Breaking News

Fungsi Connector Tubing di Pabrik Industri


Apakah Fungsi Connector Tubing yang biasa di gunakan pada Instalasi di Pabrik Industri ?

Connector Tubing merupakan salah satu part perlengkapan untuk Instalasi pipping yang mempunyai fungsi Untuk menyambung atau joint batangan Tubing yang di  mana Tubing tersebut di gunakan untuk menyalurkan bermacam - macam unsur seperti Angin, Air, Steam, Oli dan sebagainya.

Sedangkan macam - macam Connector Tubing bisa di bagi menjadi 2 macam antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Connector Tubing yang mempunyai batang Ulir yang berfungsi sebagai connector yang menempel pada benda kerja atau komponen mesin dan satu ujungnya mempunyai Nut Ulir yang di gunakan sebagai alat joint atau menyambung dengan Batang Tubing.
  2. Connector Tubing yang mempunyai dua atau lebih ujung berbentuk Nut Ulir ( double nut ulir ) yang berfungsi untuk menyambung atau joint antar batangan tubing.

1) Connector Tubing yang mempunyai Batang Ulir.

Connector Tubing ini berbentuk pada salah satu ujungnya mempunyai batang full ulir yang di gunakan untuk menempel pada benda kerja seperti Bushing atau juga bisa menempel pada komponen mesin seperti piston valve yang akan di aliri unsur angin atau unsur lainnya.

Adapun contoh - contoh bentuk dan ukuran Connector Tubing berbatang ulir ini adalah sebagai berikut :
  • Connector Tubing Straight 1/4'' X 08 ini mempunyai arti bahwa connector tubing tersebut berbentuk Joint Lurus dengan ukuran Ulir batang 1/4'' dan di gunakan untuk menyambung atau joint dengan Tubing yang berukuran diameter 8 mm.
  • Connector Tubing L 1/8'' x 10 ini mempunyai arti bahwa connector Tubing tersebut berbentuk letter L dengan ukuran Ulir Batang 1/8'' dan di gunakan untuk menyambung atau joint dengan ukuran Tubing berdiameter 10 mm.
  • Connector Tubing T 3/8'' x 12 ini mempunyai arti bahwa connector tubing tersebut berbentuk Joint T dengan ukuran Ulir batang 3/8'' dan di gunakan untuk menyambung atau joint dengan Tubing yang berukuran diameter 12 mm.

2) Connector Tubing yang Mempunyai double Nut Ulir.

Connector Tubing ini mempunyai double nut ulir pada ujung - ujung connectornya yang akan di gunakan sebagai bagian yang akan menyambung atau joint dengan batangan tubing.

Adapun contoh - contoh bentuk dan ukuran Connector Tubing yang mempunyai double nut pada ujung - ujungnya adalah sebagai berikut :
  • Connector Tubing Straight 08 - 00 ini mempunyai arti bahwa Connector tubing tersebut berbentuk lurus dan Nut ulir pada ke dua ujungnya di gunakan untuk menyambung atau joint batang Tubing ukuran diameter 08 mm.
  • Connector Tubing L 10 - 00 ini mempunyai arti bahwa Connector Tubing tersebut berbentuk letter L dan Nut Ulir pada ke dua ujungnya di gunakan untuk menyambung atau joint Batang Tubing ukuran diameter 10 mm.
  • Connector Tubing T 12 - 00 ini mempunyai arti bahwa Connector Tubing tersebut berbentuk letter T dan Nut Ulir pada ke tiga ujungnya di gunakan untuk menyambung atau joint Batang Tubing ukuran diameter 12 mm.
Secara penggunaan Connector Tubing tersebut seharusnya hanya bisa di gunakan untuk menyambung atau joint Tubing saja, namun dengan kepentingan tertentu Connector Tubing tersebut juga bisa di gunakan untuk menyambung atau joint Hose plastik atau nylon dengan ukuran diameter yang sesuai.

Connector Tubing ini tentunya lebih tahan terhadap pressure atau tekanan yang tinggi dan juga tahan terhadap panas oli, panas air, panas steam dan panas lainnya yang biasa di gunakan di pabrik Industri.

Berikut contoh - contoh aplikasi penggunaan Connector Tubing di beberapa komponen mesin produksi di Pabrik Industri adalah :
  • Connector Tubing yang di pasang pada Cylinder angin, yang di mana Connector tersebut akan di aliri angin untuk menggerakkan Cylinder angin tersebut.
  • Connector Tubing yang di pasang pada Piston Valve TCU ( Temperatur Control Unit ) yang di mana Connector tersebut akan di aliri angin untuk menggerakkan open close Piston Valve tersebut.
  • Connector Tubing yang di pasang pada Bushing Roll calender yang di mana connector tersebut akan di aliri oli pelumas sebagai media lubrikasi metal bushing tersebut.
  • Connector Tubing yang di pasang pada pressure gauge yang di mana Connector tubing tersebut akan di aliri steam, angin atau air sebagai indikator besarnya pressure atau tekanan unsur tersebut yang masuk.
  • Connector Tubing yang di pasang pada solenoid valve yang di mana connector tubing tersebut akan di aliri angin yang nantinya angin tersebut akan di teruskan setelah solenoid valve untuk menggerakkan komponen mesin.
  • Dan lain sebagainya.
Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi Connector Tubing di Pabrik Industri.





No comments