Breaking News

FUNGSI OIL COOLER ATAU PENDINGIN OLI DAN BAGIAN BAGIANNYA

Oil Cooler merupakan salah satu komponen atau onderdill mesin yang mempunyai fungsi untuk mendinginkan oli yang panas karena oli tersebut bersirkulasi di dalam sistem lubrikasi atau pelumasan untuk melumasi benda kerja yang berputar atau bergerak.  

Oil cooler di rakit pada sebuah instalasi pipping yang terhubung ke tanki oli melalui pipa - pipa instalasi. 

Adapun oil cooler ini melibatkan 2 unsur cairan yaitu 
  • Oli sebagai media pokok yang bersirkulasi secara kontinue keluar dan masuk ke area oil cooler untuk di dinginkan, karena oli tersebut mempunyai temperatur yang cukup panas setelah bersirkulasi melumasi benda kerja yang sedang berputar atau bergerak.
  • Air yang berfungsi sebagai media pendingin yang juga bersirkulasi keluar dan masuk ke area oil cooler untuk menyerap panas yang di bawa oleh oli untuk di buang ke area drain bersama sirkulasi air.
Adapun cara kerja oil cooler adalah sebagai berikut :
  • Di dalam oil cooler ada 2 ruang yang berbeda yaitu satu ruang sebagai tempat media sirkulasi oli dan satu ruang lagi berupa sirip atau tubing sebagai tempat bersirkulasinya air.
  • Sirkulasi antara oli dan air tidak akan bercampur menjadi satu di dalam oil cooler karena masing - masing media mempunnyai ruangan sendiri.
  • Oli dan air selalu bersirkulasi keluar masuk oil cooler sehingga dinginnya sifat air akan membawa sifat panas dari oli untuk di bawa menuju ke drain pembuangan. Dengan kondisi tersebut maka temperatur oli yang bersirkulasi menuju benda kerja akan menurun.
Sedangkan bagian - bagian dari oil cooler adalah sebagai berikut :

1) Tabung.

Tabung merupakan ruangan yang akan di isi oleh Tubing unit dan di sisa - sisa ruang yang ada merupakan ruangan bersirkulasinya oli.

Sedangkan tabung pada oil cooler tersebut mempunyai bagian - bagian seperti :
  • Lubang In Oil yang berfungsi sebagai lubang masuknya oli yang bersirkulasi untuk masuk ke ruangan tabung oil cooler.
  • Lubang Out yang berfungsi sebagai lubang keluarnya oli dari ruang tabung oil cooler.
  • Flange Tabung yang berfungsi sebagai dudukan baut pada flange penutup atau cover Tabung Oil Cooler.
  • Drain Plug yang berfungsi sebagai lubang drain atau buangan oli yang terdapat pada Tabung oli Cooler.
Oil yang bersirkulasi masuk ke ruang oil cooler melalui lubang In dengan kondisi yang sedikit panas dan setelah oli tersebut keluar dari ruang tabung oil cooler melalui Lubang Out, maka temperatur oli tersebut akan menurun atau menjadi lebih dingin.

2) Tubing atau Sirip Pendingin.

Unit Sirip pendingin biasanya terbuat dari susunan tubing -tubing berbahan stainless steel atau berbahan lainnya yang kuat terhadap korosi.

Banyaknya jumlah sirip tubing tergantung besarnya tabung oil cooler, sehingga semakin banyak sirip tubing maka semakin banyak juga konsumsi air yang akan bersirkulasi di dalam oil cooler tersebut.

Tabung atau sirip Pendingin tersebut akan di isi oleh sirkulasi air bersih yang mempunyai fungsi sebagai penyerap panas yang di bawa oleh sirkulasi oli untuk di bawa ke drain pembuangan sehingga oli yang akan masuk ke benda kerja akan dingin kembali sesuai standart.

Adapun bagian - bagian dari Tubing atau Sirip Pendingin adalah sebagai berikut :

  • Head atau Kepala Tubing unit yang berfungsi sebagai dudukan susunan tubing sekaligus sebagai flange pengikat tubing unit pada tabung Oil Cooler.
  • Pipa atau Tubing yang berfungsi sebagai sarana pokok untuk media sirkulasi keluar masuknya air pendingin.
  • Sparator atau logam penyekat yang berfungsi sebagai tulang penyekat pada tubing pendingin agar tubing atau sirip tidak bengkok.

3) Flange Cover Unit.

Flange cover merupakan penutup tabung oil cooler yang berfungsi untuk menutup unit oil cooler agar tidak terjadi kebocoran media baik kebocoran oli maupun kebocoran air pendingin.

Sedangkan bagian - bagian dari Flange Cover Unit tersebut adalah sebagai berikut :
  • Flange yang berfungsi sebagai media pengikat antar beberapa benda agar menjadi satu kesatuan unit benda.
  • Lubang In Air yang berfungsi sebagai pintu atau lubang sirkulasi air pendingin masuk ke area Tubing oil cooler.
  • Lubang Out yang berfungsi sebagai pintu atau lubang sirkulasi air pendingin keluar dari area Tubing oil cooler.
  • Gasket yang berfungsi sebagai isolator antar flange supaya tidak ada celah antar flange sehingga tidak ada kebocoran oli atau air di dalam flange tersebut.
  • O - Ring yang berfungsi sebagai penyekat antara flange dengan Tabung Oil Cooler agar tidak terjadi kontaminasi atau tercampurnya air pendingin dengan oli pelumas.
  • Baut yang berfungsi untuk mengikat antara flange cover dengan flangeTabung Oli Cooler sehingga tidak ada kebocoran sistem.
Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi Oil Cooler atau Pendingin Oli dan Bagian -Bagiannya.












No comments