Breaking News

POTENSI BAHAYA BEKERJA DI ATAS KETINGGIAN


Apa sajakah Potensi bahaya pada saat kita bekerja di area ketinggian ?

Bekerja di ketinggian adalah sebuah aktifitas pekerjaan yang di lakukan oleh Tenaga Kerja pada tempat kerja di permukaan tanah atau perairan yang terdapat perbedaan ketinggian dan memiliki potensi jatuh yang bisa menyebabkan Tenaga Kerja atau orang lain yang berada di tempat kerja mengalami cidera atau meninggal dunia atau menyebabkan kerusakan harta benda.

Hampir semua pabrik Industri atau sebuah perusahaan mempunyai area kerja di ketinggian yang harus melibatkan seorang Tenaga Kerja.

Adapun beberapa contoh Potensi Bahaya pada saat bekerja di Ketinggian antara lain adalah sebagai berikut :

1) Potensi Bahaya Terjatuh dari Ketinggian.

Potensi bahaya pada saat bekerja di atas ketinggian yang paling dominan adalah terjatuh dari ketinggian sehingga hal tersebut akan bereffect membuat Pekerja cidera atau meninggal dunia.

Adapun hal - hal yang perlu di lakukan untuk melindungi diri pekerja dari potensi bahaya terjatuh dari ketinggian adalah sebagai berikut :
  • Pastikan selalu menggunakan Alat Pelindung diri berupa safety belt atau body harness pada saat bekerja di atas ketinggian.
  • Pastikan pada saat sudah berada di atas ketinggian, cantolkan hook body harness pada tempat yang kuat sehingga tempat tersebut benar - benar kuat untuk menahan pekerja pada saat akan terjatuh di ketinggian.
  • Posisikan tempat yang di gunakan untuk cantolan adalah posisi yang lebih tinggi dari posisi pekerja.
  • Gunakanlah Sepatu safety yang tahan terhadap area licin untuk menghindari dari potensi pekerja terpeleset di lantai ketinggian yang bisa menyebabkan pekerja terjatuh dari ketinggian.
  • Lakukan dengan hati - hati dan konsentrasi pada saat melangkah di atas ketinggian agar terhindar dari potensi bahaya terpeleset yang bereffect pekerja terjatuh dari ketinggian.
Contoh - contoh peralatan yang bisa di gunakan sebagai alat pencegah jatuh pekerja pada saat bekerja di atas ketinggian seperti berikut :
  • Sabuk Tubuh atau Full Body Harness.
  • Tali Pembatas Gerak.
  • Tangga Podium

2) Potensi Bahaya Terperosok.

Bekerja di Ketinggian merupakan area kerja yang membutuhkan banyak proteksi untuk menciptakan kondisi kerja yang aman dan nyaman untuk pekerja.

Adapun contoh bentuk Potensi bahaya terperosok pada saat pekerja bekerja di atas ketinggian adalah sebagai berikut :
  • Tidak adanya pagar pembatas pada area ketinggian sehingga pada saat pekerja bergerak tidak ada tempat berpegangan sehingga terperosok, Solusinya adalah pasang pager pembatas.
  • Pada area lantai atas tidak ada stoper kaki sehingga pada saat pekerja melangkah bisa berakibat pekerja terperosok, Solusinya adalah pasang stoper pada batas luar lantai.
  • Tidak pahamnya seorang pekerja tentang batas - batas area kerja di ketinggian sehingga terperosok, solusinya adalah pahami area kerja sebelum memulai pekerjaan.

3) Potensi Bahaya Terpeleset.

Area kerja di atas ketinggian khususnya lantai yang bebas mempunyai resiko licin karena tidak ada atap pelindung dari kondisi alam, sehingga kondisi ini mempunyai potensi bahaya yang tinggi untuk pekerja.

Sedangkan solusi untuk menangani potensi bahaya terpeleset pada saat bekerja di atas ketinggian adalah sebagai berikut :
  • Pastikan menggunakan sepatu safety yang tahan terhadap area licin sehingga bisa mengurangi potensi bahaya terpeleset pada saat pekerja beraktifitas.
  • Pastikan area kerja yang di atas ketinggian bebas dari air dan kotoran yang membuat area kerja licin.
  • Pada saat menaiki tangga menuju area ketinggian, pastikan melangkah dengan hati - hati dan konsentrasi agar tidak terpeleset pada saat melangkah di anak tangga.
Demikian sedikit ulasan tentang potensi bahaya bekerja di atas ketinggian.




No comments