Breaking News

PILLOW BLOCK JENIS UK ADALAH

Gb, Pillow Block Model UK

Pillow Block Jenis UK adalah pillow block yang mempunyai ball bearing model UK yang menggunakan lock atau pengunci  berupa Adaptor Sleeve.

Berbeda dengan lock atau pengunci pada Pillow block jenis UC, lock pada pillow block UK yaitu adaptor sleeve kondisinya terpisah dengan ball bearing pillow block jenis UK.

Adapun bentuk ball bearing pada pillow block UK pun berbeda dengan ball bearing pada pillow block UC, yaitu bahwa ball bearing pillow block UK mempunyai diameter lubang yang tirus yang menyesuaikan bentuk adaptor sleevenya.

Adaptor sleeve itu sendiri selain berbentuk tirus atau kerucut, juga mempunyai ulir dan Nut serta terdapat garis belah di salah satu sisinya, dengan tujuan agar pada saat nut adaptor sleeve di kencangkan, maka adaptor sleeve tersebut mengerut dan mencekam shaft benda kerja.

Berikut beberapa contoh pillow block Jenis UK dengan pasangan adaptor sleevenya yaitu :
  • Pillow block jenis UKP 205 yaitu jenis pillow block yang menggunakan adaptor sleeve size H 2305.
  • Pillow block jenis UKFL 206 yaitu jenis pillow block yang menggunakan adaptor sleeve size H 2306.
  • Pillow block jenis UKT 207 yaitu jenis pillow block yang menggunakan adaptor sleeve size H 2307.
  • Dan seterusnya.
Kemudian bagaimana caranya mengetahui ukuran diameter lubang pada adaptor sleeve yang di gunakan pada pillow block jenis UK tersebut ?

Sehingga kita bisa mengetahui ukuran pillow block UK size berapa yang cocok untuk diameter shaft benda kerja yang akan kita gunakan di mesin produksi.

Cara mengetahui berapa ukuran diameter pada lubang adaptor sleeve adalah dengan membaca angka terakhir yang tertera pada pillow block Jenis UK di kalikan dengan angka 5, kemudian hasil perkalian tersebut di kurangi 5. 

Berikut adalah contoh size atau ukuran pillow block, adaptor sleeve beserta cara pembacaannya yaitu :
  • Pillow block UKP 205 ini menggunakan adaptor sleeve ukuran H 2305 dan ukuran diameter shaft roll benda kerjanya adalah angka terakhir dari size pillow block yaitu 5 di kalikan 5 = 25, dan 25 di kurangi 5 = 20 , sehingga diameter shaft roll benda kerja adalah 20 mm.
  • Pillow block UKFL 206 menggunakan adaptor sleeve ukuran H 2306 dan ukuran diameter shaft roll benda kerjanya adalah angka terakhir dari size pillow block yaitu 6 di kalikan 5 = 30, dan 30 dikurangi 5 = 25, sehingga diameter shaft roll benda kerja tersebut adalah 25 mm.
  • Pillow block UKT 207 menggunakan adaptor sleeve ukuran H 2307 dan ukuran diameter shaft roll benda kerjanya adalah angka terakhir dari size pillow block yaitu 7 di kalikan 5 = 35, dan 35 di kurangi 5 = 30, sehingga diameter shaft roll benda kerja adalah 30 mm.
  • Dan seterusnya
  • Untuk ukuran pillow block antara 215 ke atas cara perhitungannya berbeda yaitu angka terakhir di kalikan angka 5 dan hasil perkalian tersebut di kurangi 10. Contoh pillow block ukuran UKP 215 menggunakan adaptor sleeve H 2315 dan ukuran diameter shaft adalah angka terakhir 15 di kalikan 5 = 75, dan angka 75 di kurangi 10 = 65, jadi ukuran diameter shaft roll benda kerja adalah 65 mm.
Adapun Untuk cara melepas Pillow Block model Uk dari Shaft , anda bisa membaca di Cara Melepas Pillow Block Model UK.

Kelebihan menggunakan pillow block model UK adalah sebagai berikut :
  • Lock adaptor sleeve tidak mudah kendor sehingga shaft roll benda kerja tidak mudah aus.
  • Cara melepas pillow block lepas dari adaptor sleeve lebih mudah dan cepat, sehingga tidak perlu alat khusus atau treker.
Kelemahan menggunakan pillow block model UK adalah sebagai berikut :
  • Di dalam melepas lock atau pengunci adaptor sleeve lebih lama daripada melepas lock model set bolt atau baut tanam.

Demikian sedikit ulasan tentang Apakah itu pillow block Jenis UK di pabrik Industri.











No comments