Breaking News

MACAM MACAM TROLLEY DAN FUNGSINYA DI PABRIK INDUSTRI


Apakah yang di sebut dengan trolley ?

Trolley adalah sejenis alat angkut yang cara pengoperasiannya di dorong atau di handling oleh pekerja atau operator secara manual di dalam pabrik industri ataupun instansi sejenisnya.

Trolley yang biasa di gunakan oleh para pekerja yang ada di pabrik industri memanglah banyak jenis dan macamnya.

Sehingga Trolley mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda - beda tergantung jenis pemakaiannya walaupun sama - sama merupakan sarana alat bantu pekerja.

Berikut Beberapa jenis trolley beserta fungsinya yang biasanya di gunakan di pabrik industri yaitu :

1) Trolley Tool Kit.

Trolley tool kit adalah trolley yang di gunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan macam - macam tool kit yang di gunakan sebagai alat bantu kerja.

Setiap pekerja di pabrik industri terutama yang berprofesi sebagai Tenaga Teknisi, pasti akan di lengkapi dengan sarana dan prasarana berupa tool kit.

Tool kit itu sendiri berisi berbagai macam jenis dan bentuk yang mempunyai fungsi beragam dan kombinasi, sehingga dengan banyaknya jenis tool kit tersebut di gunakanlah yang namanya Trolley tool kit.

Sedangkan trolley tool kit itu sendiri bisa di gunakan kemana saja sesuai kebutuhan pekerja sebagai media menyimpan tool kit pada saat melakukan perbaikan mesin produksi.

2) Trolley Shut Down.

Shut Down adalah jenis kegiatan aktifitas kerja yang di lakukan oleh Teknisi Engineering dari gabungan beberapa Teknisi untuk melakukan perbaikan terhadap mesin produksi dengan schedule stop mesin yang sudah di rencanakan sebelumnya.

Adapun Fungsi Trolley shut down adalah sebagai berikut :
  • Sebagai media penempatan Form - form yang berhubungan dengan aktifitas shut down seperti Item Pekerjaan shut down, Form Ijin Api, Form Ijin Kerja, Form Ijin Ketinggian, Form Duga bahaya.
  • Sebagai media penempelan bendera shut down yang berarti bahwa mesin yang bersangkutan dalam kondisi stop karena sedang ada pekerjaan shut down.
  • Sebagai sarana untuk membawa sedikit peralatan shut down seperti chain block, baut dan nut, seling chain block dan lain sebagainya.
  • Sebagai sarana untuk mengangkut part - part mesin yang sudah di ganti pada waktu shut down.
  • Sebagai sarana untuk mengangkat sampah - sampah dari aktifitas shut down yang nantinya akan di centralkan di tempat sampah umum.

3) Trolley Barang.

Di dalam pabrik industri banyak aktifitas produksi yang menggunakan alat bantu trolley karena memang di setiap pabrik industri banyak sekali aktifitas angkat dan angkut barang atau benda kerja yang masih di kerjakan oleh tenaga manusia.

Salah satu alat angkat dan angkut untuk benda kerja atau material yang berukuran kecil dan ringan biasanya di handling oleh operator dengan menggunakan trolley barang, sehingga kondisi material atau barang tersebut akan cenderung aman dan tidak mudah rusak.

Adapun fungsi secara umum dari troley barang adalah sebagai berikut :
  • Untuk mentransfer barang yang berukuran kecil dan ringan dari tempat satu  ke tempat lainnya.
  • Untuk mengangkat barang atau komponen mesin yang akan di pasang di mesin.
  • Sebagai alat bantu untuk mengirim spare part komponen mesin ke sparepart room.
  • Untuk mengangkat dan mengangkut alat - alat inventory perusahaan.
  • Untuk mengangkat barang - barang konsumsi seperti air minum dan makanan.
  • Dan lain sebagainya.

4) Trolley Material.

Trolley material merupakan trolley khusus untuk mengangkat material atau hasil produk di dalam pabrik industri dan tidak di gunakan untuk kepentingan yang lainnya.

Adapun contoh fungsi trolley Material adalah sebagai berikut :
  • Untuk mengangkat sample hasil produk dari produksi ke laboratorium room.
  • Untuk mengangkat dan mengangkut hasil produk dan material yang akan di kirimke next proses.
  • Untuk mentransfer material dari produksi yang satu ke produksi yang berikutnya.
  • Dan lain sebagainya.
Demikian sedikit ulasan tentang Macam - macam Trolley dan Fungsinya di Pabrik Industri.


No comments