Breaking News

FUNGSI NUCKLE DI PABRIK INDUSTRI


Apakah fungsi dari Nuckle yang biasa di gunakan di pabrik Industri ?

Nuckle merupakan salah satu onderdill mesin produksi, alat pelengkap atau alat bantu kerja maintenance.

Berikut adalah contoh kegunaan atau fungsi Nuckle yang biasa di gunakan di pabrik Industri yaitu :

1) Nuckle di gunakan sebagai dudukan seling wire pada clavis cylinder angin.

Pada kegunaan tersebut, nuckle di pasang pada clavis shaft cylinder angin dan lubang nuckle akan di gunakan untuk dudukan seling wire yang di ikat.

Cylinder Angin yang di supply dengan angin bertekanan tersebut berfungsi untuk menarik Roll tension sebuah Belt Conveyor, supaya tension Belt Conveyor stabil atau tidak kendor.

Sedangkan Fungsi Cylinder Angin bisa menarik Roll tension belt conveyor, karena antara cylinder angin dengan roll tension ada penghubung berupa seling wire atau tali kawat.

Dan penghubung antara Fungsi Seling Wire atau tali kawat dengan clavis Cylinder Angin adalah Nuckle tersebut.

2) Nuckle di gunakan Sebagai salah satu onderdill Mesin Produksi.

Mesin - mesin produksi yang berkapasitas atau berukuran berat, biasanya selalu di lengkapi dengan Nuckle di beberapa titik.

Nuckle yang di pasang pada mesin tersebut mempunyai tujuan dan kegunaan sebagai media untuk dudukan Seling pada saat mesin tersebut akan di angkat atau di pindahkan.

Dengan adanya Nuckle tersebut, maka untuk proses eksekusi pemindahan mesin sangat mudah.

Secara gampangnya, nuckle yang di pasang pada beberapa titik mesin itu untuk tempat mengikat mesin dengan menggunakan Seling, agar mesin bisa di pindahkan atau di angkat.

Seling akan di masukkan ke lubang nuckle yang sudah di pasang pada mesin, kemudian ujung seling tersebut di hubungkan dengan hook Chain Block dan chain block siap di operasikan untuk mengangkat mesin tersebut.

3) Nuckle di gunakan Sebagai Cantolan Seling atau Hook Chain Block.

Pada pekerjaan Teknisi atau Maintenance, pasti mengenal atau menggunakan Nuckle sebagai salah satu perlengkapan untuk membantu proses pekerjaan Teknisi.

Karena pekerjaan Teknisi bervariasi termasuk bongkar pasang atau perbaikan mesin produksi, yang nota bene mesin tersebut besar atau berat.

Maka dari itu Teknisi memerlukan Nuckle dan seling untuk sarana mengikat mesin produksi untuk di angkat di pindah posisikan.

Sehingga Dengan menggunakan Nuckle adalah untuk menghindari adanya kerusakan pada bodi benda kerja secara langsung dan mempermudah pada saat proses pengangkatan benda kerja tersebut.

Berikut contoh - contoh pekerja yang menggunakan fungsi dari Nuckle adalah sebagai berikut :
  • Teknisi Mekanik.
  • Teknisi Elektrik.
  • Teknisi Vehicle atau transportasi.
  • Teknisi Pipping.
  • Teknisi Utility.
  • Dan lain sebagainya.
Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi dan kegunaan dari sebuah Nuckle di pabrik Industri.

Semoga bermanfaat...Terima Kasih..




No comments