Breaking News

Bagian Administrasi Kredit atau Bagian ADK Bank memiliki Tugas dan Tanggung Jawab


Salah satu tugas bagian Administrtasi Kredit atau ADK bank adalah melakukan pekerjaan prosedur pemberian kredit ritel, surat edaran dan lain sebagainya jika ada perubahan - perubahan tertentu.

Bank merupakan salah satu Instansi atau perusahan yang bergerak dibidang pelayanan jasa keuangan, sehingga bank tidak menutup kemungkinan akan selalu berhubungan dengan para nasabah yang memiliki kepentingan pada keuangan.

Bank itu sendiri tentunya memiliki struktur kepegawaian yang cukup lengkap sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan nasabah maupun bank agar tercipta sistem yang baik dan benar.

Di dalam struktur pegawai bank itu sendiri ada yang namanya posisi pegawai yang menjabat pekerjaan sebagai Administrasi Kredit yang tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup variatif.

Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi Kredit di Bank.

Sebagai pegawai bank yang memegang jabatan sebagai Administrasi Kredit memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut ;

  • Melakukan pekerjaan Prosedur Pemberian Kredit Bisnis Ritel, surat edaran dan lain sebagainya jika ada perubahan - perubahan.
  • Memastikan bahwa prosedure dan kebijakan dalam perkreditan didalam prosedure pemberian kredit bisnis ritel, surat edaran dan lain sebagainya bisa dilaksanakan dengan konsisten, efektif dan efisien.
  • Melakukan penafsiran dan melaksanakan kebijakan baik itu tentang kebijakan umum perkreditan, kebijakan prosedur pemberian kredit bisnis ritel dan surat edaran.
  • Memastikan bahwa pendelegasian wewenang pemutus kredit sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Menerima usulan Putusan Delegasi Wewenang Kredit atau PDWK dari kantor cabang atau kantor wilayah untuk disampaikan kepada petugas pemutus untuk mendapatkan putusan.
  • Menyiapkan data - data penting yang dibutuhkan oleh pimpinan cabang atau pimpinan wilayah secara periodik untuk memantau dan mengevaluasi kualitas penggunaan PDWK putusan kantor wilayah atau kantor cabang.
Pegawai bank yang menjabat profesi sebagai Administrasi Bank bidang Kredit ini memiliki pimpinan seorang Supervisor Administrasi Kredit yang dimana Divisi Administrasi Kredit ini dibawah kepemimpinan seorang Manager Operasional Bank.


Sehingga sebagai pegawai bank yang bekerja diposisi Administrasi Kredit ini akan selalu berkoordinasi dan komunikasi dengan atasanya yaitu Supervisor Administrasi Kredit.

Adapun sebagai Supervisor Administrasi Kredit tentunya memiliki kewajiban atau tugas dan tanggung jawab supervisor Administrasi Kredit adalah sebaga berikut :
  • Mengerjakan pengelolaan proses dan prosedur dibidang administrasi kredit yang ada dikantor cabang.
  • Melakukan pemantauan serta mengevaluasi adanya pelaksanaan Putusan Kredit Ritel atau PTK terutama tentang pemenuhan syarat - syarat kredit dan dokumentasi perkreditan.
  • Melakukan Informasi tentang kredit - kredit yang akan jatuh tempo minimal 3 bulan yang akan datang kepada para nasabah.
  • Membatasi pencairan kredit sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh bagian PTK atau Putusan Kredit Ritel.
  • Meminta dan menerima bukti asli kepemilikan dari para nasabah sesuai dengan yang dipersyaratkan tersebut.
  • Membuat administrasi Percetakan Warkat dan Dokumen Kliring atu PWDK untuk pejabat dikantor Cabang.

Macam - Macam Bagian Administrasi Kredit.


Bagian Administrasi yang ada didalam bank biasanya memiliki beberapa macam yang tugas dan pekerjaannya masing - masing, namun tetap merupakan bawahan dari Supervisor Administrasi Kredit.

Adapun macam - macam bagian Administrasi Kredit tersebut dibagi menjadi sebagai berikut :

1. Administrasi Kredit Commercial atau ADK Commercial.

Adapun tugas dan tanggung jawab bagian Administrasi Kredit Commercial adalah sebagai berikut :
  • Melakukan penerimaan dan pencatatan pada setiap permohonan kredit yang sesuai dengan pasar sasaran, kriteria resiko yang dapat diterima guna menjamin pinjaman yang sehat, menghasilkan dan menguntungkan.
  • Menyiapkan dokumen pendukung yang dibutuhan untuk membuat perjanjian kredit notariil dalam hal untuk mengamankan kepentingan pihak bank.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen kredit yang akan dicairkan dalam rangka kelancaran pelayanan nasabah dan menjaga kepentingan pihak bank.
  • Mengisi dan menyiapkan formulir pengawasan administrasi kredit atas setiap permintaan kredit dalam jangka monitor penyelesaian pemberian kredit oleh pejabat kredit tersebut.
  • Menyiapkan perjanjian kredit dibawah tangan untuk mengamankan kepentingan bank.
2. Administrasi Kredit Customer atau ADK Customer.

Adapun tugas dan tanggung jawab Administrasi Kredit Customer atau ADK Customer adalah sebagai berikut :
  • Melakukan persiapan atau menyiapkan perjanjian kredit untuk mengamankan kepentingan pihak bank.
  • Memelihara dan mengerjakan berkas satu pinjaman dengan tertib atau aman serta sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku dalam rangka mengamankan kepentingan pihak bank.
  • Menyiapkan daftar penagihan dan melakukan kegiatan administrasi lainnya yang berkaitan dengan kredit guna menjamin pendapatan kantor cabang.
  • Melakukan pengecheckan perlengkapan dan keabsahan dokumen kredit yang telah dicairkan dalam rangka kelancaran pelayanan nasabah dan menjaga kepentingan bank.

