Breaking News

Fungsi Fitting Hose Angin di Pabrik Industri


Apakah Fungsi dari Fitting Hose Angin yang biasa di gunakan di Pabrik Industri ?

Fitting Hose merupakan salah satu perlengkapan Instalasi pneumatik atau angin yang berfungsi untuk menyambung atau joint Hose Angin yang biasa di gunakan di Pabrik Industri pada sistem instalasi pneumatik.

Sedangkan Fitting Hose Angin mempunyai 2 macam jenis antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Fitting Hose Angin yang mempunyai batang Ulir yaitu Fitting Hose yang di mana di salah satu ujungnya berbentuk batang ulir dan pada ujung lainnya sebagai dudukan untuk menyambung Hose.
  2. Fitting Hose Angin yang tidak mempunyai batang Ulir yaitu Fitting Hose yang di mana ke dua ujungnya merupakan dudukan untuk menyambung atau joint hose.
1) Fitting Hose Angin yang Mempunyai Batang Ulir.

Fitting Hose Angin yang mempunyai batang ulir mempunyai dua ujung yang berbeda yaitu ujung yang berbentuk batang ulir yang di gunakan untuk menempel pada benda kerja atau komponen mesin dan ujung satunya berbentuk dudukan hose angin yang di gunakan sebagai tempat joint Hose angin,

Sedangkan contoh macam - macam bentuk dan ukuran Fitting Hose angin yang mempunyai Batang Ulir adalah sebagai berikut :
  • Fitting Hose Angin Straight ( KQH  08 - 01 ) ini mempunyai arti bahwa Fitting Hose Angin tersebut berbentuk Lurus dengan ukuran batang ulir 1/8'' dan menggunakan ukuran diameter hose 08 mm.
  • Fitting Hose Angin L ( KQL 10 - 02 ) ini mempunyai arti bahwa Fitting Hose Angin tersebut berbentuk letter L dengan ukuran batang ulir 1/4'' dan menggunakan ukuran diameter hose angin 10 mm.
Fitting Hose Angin T ( KQT 12 - 03 ) ini mempunyai arti bahwa Fittinh Hose angin tersebut berbentuk letter T dengan ukuran batang Ulir 3/8'' dan menggunakan ukuran hose angin berdiameter 12 mm.
  • Fitting Hose angin straight ( KQH 14 - 04 ) ini mempunyai arti bahwa fitting hose angin tersebut berbentuk lurus dengan ukuran batang ulir 1/2'' dan menggunakan ukuran hose angin berdiameter 14 mm.
  • Dan seterusnya.
2) Fitting Hose Angin yang Tidak Mempunyai Batang Ulir.


Fitting Hose Angin yang tidak mempunyai batang ulir adalah Fitting hose angin yang pada ke dua ujungnya berbentuk dudukan hose atau sebagai tempat untuk menyambung hose angin.

Adapun macam - macam bentuk dan ukuran Fitting Hose yang tidak mempunyai batang ulir adalah sebagai berikut :
  • Fitting Hose Angin Straight atau KQH 08 - 00 ini mempunyai arti bahwa fitting Hose Angin tersebut berbentuk joint lurus dan menggunakan ukuran hose angin berdiameter 08 mm.
  • Fitting Hose Angin L atau KQL 10 - 00 ini mempunyai arti bahwa fitting hose angin tersebut berbentuk joint letter L dan menggunakan ukuran hose angin dengan diameter 10 mm.
  • Fitting Hose Angin letter T atau KQT 12 - 00 ini mempunyai arti bahwa Fitting Hose tersebut berbentuk joint T dan menggunakan ukuran hose angin dengan diameter 12 mm.
Kelebihan  Instalasi Angin dengan menggunakan Fitting Hose adalah sebagai berikut :
  • Pengerjaan Instalasi yang melibatkan fitting hose angin lebih mudah dan bisa di kerjakan oleh siapa saja.
  • Perlengkapan Fitting dan hose angin cenderung lebih flexible sehingga cocok di aplikasikan di berbagai area baik area susah maupun area yang sempit.
Kelemahan menggunakan Instalasi jenis Fitting Hose angin adalah sebagai berikut :
  • Fitting Hose angin beserta rangkaian Hose angin tidak mempunyai life time atau umur yang panjang karena suatu saat Fitting dan Hose angin bisa rapuh sehingga mudah patah dan bocor.
  • Fitting Hose tidak sesuai untuk di aplikasikan dengan pressure tinggi yang menggunakan unsur air, oli dan steam.
Menggunakan Instalasi Fitting Hose angin akan lebih mudah di aplikasikan pada sistem pneumatik angin sehingga tampilan instalasi akan lebih menarik dan rapih karena adanya hiasan dengan warna - warni hose angin yang berbeda - beda.

Adapun contoh penggunaan Aplikasi Fitting Hose angin di pabrik Industri antara lain adalah sebagai berikut :
  • Fitting hose angin yang di pasang pada Head Cylinder angin yang berfungsi sebagai terminal masuknya supply angin yang akan menggerakkan piston cylinder angin untuk mendorong atau menarik benda kerja.
  • Fitting hose yang di pasang pada solenoid valve yang berfungsi untuk menyalurkan supply angin yang akan masuk ke solenoid valve untuk menggerakkan benda kerja atau komponen mesin.'
  • Fitting hose yang di pasang pada Hand Valve yang berfungsi untuk menyalurkan tekanan angin supply utama yang akan masuk ke hand valve untuk menggerakkan benda kerja atau komponen mesin.
  • Fitting Hose yang di pasang pada kepala piston valve yang berfungsi untuk meneruskan pressure angin supply utama untuk  masuk ke ruang piston valve yang akan mendorong piston valve untuk bekerja open close.
  • Fitting Hose yang di gunakan untuk menyambung antar hose angin untuk menyalurkan pressure atau tekanan angin.
  • Dan lain sebagainya.
Pekerjaan Instalasi Fitting Hose angin merupakan tugas dan kewajiban dari seorang teknisi mekanik atau teknisi mesin khusus pipping.

Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi Fitting Hose Angin di Pabrik Industri.












No comments