Breaking News

CARA MELEPAS PILLOW BLOCK MODEL UK


Bagaimana caranya melepas pillow block model UK ?

Berikut cara melepas pillow block model UK yaitu :
  • Pertama buka lock matahari yang mengunci pada Nut Lock adaptor sleeve.
  • Kemudian kendorkan Nut Lock adaptor sleeve secukupnya atau sampai pada ujung Ulir Adaptor sleeve.
  • Selanjutnya palu dengan perlahan Nut Lock tersebut dengan palu agar adaptor sleeve terdorong mundur sehingga ikatan adaptor sleeve dengan ball bearing pillow block UK  terlepas.
  • Setelah Adaptor sleeve kendor atau terlepas dari ikatan terhadap shaft, kemudian langkah berikutnya adalah lepas baut yang mengikat pillow block dengan dudukannya.
  • Kemudan lepas atau keluarkan Nut adaptor sleeve dan ring matahari di lanjutkan lepas body pillow block.
  • Setelah itu lepas adaptor sleeve dari shaft roll benda kerja.
Pillow Block Model UK merupakan pillow block yang menggunakan lock atau pengunci model adaptor sleeve yang artinya bahwa pillow block UK tersebut mengikat pada shaft roll benda kerja dengan menggunakan Adaptor Sleeve.

Adaptor Sleeve ini berbentuk bushing tirus dan belah dengan menggunakan Ulir di ujungnya sehingga di saat bushing tersebut di pasang Nut dan di kencangkan maka secara otomatis sifat tirus Adaptor sleeve tersebut akan menarik dan mengikat kencang terhadap pillow block model UK.

Mengapa pillow block model UK tersebut harus menggunakan lock atau pengunci model adaptor sleeve ?

Karena pillow block model UK tersebut menggunakan ball bearing yang tidak mempunyai lock seperti set bolt yang di gunakan pada Pillow Block Model UC.

Ball bearing yang di gunakan pada pillow block model UK mempunyai bentuk tirus, sehingga lubang tirus tersebut merupakan tempat dudukan lock yaitu Adaptor Sleeve.

Cara melepas pillow block model UK ini merupakan salah satu pekerjaan seorang Teknisi Mekanik di sebuah pabrik Industri.

Dan cara melepas pillow block model UK ini juga termasuk cara yang mudah dan cepat untuk melepas pillow block dari shaft roll benda kerja.

Namun jika terjadi sesuatu yang abnormal seperti di luar dugaan pada saat melepas pillow block model UK tersebut, bisa di lakukan dengan beberapa cara lainnya.

Berikut hal - hal abnormal yang tak terduga di saat kita akan melepas pillow block model UK tersebut adalah :
  • Adaptor sleeve terlalu macet mengikat ke shaft roll dan ball bearing pillow block, solusinya adalah pukullah body ball bearing dengan menggunakan palu ke arah keluar.
  • Ulir Nut lock adaptor sleeve aus sehingga Nut lock tidak bisa lepas dari adaptor sleeve, solusinya adalah potonglah Nut lock adaptor sleeve dengan menggunakan gerinda potong.
  • Permukaan shaft roll karat sehingga adaptor sleeve tidak bisa terlepas atau keluar, solusinya adalah bersihkan karat tersebut dengan di amplas dan di semprot cairan pembersih korosi.
Beberapa kelebihan menggunakan pillow block model UK adalah sebagai berikut :
  • Cara melepas pillow block unit lebih cepat yaitu hanya mengendorkan nut lock adaptor sleeve kemudian nut lock tersebut di pukul mundur, maka secara otomatis pillow block terlepas dari ikatan adaptor sleeve.
  • Adaptor sleeve tidak mudah kendor, karena adaptor sleeve pillow block model UK tersebut menggunakan lock ring matahari.
Demikian sedikit ulasan tentang bagaimanakah caranya melepas pillow block model UK atau pillow block yang menggunakan ball bearing model UK.

No comments