Breaking News

PILLOW BLOCK JENIS UC ADALAH

 

Pillow Block Jenis UC adalah Pillow Block yang mempunyai Ball Bearing model UC yaitu yang menggunakan lock atau pengunci berupa set bolt atau baut tanam.

Berbeda dengan lock atau pengunci pada Pillow Block Jenis UK, Lock pada pillow Block UC adalah set bolt atau baut tanam yang berjumlah 2 biji pada ball bearingnya dengan maksud agar pengikatan lock pada shaft roll lebih kuat.

Sedangkan Ball Bearing model UC yang terdapat pada Pillow Block tersebut bisa di lepas atau bisa di pisahkan dari body pillow blocknya, sehingga jika hanya ball bearingnya saja yang rusak maka bisa di ganti ball bearingnya saja tanpa harus mengganti body pillow blocknya.

Di dalam Ball Bearing model UC ini terdapat alur sebagai jalan masuknya grease lubrikasi yang berfungsi untuk jalir masuknya grease untuk melubrikasi ball bearing yang ada di dalam casing ball bearing.

Dengan adanya Lubrikasi dari grease yang masuk ke ruang ball bearing melalui laur pada body ball bearing, maka akan menjadikan life time ball bearing pillow block model UC tersebut cenderung lebih aman dari kerusakan atau keausan.

Kemudian bagaimana caranya mengetahui ukuran diameter lubang shaft pada ball bearing yang di gunakan pada pillow block jenis UC tersebut ?

Sehingga kita bisa mengetahui ukuran pillow block UC size berapa yang cocok untuk diameter shaft benda kerja yang akan kita gunakan di mesin produksi.

Cara mengetahui berapa ukuran diameter pada lubang ball beaing pillow block adalah dengan membaca angka terakhir yang tertera pada pillow block Jenis UC tersebut di kalikan dengan angka 5.

Berikut beberapa contoh pillow block Jenis UC dengan ukuran diameter lubangnya yaitu :
  • Pillow block jenis UCP 205 yaitu jenis pillow block yang mempunyai ukuran diameter lubang shaft pada Ball bearing sebesar 25 mm.
  • Pillow block jenis UCFL 206 yaitu jenis pillow block yang mempunyai ukuran diameter lubang shaft pada ball bearing sebesar 30 mm.
  • Pillow block jenis UCT 207 yaitu jenis pillow block yang mempunyai ukuran diameter lubang shaft pada ball bearing sebesar 35 mm.
  • Dan seterusnya.
Adapun Untuk cara melepas Pillow Block model Uk dari Shaft , anda bisa membaca di Cara Melepas Pillow Block Model UC di Pabrik Industri.

Kelebihan menggunakan pillow block model UC adalah sebagai berikut ;
  • Cara melepas set bolt atau baut pengunci lebih mudah dan cepat di bandingkan dengan Pillow block dengan sistem  pengunci Adptor Sleeve,
  • Set Bolt terdapat 2 titik di setiap pillow block sehingga lock cenderung kuat.
Kelemahan menggunakan pillow block model UC adalah sebagai berikut :
  • Dengan menggunakan pengunci model Set bolt atau baut tanam, ada kemungkinan shaft roll akan mudah aus jika terjadi set bolt terlalu kendor atau lupa di kencangkan oleh operator.
  • Ball Bearing model UC kemungkinan mudah macet, sehingga di butuhkan gas cutting untuk memotong ball bearing pada saat melepas atau mengeluarkan pillow block tersebut.
  • Cara melepas atau mengeluarkan ball bearing pillow block dari shaft roll harus menggunakan alat khusus atau treker.
Demikian sedikit ulasan tentang Pillow Block Jenis UC yang di gunakan di pabrik Industri.

Semoga bermanfaat...










No comments