Tugas dan Tanggung Jawab Customer Service CS di Perusahaan
Apakah Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Customer Service di sebuah Perusahaan atau pabrik Industri ?
TUGAS CUSTOMER SERVICE DI PERUSAHAAN.
1. SEBAGAI RESEPSIONIS PERUSAHAAN.
Tugas Resepsionis atau penerima Tamu adalah menerima Tamu atau konsumen Perusahaan sehingga sebagai Customer Service harus bisa menyambut dan bersosialisasi dengan para Tamu secara baik.
Hampir setiap hari, konsumen atau Tamu perusahaan akan ada dengan berbagai macam keperluan yang berbeda.
Sehingga sudah menjadi hal yang wajib, sebagai Customer Service yang mewakili perusahaan untuk menyambut para Tamu tersebut dengan semaksimal mungkin.
Sudah sewajarnya menganggap tamu sebagai seorang raja merupakan motto umum dari sebuah pelayanan Tuan Rumah terhadap konsumen atau Tamu.
Sehingga dengan demikian, di harapkan dengan adanya Customer Service tersebut membantu meningkatkan citra perusahaan di mata para konsumen.
2. BERSIKAP BAIK KEPADA TAMU.
Bersikap baik kepada Tamu adalah memberikan pelayanan yang maksimal, banyak tersenyum dan juga
bersikap ramah kepada para tamu.
Selain itu juga, bersikap sopan santun merupakan suatu hal yang di junjung tinggi sebagai adat masyarakat kita dalam melayani konsumen atau Tamu perusahaan.
Menjauhi dari sikap - sikap yang memancing emosi atau tanggapan yang kurang baik dari para konsumen, juga merupakan hal yang harus di jaga oleh Seorang Customer Service.
3. SEBAGAI
KOMUNIKATOR PERUSAHAAN.
Tugas Customer Service sebagai Komunikator yaitu sebagai penghubung informasi antara Tamu atau Konsumen dengan Perusahaan.
Segala bentuk informasi yang di sampaikan oleh pelanggan atau konsumen harus di tanggapi baik dan positif oleh Customer Service.
Informasi dari konsumen bisa berbentuk Komplain, keluhan, masukan atau inputan dan informasi penting lainnya.
Sebagai Customer Service harus bisa menanggapi dan menjawan informasi tersebut secara maksimal.
Selain menerima Informasi dari konsumen, sebagai customer service juga wajib menginformasikan kembali kepada perusahaan, agar terjadi informasi yang berkesinambungan antara konsumen dengan perusahaan.
4. MELAYANI
KONSUMEN PERUSAHAAN.
Tugas dan tanggung jawab customer service berikutnya adalah melayani kebutuhan konsumen baik melalui telepon maupun bertatap muka secara langsung.
Kebutuhan para konsumen bisa berupa pertanyaan atau informasi lainnya yang berkaitan dengan bisnis perusahaan.
Dalam hal ini, sebagai customer service harus lebih hati - hati dan menjaga diri agar tidak mudah terpancing untuk emosi, berkata kasar maupun bersikap yang tidak meng enakkan konsumen.
Melayani konsumen agar puas merupakan tugas pokok sebagai Customer Service agar hubungan antara perusahaan dengan konsumen tetap terjaga stabil.
Sebagai customer service harus bisa menjawab pertanyaan dan kebutuhan dari para konsumen dan menjaga konsumen dari rasa kecewa atau tidak puas.
Demikian sedikit ulasan tentang Tugas dan Tanggung jawab Customer Service di sebuah perusahaan.
No comments