Breaking News

PENYEBAB BELT CONVEYOR OUT CENTRE DAN PENANGANANNYA


Pernah nggak jika kita melihat kondisi belt conveyor out centre pada saat running..?

Bagi seorang teknisi di pabrik industri yang menggunakan belt conveyor pasti akan pernah mengalami dan melihat adanya belt conveyor yang out centre pada saat running.

Sedangkan maksud dari belt conveyor out centre adalah bahwa putaran belt conveyor tidak pada posisi centre atau tidak pada posisi di tengah pada bracket belt conveyor atau roll penggerak.

Sedangkan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mengapa belt conveyor tersebut bisa out centre adalah sebagai berikut :

1) Tension Belt Conveyor Tidak Sama Antara Kanan dan Kiri.

Belt conveyor bisa berputar karena mempunyai tension yang memadai yaitu mencekamnya belt conveyor pada roll penggerak. Namun belt conveyor akan out centre pada saat berputar karena mempunyai tension belt conveyor yang tidak sama antara tension kanan dan tension kiri.

Cara mengetahui bahwa tension kanan dan tension kiri dari belt conveyor tidak sama adalah dengan cara di lakukan check visual kekencangan belt conveyor antara kanan dan kiri atau juga bisa di lakukan dengan cara di pegang dengan tangan untuk membedakan perbedaan kekencangan tension.

Jika menemukan tension yang tidak sama pada belt conveyor akan menyebabkan out centre sehingga perlu penanganan untuk setting atau adjust tension dengan cara kencangkan atau kendorkan baut adjuster belt conveyor sambil running sampai kondisi belt conveyor benar - benar pada posisi di tengah atau centre.

2) Terkstur Belt Conveyor Tidak Sama Antara Kanan dan Kiri.

Tekstur belt conveyor bisa mempengaruhi kekencangan tension sehingga akan menentukan centre dan tidaknya belt conveyor pada saat running.

Dengan kondisi tekstur yang tidak sama antara kanan dan kiri pada belt conveyor secara otomatis akan terjadi perbedaan kekencangan tarik dari tension belt conveyor itu sendiri, sehingga dengan adanya tension yang berbeda tersebut akan menyebabkan belt conveyor out centre.

Sedangkan penanganannya apabila ada belt conveyor tersebut mempunyai tekstur yang sudah tidak sama antara kanan dan kiri adalah lakukan pengantian belt conveyor dengan yang baru.

Adapun salah satu penyebab terjadinya tekstur yang tidak sama antara kanan dan kiri pada belt conveyor adalah karena terjadinya gesekan salah satu sisi belt conveyor dengan plat guide, sehingga akibat gesekan tersebut akan merusak tekstur belt conveyor.

3) Ada Material yang Mengganjal pada Salah Satu Sisi Roll Penggerak.

Penyebab belt conveyor out centre berikutnya adalah karena ada material produk yang mengganjal pada salah satu sisi roll penggerak sehingga akan menimbulkan adanya perbedaan tension belt conveyor antara kiri dan kanan.

Ada beberapa faktor material atau hasil produk yang bisa mengganjal pada roll penggerak atau roll lainnya pada belt conveyor adalah sebagai berikut :
  • Apabila ada abnormal proses pada area belt conveyor yang bisa di sebabkan karena abnormal kerja mesin produksi, abnormal handling dari member produksi, abnormal dari kondisi hasil produk.
  • Bisa di sebabkan karena tekstur atau bentuk dari material produk itu sendiri.

4) Ada Pillow Block atau Bearing Unit yang Rusak di Salah Satu Sisi Roll Penggerak.

Dengan kondisi yang tak seimbang antara kanan dan kiri dari roll penggerak yang di sebabkan karena salah satu pillow block roll penggerak maka akan menyebabkan posisi roll penggerak menjadi miring sebelah.
Dari effect miring sebelah tersebutlah yang akan menyebabkan belt conveyor out centre atau lari ke arah sebelah.

Sedangkan untuk penanganannya adalah  lepas dan ganti pillow block yang rusak tersebut dengan pillow block yang baru. Sebagai preventive untuk mencegah supaya tidak terjadi kembali pillow block yang sering rusak, maka di butuhkan untuk selalu check kondisi pillow block dan melakukan grease up agar pelumasan pada pillow block terjaga.

Demikian sedikit ulasan tentang Penyebab Belt Conveyor Out Centre dan Penanganannya.

No comments