TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SUPERVISOR PURCHASING
Apakah Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Purchasing di sebuah pabrik Industri ?
Supervisor Purchasing merupakan Nama sebuah jabatan yang di berikan kepada karyawan atau pekerja yang bekerja di dalam pabrik Industri tepatnya di Divisi Purchasing.
Sedangkan Purchasing itu sendiri merupakan sebuah nama Departement atau Divisi team work di dalam struktur Perusahaan atau Pabrik Industri.
Seorang Supervisor Purchasing mempunyai atasan seorang Manager Purchasing dan Seorang Supervisor purchasing tersebut juga mempunyai bawahan yang di namakan Staff Purchasing didalam pabrik Industri
Sebuah Perusahaan atau Pabrik Industri mempercayakan sebuah jabatan Supervisor Purchasing kepada karyawan atau pekerjanya dengan tujuan agar pekerjaan di dalam departement Purchasing tersebut terkendali.
Adapun Tugas Supervisor Purchasing didalam Pabrik Industri yaitu :
- Melakukan pengawasan dan mengendalikan tentang proses pembelian material atau barang yang berhubungan dengan kebutuhan produksi dan non produksi berdasarkan schedule atau jatah yang sudah di ajukan oleh request pembelian sesuai kebutuhan pabrik yang telah ditentukan didalam Rencana Anggaran.
Sedangkan sebagai Jobdesk Supervisor Purchasing atau Tanggung Jawab Supervisor Purchasing di sebuah pabrik Industri atau Perusahaan adalah sebagai berikut ;
- Melakukan Pemeriksaan terhadap pembelian barang atau material apakah sesuai dengan kebutuhan yang sesuai dengan anggaran yang sudah di anggarkan Oleh Perusahaan atau tidak.
- Melakukan pengecheckan semua request atau orderan atas permintaan barang yang di ajukan dari berbagai Divisi atau Departement di dalam Pabrik.
- Melakukan proses pembelian barang seperti permintaan, penawaran harga barang, Menyiapkan perlengkapan adminstrasi dan mengontriol ketepatan pembelian barang tersebut.
- Mendata kondisi Supplier Barang seperti harga barang, Kesanggupan Supplier di dalam bekerja sama, proses pengiriman yang tepat atau tidak, Kualitas barang yang di jual, dan lain sebagainya.
- Melakukan pendataan untuk melakukan pengecheckan dan rekap pembelian barang setiap bulan untuk di lakukan penganalisaan apakah budget pembelian barang sesuai dengan anggaran perusahaan.
- Melakukan pembayaran terhadap barang atau material yanag di beli dan setiap pengeluaran budget selalu di lakukan pendataan.
- Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Divisi lainnya yang melakukan Order barang tentang kesesuain spesifikasi barang yang akan di order, harga barang dan waktu pengiriman dari supplier.
- Melakukan pengecheckan tugas lainnya yang berhubungan dengan permasalah di dalam adminsitrasi Purchasing.
- Mampu menawar harga barang kepada Supplier agar bisa menyesuaikan budget yang di anggarkan oleh perusahaan.
- Harus menguasai Area pemasaran dan tipe - tipe Supplier yang baik dan dapat di ajak bekerja sama.
- Mampu menekan harga barang yang akan di beli atau cost down.
- Mampu menekan cost atau biaya operasional.
- Mampu melakukan negosiasi harga barang yang akan di beli kepada Supplier sesuai analisa harga pasar.
- Divisi Produksi yaitu divisi yang berhubungan dengan proses produksi atau hasil produk didalam perusahaan itu sendiri.
- Divisi Engineering atau Maintenance yaitu Divisi yang berhubungan dengan perbaikan dan perawatan terhadap Mesin Produksi.
- Divisi General Affair yaitu Divisi yang berhubungan dengan pengadaan sarana kebutuhan di dalam perusahaan secara umum seperti ATK, Transportasi, Konsumsi, dan lain sebagainya.
- Dan lain sebagainya.
No comments