengeluaran tersebut di butuhkan pekerja yang handal untuk bisa mengatur sedemikian rupa.

Untuk pekerja yang di tempatkan untuk menjadi penanggung jawab di kantin perusahaan biasanya pekerja yang mempunyai jabatan seperti :
  • Supervisor
  • Foreman
  • Leader
  • Operator
Mereka adalah orang - orang yang di bentuk menjadi team kerja untuk bertanggung jawab terhadap mobilisasi Kantin.

Tugas dan tanggung jawab petugas Kantin tersebut akan di mintai pertanggung jawaban oleh atasan Divisi General Affairs.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Kantin Perusahaan.

Pekerja atau karyawan yang mengelola kantin di perusahaan mempunyai Tugas dan Tanggung Jawab sebagai berikut :

1) Berkomunikasi dengan Pihak Catering.

Jika perusahaan menggunakan jasa catering untuk mensupply konsumsi makanan, maka sebagai Petugas kantin memegan tugas untuk aktif komunikasi dengan pihak Catering.

Hal - hal yang perlu di komunikasikan dengan pihak catering adalah seperti contoh :
  • Jadwal penyajian makanan dari beberapa catering yang ikut bekerjasama dengan perusahaan.
  • Pengaturan menu hidangan setiap harinya.
  • Jumlah porsi menu yang di butuhkan.
  • Jadwal pengaturan menu di hari - hari tertentu seperti hari libur Nasional atau hari spesial, dan lain sebagainya.
  • Cost atau harga menu hidangan.
  • Dan lain sebagainya.
Karena perusahaan bekerjasama dengan pihak catering, maka sebagai petugas kantin merupakan perwakilan perusahaan dari segi komunikasi dan informasi.

2) Petugas Kantin bertugas Mengelola Kantin Perusahaan.

Sebagai Pekerja atau Karyawan yang di tempatkan di bagian Kantin mempunyai Tugas lainnya adalah Mengelola Kantin Perusahaan.

Mengelola kantin perusahaan sebagaimana mestinya seperti :
  • Mengatur Lay out meja dan kursi makan.
  • Mengatur Lay out pintu masuk dan keluar kantin.
  • Mengatur Lay Out penataan menu hidangan.
  • Memasang Tulisan himbauan atau tata cara makan di kantin.
  • Menyiapkan segala kebutuhan di kantin seperti Sabun cuci tangan dan wastafel.
  • Menyiapkan sarana tempat topi atau helm buat karyawan yang makan di kantin.
  • Menyiapkan kebutuhan menu tambahan karyawan berupa snack, susu atau sejenisnya.
  • Menyiapkan sembako yang merupakan kebutuhan setiap hari di Kantin.
  • Dan lain sebagainya.
3) Petugas Kantin Menjaga Kebersihan di Area Kantin.

Kebersihan di area kantin merupakan hal pokok yang harus selalu di jaga oleh semua pengguna Kantin Perusahaan khususnya bagi Petugas Kantin itu sendiri.

Karena kebersihan merupakan hal yang harus di utamakan, karena berkaitan dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Hal - hal yang berhubungan dengan kebersihan contohnya adalah :
  • Kebersihan lantai yang bebas dari kotoran, sampah maupun noda.
  • Peralatan makan dan minum yang steril atau bebas dari noda dan kotoran.
  • Area kantin bebas dari bau yang tidak sedap.
  • Dan lain sebagainya.
4) Petugas Kantin Membuat Laporan.

Sebagai seorang pekerja atau Karyawan, membuat laporan merupakan salah satu hal yang wajib di lakukan sebagai bahan laporan perkembangan untuk perusahaan.

Setiap hari sebagai Petugas Kantin selalu membuat laporan untuk di laporkan kepada atasan tentang aktifitas di kantin.

Laporan ini bisa di katakan sebagai sarana untuk informasi dan komunikasi antara bawahan dengan atasan di perusahaan.

5) Menerima Kritikan dan Saran.

Kantin merupakan fasilitas bersama yang di gunakan untuk semua karyawan sehingga semua karyawan berhak mengkritik kepada Petugas kantin jika ada hal - hal yang menyimpang dari standart peraturan perusahaan.

Sebagai Petugas Kantin tentunya harus siap menerima resiko tersebut untuk di kritik karyawan lain sebagai pengguna kantin perusahaan.

6) Petugas Kantin Melakukan Briefing Sebelum Bekerja.

Apa tugas kantin di Perusahaan berikutnya ?

Sebagai karyawan yang bertugas di kantin tentunya memiliki Tugas dan Tanggung Jawab seperti pekerja lainnya yaitu Briefing Sebelum Bekerja.

Briefing sebelum bekerja ini mempunyai tujuan untuk :
  • Menyampaikan segala Informasi tentang kondisi Kantin.
  • Menyampaikan segala Informasi tentang Internal Perusahaan.
  • Membahas tentang permasalahan yang ada di kantin.
  • Mencari solusi tentang kritikan maupun masukan.
  • Dan lain sebagainya.
Briefing sebelum bekerja di kantin ini di hadiri oleh semua petugas kantin atau karyawan perusahaan yang di tugaskan di kantin.

Demikian sedikit ulasan tentang Tugas Kantin di Perusahaan Beserta Jobdesk, Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Petugas Kantin di Perusahaan.


No comments