Breaking News

FUNGSI ARRESTOR ATAU SAFETY VALVE PADA GAS ACITYLINE DAN GAS OKSIGEN



Pengertian Arrestor dan Fungsinya pada Gas Cutting.


Apakah fungsi Arrestor atau safety valve pada alat potong berupa gas cutting ?

Gas Cutting merupakan salah satu alat bantu kerja yang di gunakan oleh para pekerja di pabrik industri untuk memotong benda kerja , material maupun komponen mesin yang berbahan logam.

Proses pemotongan benda kerja logam tersebut menggunakan nyala api yang bertekanan hasil dari campuran Gas Acetylene dan Gas Oksigen yang bersatu pada nozzle gas cutting.

Sedangkan Arrestor atau Safety valve merupakan salah satu komponen penting pada gas cutting unit yang mempunyai fungsi sebagai :
  • Untuk mencegah adanya tekanan atau pressure gas acetylene atau gas oksigen balik ke arah tabung gas cutting yang di sebabkan karena adanya lubang mampet pada nozzle atau hal lainnya.
  • Untuk mencegah adanya kebocoran tekanan gas cutting yang masuk ke tabung gas cutting yang bisa bereffect peledakan atau kebakaran.
Dengan menggunakan Arrestor atau safety valve pada saluran gas acetylene dan saluran gas oksigen merupakan salah satu langkah keselamatan untuk menghindari adanya potensi bahaya peledakan pada tabung gas cutting yang bisa bereffect fatal yaitu terjadi kebakaran.

Pada Gas Cutting Unit terdapat saluran gas acetylene dan saluran gas oksigen yang masing - masing saluran mempunyai unit sendiri - sendiri sehingga begitu juga dengan Arrestor, maka setiap saluran mempunyai Arrestor sendiri - sendiri yaitu Arrestor pada saluran gas acetylene dan Arrestor pada saluran gas oksigen.

Baca juga selengkapnya tentang Apakah itu Gas Cutting dan Bagian - Bagiannya.

Cara Memasang Arrestor Gas Cutting.


Pemasangan Arrestor atau safety valve pada Regulator Unit Gas Cutting.

Pada Body Arrestor unit terdapat tanda panah yang merupakan tanda arah jalur gas sehingga usahakan pada saat melakukan pemasangan arrestor unit tidak terbalik arah yang akan menyebabkan tidak berfungsinya arrestor dan mengakibatkan terjadi abnormal proses kerja gas cutting.

Sedangkan Arrestor atau safety valve unit tersebut di pasang pada Regulator unit gas cutting pada posisi antara Regulator dengan Selang Rubber Gas Cutting, sehingga jika terjadi arus balik tekanan gas maka gas tersebut tidak akan masuk ke ruang tabung gas cutting baik untuk gas acetylene maupun gas oksigen.

Hal - hal yang harus di perhatikan pada saat memasang Arrestor atau safety valve pada gas cutting unit adalah sebagai berikut ;
  • Pada saat memasang arrestor atau safety valve, pastikan kondisi valve utama pada  tabung gas cutting tertutup rapat baik pada saat memasang arrestor untuk gas acetylene maupun untuk pemasangan arrestor gas oksigen.
  • Sebelum arrestor di pasang, Perhatikan arah panah yang terdapat pada body arrestor pada saat pemasangan agar tidak terjadi pemasangan yang terbalik.
  • Pastikan benar - benar kencang pada saat pemasangan arrestor.
  • Gunakan sarung tangan dan kunci yang sesuai pada saat memasang arrestor atau safety valve gas cutting.
  • Kemudian setelah pemasangan arrestor, lakukan check kebocoran dengan cara buka valve utama pada tabung gas cutting, kemudian dengarkan di sekitar area arrestor apakah ada suara berdesis atau tidak.
  • Selain dengan mendengarkan suara berdesis pada saat mengecheck kebocoran, bisa di lakukan juga dengan mencium bau gasnya. 
Berikut contoh pemasangan Arrestor pada Regulator Gas Acetylene .













Dan berikut adalah contoh pemasangan arrestor atau safey valve pada Regulator Unit Gas Oksigen.














Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi Arrestor atau safety valve pada gas acetylene dan gas oksigen.

2 comments:

  1. PT Deltapuro Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor dan penyedia peralatan pengolahan air bersih dan pengolahan air minum untuk berbagai kebutuhan, baik untuk komersil maupun untuk industri

    ReplyDelete
  2. PT DELTA PURO INDONESIA adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor dan penyedia peralatan pengolahan air bersih dan pengolahan air minum untuk berbagai kebutuhan, baik untuk komersil maupun untuk industri

    ReplyDelete