Breaking News

POTENSI BAHAYA GAS CUTTING DI PABRIK INDUSTRI


Apa Sajakah Potensi Bahaya dari Gas Cutting di Pabrik Industri ?

Pada Dasarnya semua perlengkapan peralatan kerja yang di gunakan oleh para pekerja di Pabrik Industri mempunyai Potensi bahaya tersendiri yang berbeda - beda termasuk Gas Cutting.

Gas Cuting merupakan salah satu Perlengkapan peralatan yang di gunakan oleh para pekerja di pabrik industri yang di gunakan untuk menangani trouble shooting dan juga proses Fabrikasi Improvement Development pada mesin produksi.

Berikut beberapa contoh penggunaan Gas Cutting di Pabrik Industri adalah sebagai berikut :

  • Alat Untuk memotong benda kerja atau komponen mesin yang berbahan logam.
  • Alat Untuk memanasi benda kerja sehingga benda kerja tersebut bisa di bentuk sesuai bentuk yang di butuhkan.
Gas Cutting Merupakan salah satu alat bantu yang mempunyai unsur api, sehingga Gas Cutting merupakan alat bantu yang banyak mempunyai Potensi Bahaya yang cukup tinggi.

Berikut adalah beberapa Contoh Potensi Bahaya pada Gas Cutting di Pabrik Industri yaitu :

1) Potensi Bahaya Timbul Api atau Kebakaran.

Potensi timbul api atau kebakaran pada proses pekerjaan menggunakan Alat Gas Cutting sangt besar sehingga membutuhkan penanganan yang sungguh -sungguh.
\
Berikut Solusi untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya kebakaran pada saat proses Gas Cutting adalah sebagai berikut :
  • Proteksi dan singkirkan bahan atau material yang mudah terbakar dari area pekerjaan gas cutting.
  • Pastikan di area kerja Gas Cutting di lengkapi dengan alat pemadam Api seperti APAR, Kain Anti Api, Air di dalam Ember dan Water Sprayer.
  • Pastikan di area pekerjaan Gas Cutting di tempatkan pekerja sebagai pengawas dan Fire man sehingga percikan api gas cutting selalu di monitor dan di awasi.
  • Pastikan area kerja bersih dari kotoran dan debu yang mudah terbakar.
  • Pastikan Gas Cutting tidak dalam kondisi yang abnormal yang bisa menyebabkan terjadinya api karena Gas Cutting Meledak.

2) Potensi Bahaya Operator Terkena Percikan Bunga Api.

Pada saat proses pekerjaan menggunakan Gas Cutting bisa terjadi percikan bunga api karena cara kerja gas cutting adalah memotong benda logam dengan menggunakan tekanan tinggi hasil campuran Gas Acetylene dan Gas Oksigen yang di rubah menjadi semburan Api.

Dari proses pemotongan logam tersebutlah timbul percikan bunga api logam yang sangat panas dan bisa menciderai operator sehingga membutuhkan solusi dengan cara menggunakan Alat Pelindung diri secara lengkap seperti berikut :
  • Helmet Safety yang berfungsi untuk melindungi anggota tubuh operator bagian kepala.
  • Face Shield yang berfungsi untuk menutupi atau melindungi anggota tubuh operator bagian Muka dan mata.
  • Sarung tangan kulit yang berfungsi untuk melindungi anggota tubuh operator bagian tangan.
  • Sepatu Safety yang berfungsi untuk melindungi anggota tubuh operator bagian kaki.
  • Appron yang berfungsi untuk melindungi anggota tubuh operator bagian tubuh depan.

3) Potensi Bahaya Tersengat Panas dari Benda Kerja.

Karena Fungsi utama gas cutting salah satunya adalah memotong benda kerja berbahan logam sehingga secara otomatis panas yang di hasilkan dari gas cutting tersebut akan merambat pada benda kerja. 

Hasil benda kerja yang di potong dengan menggunakan gas cutting akan berpotensi menimbulkan potensi panas yang bisa menciderai Anggota tubuh Operator.

Berikut beberapa solusi untuk meminimalisir potensi bahaya berupa panas pada benda kerja tersebut yaitu :
  • Pastikan Operator menggunakan Sarung Tangan Kulit sehingga pada saat handling benda kerja, maka operator terhindar dari potensi bahaya tersengat panas.
  • Pastikan setelah selesai proses pemotongan benda kerja dengan gas cutting, maka benda kerja tersebut terlebih dahulu di dinginkan dengan pendingin seperti air dan lain sebagainya.
Demikian sedikit ulasan tentang Potensi Bahaya Gas Cutting di Pabrik Industri.




No comments