Struktur Administrasi Kredit di Bank.


Pegawai bank yang menjabat sebagai Administrasi Kredit tentunya turut serta didalam struktur dalam perbankan.

Administrasi kredit ini berada dibawah kepemimpinan Supervisor Administrasi Kredit, dan Supervisor Administrasi Kredit ini berkoordinasi dengan pimpinan Divisi Operasional yaitu Manager operasional melalui Assisten Manager Pelayanan Bisnis.

Di bawah Supervisor Administrasi Kredit terdapat pejabat yang bekerja di bagian Administrasi Kredit Commercial dan Administrasi Kredit Customer.

Team - team ini akan bekerja sama saling berkoordinasi dan komunikasi agar target didalam divisi operasional bank tercapai sesuai dengan harapan dan ketentuan yang sudah ditetapkan bersama.

Urutan Jabatan Pegawai Bank beserta Gaji. 

Jabatan merupakan salah satu kedudukan yang sangat penting diberbagai Instansi atau Perusahaan termasuk bank, karena dengan jabatan akan lebih memudahkan untuk menjalankan roda tugas dan tanggung jawab para pegawai bank itu sendiri.

Berikut secara garis besar urutan Jabatan Pegawai Bank beserta Besaran Gaji setiap bulannya adalah :

1. Jabatan Posisi Internship memiliki besaran Gaji sekitar Rp 2.000.000,-

2. Jabatan posisi Representative memiliki besaran Gaji sekitar Rp 2.500.000,-

3. Jabatan posisi Business Analyst memiliki besaran Gaji sekitar Rp 2.700.000,-

4. Jabatan posisi Customer Service memiliki besaran Gaji sekitar Rp 3.600.000,-

5. Jabatan posisi Frontliner memiliki besaran Gaji sekitar Rp 3.700.000,-

6. Jabatan posisi Back office Fresh Graduate memiliki besaran Gaji sekitar Rp 4.000.000,-

7. Jabatan posisi Frontliner Fresh Graduate memiliki besaran Gaji sekitar Rp 4.200.000,-

8. Jabatan posisi Administrasi WareHouse memiliki besaran Gaji sekitar Rp 4.300.000,-

9. Jabatan posisi Call Centre Service memiliki besaran Gaji sekitar Rp 4.500.000,-

10. Jabatan posisi Office Development Program memiliki besaran Gaji sekitar Rp 5.100.000,-

11. Jabatan posisi Management Trainee IT memiliki besaran Gaji sekitar Rp 5.300.000,-

12. Jabatan posisi Staff Marketing memiliki besaran Gaji sekitar Rp 5.700.000,-

13. Jabatan posisi Relationship Staff  memiliki besaran Gaji sekitar Rp 5.800.000,-

14. Jabatan posisi Web Developer memiliki besaran Gaji sekitar Rp 6.000.000,-

15. Jabatan posisi Administratif memiliki besaran Gaji sekitar Rp 6.000.000,-

16. Jabatan posisi Teller Bank memiliki besaran Gaji sekitar Rp 6.200.000,-

17. Jabatan posisi Customer Service Officer memiliki besaran Gaji sekitar Rp 6.300.000,-

18. Jabatan posisi Accounting Staff memiliki besaran Gaji sekitar Rp 6.500.000,-

19. Jabatan posisi Credit Analyst memiliki besaran Gaji sekitar Rp 7.600.000,-

20. Jabatan posisi Manager Credits Analyst memiliki besaran Gaji sekitar Rp 8.000.000,-

21. Jabatan posisi First Senior Manager memiliki besaran Gaji sekitar Rp 10.500.000,-

22. Jabatan posisi Analyst & HR Related memiliki besaran Gaji sekitar Rp 11.400.000,-

23. Jabatan posisi Oracle Program memiliki besaran Gaji sekitar Rp 11.500.000,-

24. Jabatan posisi Team Leader memiliki besaran Gaji sekitar Rp 12.000.000,-

25. Jabatan posisi Sales Officer memiliki besaran Gaji sekitar Rp 14.000.000,-

26. Jabatan posisi Assistent Manager memiliki besaran Gaji sekitar Rp 16.500.000,-

27. Jabatan posisi Compliance Senior Manager memiliki besaran Gaji sekitar Rp 19.400.000,-

28. Jabatan posisi Branch Manager memiliki besaran Gaji sekitar Rp 19.500.000,-

29. Jabatan posisi Assistent Vice President memiliki besaran Gaji sekitar Rp23.900.000,-

30. Jabatan posisi Vice President memiliki besaran Gaji sekitar Rp 32.500.000,-

31. Jabatan posisi Vice President Human Capital Group memiliki besaran Gaji sekitar Rp 37.500.000,-

32. Jabatan posisi Executive memiliki besaran Gaji sekitar Rp 47.000.000,-

33. Jabatan posisi Direktur memiliki besaran Gaji sekitar Rp 47.500.000,-

34. Jabatan posisi Senior Vice President memiliki besaran Gaji sekitar Rp 100.300.000,-

35. Jabatan posisi Managing Directur memiliki besaran Gaji sekitar Rp 112.500.000,-

Baca Juga :

Demikian sedikit ulasan tentang Bagian Administrasi Kredit atau ADK Bank beserta tugas dan tanggung jawabnya.

No comments