SIKAP DASAR CUSTOMER SERVICE.
Apakah itu yang di sebut dengan Customer Service ?
Customer Service adalah pekerja atau karyawan yang mempunyai Tugas untuk menyambut atau bertemu dengan Konsumen perusahaan baik melalui komunikasi telepon atau bertatap muka langsung.
Customer Service bisa di katakan sebagai Recepsionist atau penerima Tamu perusahaan atau Instansi.
Sehingga sebagai seorang Customer Service ( CS ) akan selalu berhubungan dan bertemu dengan klien atau konsumen perusahaan.
Namun sebagai seorang Customer Service di sebuah perusahaan harus mempunyai beberapa Sikap Dasar seperti Berikut :
1. Mempunyai Penampilan yang Baik.
Sebagai Customer Service, karea setiap hari selalu berhubungan dengan konsumen perusahaan dan customer service tersebut mewakili perusahaan di depan konsumen, sehingga di haruskan sebagai customer service Berpenampilan yang baik, menarik dan maksimal.
Contoh sebagai Customer Service berpenampilan baik adalah sebagai berikut :
- Mengenakan baju yang rapih dan bersih.
- Mengenakan Accesoris diri yang menarik seperti jam tangan, dll.
- Berpenampilan wangi.
- Dan lain sebagainya.
Hal ini di maksudkan agar sebagai konsumen perusahaan senang melihat penampilan wakil perusahaan yaitu Customer Service.
2. Percaya Diri dan Mudah Tersenyum.
Sebagai Customer Service, dengan percaya diri dan mudah tersenyum merupakan salah satu modal untuk bisa akrab pada saat bersosialisasi dengan klien.
Sehingga dengan hal tersebut, sebagai seorang konsumenpun akan merasa nyaman dan suka dengan pelayanan seorang Customer Service tersebut.
3. Menyapa Konsumen dengan Sebutan Nama.
Menyapa konsumen dengan lemah lembut merupakan kunci pokok mengambil hati konsumen, dan memanggil nama konsumen dengan sopan membuat hati para konsumen tidak mudah tersinggung.
Hal tersebut merupakan trik atau tata krama seorang Customer Service kepada konsumen di saat melakukan dialog atau komunikasi.
Komunikasi yang akrab antara customer service dengan konsumen akan bisa menimbulkan rasa kekeluargaan, sehingga sebagai seorang konsumen akan merasa di hargai oleh customer service.
4. Mendengarkan Dengan Teliti dan Seksama.
Sebagai seorang Customer Service, harus siap mendengarkan segala keluhan dan kritikan dari konsumen tentang hal - hal yang membuatnya merasa tidak nyaman.
Mendengarkan keluhan dari konsumen secara teliti dan seksama merupakan cara terbaik seorang Customer Service agar tidak di complain keras oleh konsumen tersebut.
Karena pada dasarnya setiap manusia pasti sama, yaitu menginginkan keluhan yang di sampaikannya di dengarkan dan di tanggapi.
Apapun yang di keluhkan oleh konsumen, alangkah baiknya di dengarkan terlebih dahulu dan kemudian di jawab serta di berikan solusi yang terbaik.
Demikian sedikit ulasan tentang Sikap Dasar seorang Customer Service dalam melakukan Pelayanan Terhadap Konsumen.
No comments