Breaking News

TUGAS OPERATOR CNC MESIN DI PABRIK INDUSTRI


Apakah Tugas Operator CNC Mesin di Pabrik Industri atau perusahaan manufaktur ?

Perusahaan atau pabrik industri yang memproduksi barang atau benda kerja yang memang diproduksi skala besar atau banyak, pastinya membutuhkan waktu yang sesingkat mungkin dan menghasilkan hasil produk yang sangat banyak dan berkualitas.

Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa sebuah pabrik industri atau perusahaan membutuhkan Tugas Operator CNC Mesin dan menggunakan mesin otomatis atau yang di sebut dengan Mesin CNC

Mesin CNC pada dasarnya adalah Mesin - Mesin Perkakas Work Shop yang di gunakan untuk mengerjakan pekerjaan cutting tool seperti Membubut, MenSloter, Milling, Mengebor, dan lain sebagainya yang di setting dengan program komputer oleh Operator Mesin CNC.

Contoh - contoh mesin perkakas yang menggunakan CNC Mesin tersebut adalah sebagai berikut :

  • Mesin bubut yaitu  mesin untuk membuat diameter benda kerja sesuai ukuran, untuk membuat ulir pada benda kerja, Membuat centre lubang pada benda kerja, dan lain sebagainya.
  • Mesin Milling yaitu mesin untuk membuat alur key way pada shaft benda kerja, untuk meratakan permukaan benda kerja, dan lain sebagainya.
  • Mesin Slotter yaitu mesin untuk membuat membuat alur key way bagian diameter dalam pada benda kerja, untuk membuat lubang persegi pada benda kerja, dan lain sebagainya.
  • Dan lain sebagainya.
CNC merupakan Singkatan dari Computer Numerical Control, yang berarti bahwa Komputer kontrol numerik merupakan sitem otomatis pada mesin perkakas yang di operasikan oleh perintah program secara abstrak yang di simpan pada media penyimpanan pada komputer yang di setting oleh Operator CNC Mesin di pabrik industri.

Mengapa pabrik Industri atau perusahaan menggunakan Mesin dengan sistem CNC ?

Hal tersebut tentunya mempunyai maksud dan tujuan antara lain adalah sebagai berikut ;
  • Dengan menggunakan Mesin CNC, maka target produksi yang tinggi akan bisa di capai, karena mesin CNC bekerja secara otomatis dengan waktu cepat sesuai kebutuhan produksi.
  • Dengan menggunakan mesin CNC, maka kualitas hasil proses benda kerja lebih maksimal dan sesuai dengan permintaan konsumen.
  • Dengan menggunakan mesin CNC, maka benda kerja dengan ukuran yang sangat presisipun bisa di kerjakan dengan mudah.
  • Dengan menggunakan mesin CNC tentunya lebih hemat cost dan time pengerjaan benda kerja.
Kemudian Tugas Operator CNC Mesin di pabrik industri atau sebuah perusahaan adalah sebagai berikut :

1) Melakukan Perawatan Terhadap Mesin CNC.

Merawat CNC Mesin, tentunya merupakan hal dasar yang di lakukan oleh seorang Operator CNC Mesin agar kondisi mesin perkakas tersebut selalu dalam kondisi yang performa maksimal.

Beberapa contoh aktifitas Operator CNC Mesin pada saat melakukan perawatan adalah sebagai berikut 
  • Check kondisi atau volume lubrikasi mesin CNC.
  • Check kondisi atau volume water coolent pada tanki.
  • Check kondisi komponen atau onderdill Mesin CNC.
  • Check kondisi atau fungsi kerja dari komponen atau onderdill CNC Mesin.
  • Check program komputer secara berkala.
Aktifitas tersebut bisa di lakukan secara harian oleh Operator Mesin CNC agar potensi abnormal pada mesin CNC bisa terdetek sedini mungkin dan segera bisa di lakukan perbaikan jika mengalami potensi kerusakan.

2) Melakukan Setting Program pada Komputer.

Melakukan setting atau pemograman pada kompouter merupakan salah satu langkah untuk mengerjakan proses pekerjaan pada Mesin CNC.

Lakukan setting program pada komputer sesuai dengan titik koordinat agar hasil benda kerja sesuai dengan request atau permintaan konsumen dan hasilnya maksimal.

Mengoperasikan komputer sesuai dengan step atau langkah kerja agar bisa menghasilkan settinga program yang sesuai dengan gambar benda kerja yang di ajukan oleh konsumen.

Sehingga merupakan salah satu syarat bagi para sahabat jika berminat menjalankan Tugas Operator CNC Mesin yaitu harus bisa menguasai atau bisa mengoperasikan Komputer.

3) Melakukan Setting Benda Kerja.

Memasang atau setting benda kerja pada jig Mesin CNC merupakan langkah berikutnya selain melakukan setting program pada komputer.

Pastikan kondisi benda kerja sesuai dengan posisi yang di butuhkan sesuai dengan setting program komputer.

Gunakan alat yang sudah disediakan di CNC Mesin untuk memasang dan melepas benda kerja serta gunakan Alat Pelindung Diri yang lengkap untuk menghindari adanya potensi bahaya yang bisa membahayakan atau melukai Operator CNC Mesin.

4) Sebagai Operator CNC Mesin atau Mengoperasikan Mesin CNC.

Untuk bisa beroperasi mesin perkakas yang menggunakan sistem CNC di pabrik  Industri tersebut adalah harus di operasikan oleh Operator CNC Mesin itu sendiri.

Mengoperasikan disini berarti menghidupakan dan mematikan CNC Mesin pada saat akan memproses benda kerja dan setelah berproses kerja.

Pada saat kondisi mesin CNC sudah beroperasi, maka tugas Operator CNC Mesin adalah sebagai berikut :
  • Memastikan CNC Mesin beroperasi dengan baik dan Normal.
  • Memastikan bahwa kondisi CNC Mesin bekerja sesuai dengan settingan atau program komputer yang sudah di setting oleh Operator CNC Mesin.
  • Memastikan semua komponen CNC Mesin bekerja dan berfungsi dengan baik dan benar.
  • Dan lain sebagainya.
5) Finishing Pekerjaan.

Setelah proses CNC Mesin sudah selesai, maka yang harus di kerjakan oleh Tugas Operator CNC Mesin di pabrik Industri adalah sebagai berikut ;
  • Membersihkan kotoran atau serbuk benda kerja yang ada pada benda kerja dan sekitarnya.
  • Melepas Benda kerja dari Jig benda kerja.
  • Melakukan check hasil benda kerja apakah sudah sesuai dengan spec request atau permintaan konsumen.
  • Membersihkan perlengkapan kerja atua tool kerja pada CNC Mesin.
  • Kemudian membersihkan secara total di area kerja dari serbuk atau kotoran benda kerja.
  • Merapihkan semua perlengkapan dan peralatan kerja pada CNC Mesin.
Demikian sedikit ulasan tentang Tugas Operator CNC Mesin di Pabrik Industri, semoga bermanfaat dan berguna.


No comments