PENGERTIAN ISO 9001 ADALAH
Apakah Pengertian dari ISO 9001 ?
ISO 9001 meruapakan standard internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem managemen Mutu yang diterapkan di sebuah Organisasi, Instansi, Perusahaan, Pabrik Industri, dll.
Sedangkan ISO 9001 merupakan standard International yang di keluarkan Oleh badan ISO ( The International Organization For Standardization ).
ISO 9001 cenderung merupakan pedoman untuk perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi dari ISO 9001 tersebut.
Berikut beberapa contoh pedoman untuk perusahaan atau instansi pabrik industri agar bisa mendapatkan Serifikasi ISO 9001 adalah :
- Perusahaan harus mengerti dan mengetahui adanya informasi secara internal maupun eksternal sebagai masukan yang positif untuk membangun sistem manajemen Mutu.
- Sebagai Perusahaan harus menetapkan konsumen atau pelanggan sebagai salah satu konsumen yang bisa menggambarkan tentang mutu perusahaan.
- Setiap Perusahaan harus menetapkan dan membuat kebijakan dan sasaran mutu masing - masing.
- Setiap perusahaan harus mempunyai sasaran mutu melalui program kerja.
- Setiap perusahaan harus memahami dan mengerti keinginan dari Team internal maupun eksternal atau stakeholder sebagai masukan untuk membangun sistem manajemen Mutu.
- Setiap perusahaan harus mengenali resiko dan adanya peluang yang dapat mempengaruhi Operasional dan pencapaian tujuan perusahaan.
- Kebijakan Mutu yang sudah di buat merupakan pedoman untuk menyusun sistem dan operasional bisnis perusahaan tersebut.
- Sebagai perusahaan harus lebih memahami keinginan konsumen dan memastikan kesepakatan dengan konsumen bisa terpenuhi.
- Perusahaan harus memiliki sistem utnuk mengatur pekerjaan sehingga perusahaan dapat melayani konsumen pada saat mengirim hasil produk sesuai jadwa yang sudah di sepakati dan tepat waktu.
- Perusahaan harus bisa memastikan bahwa sumber daya manusia di dalam perusahaan tersebut sudah mempunyai kompetensi yang sesuai.
- Perusahaan harus bisa memastikan bahwa produk yang di hasilkannya serta pelayanan terhadap konsumen dapat memenuhi persyaratan dari konsumen dan peraturan yang sesuai.
- Perusahana harus menetapkan cara dan metode pembelanjaan untuk mendapatkan bahan yang baik dan mengontrol terhadap bahan produksinya serta memastikan bahwa bahan produksinya tersebut benar - benar berkualitas baik.
- Setiap perusahaan harus menyediakan Insfrastruktur yang memadai serta mampu menjaga infrastruktur tersebut agar selalu dalam kondisi baik.
- Setiap Perusahaan harus menetapkan lingkungan kerja yang baik sesuai kebutuhan untuk menghasilkan produk serta pelayanan yang berkualitas baik pula.
- Setiap perusahan harus mempunyai metode kerja yang baik, sebagai dasar kerja atau basic rule agar bisa menghindari kesalahan pada saat bekerja.
- Perusahaan harus mempunyai alat ukur sebagai alat untuk memastikan bahwa hasil produk sesuai dengan stadard dan kondisi alat ukur tersebut dalam kondisi baik dengan melalui pengecheckan atau kalibrasi alat ukur.
- Perusahan mempunyai sistem pengontrolan untuk memastikan hasil produk atau pelayanan telah sesuai dan memenuhi standard peraturan terkait produk dan persyaratan konsumen sebelum produk tersebut terkirim ke konsumen.
- ISO 9001 Memastikan Setiap perusahaan harus bisa menganalisa adanya masalah melalui sistem analisa penyebab, kemudian melakukan perbaikan terhadap akar penyebab masalah tersebut agar masalah tersebut tidak terulang kembali.
- ISO 9001 memastikan bahwa setiap perusahaan harus memeriksa apakah sistem mutu yang sudah di tetapkan bersama sudah di jalankan dengan baik atau tidak dengan melalui Audit Internal perusahaan tersebut.
- Setiap perusahaan harus mampu mengendalikan standard yang sudah di tetapkan bersama.
- Setiap perusahaan yang ingin sertifikasi ISO 9001 harus mampu mengendalikan dan menyimpan report kegiatan atau aktifitas, sehingga sewaktu - waktu report atau record tersebut dibutuhkan dapat diakses kembali.
- Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001 setiap perusahaan harus memiliki prosedur kerja yang bisa meningkatkan kinerja operasional pengembangan.
- Setiap perusahaan harus mengetahui tingkat kepuasan dari para konsumen terhadap hasil produk beserta pelayanan perusahaan terhadap konsumen.
- Untuk mendapatkan ISO 9001 setiap perusahaan harus selalu melakukan pengecheckan secara berkala tentang pencapaian kinerja apakah sesuai dengan sistem mutu dan efektifitas sistem manajemen tentang mutu perusahaan tersebut.
Hal - hal tersebut bisa di buat acuan oleh setip perusahaan di dalam melaksanakan dan mengembangkan sistem managemen perusahaan untuk menuju sistem managemen mutu yang baik dan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001.
Pada dasarnya ISO 9001 tidak membatasi cara setiap perusahaan untuk mengembangkan kreatifitas dan standard cara, namun ISO 9001 hanya memberikan pedoman karakteristik sistem manajemen mutu yang baik kepada masing - masing perusahaan.
Namun ada beberapa persyaratan dari ISO 9001 penting utnuk perusahaan, dan persyaratan tersebut di serahkan kembali ke perusahaan masing - masing tergantung dari jenis perusahan tersebut.
Persyaratan tersebut seperti contoh :
- ISO 9001 Mewajibkan kepada setiap perusahaan untuk memiliki standard atau prosedur kerja sebagai acuan untuk bekerja para pekerjanya, agar terhindar dari kesalahan kerja dari para pekerja masing - masing perusahaan.
- ISO 9001 mewajibkan kepada setiap perusahaan untuk memiliki kebijakan dan sasaran mutu di dalam operasionalnya.
- ISO 9001 Mewajibkan kepada setiap perusahaan untuk memiliki Sumber daya yang baik, seperti sumber daya manusia atau SDM yang baik beserta mempunyai Infrastruktur yang baik pula.
Secara tidak langsung, setiap perusahaan yang mendapatkan Sertifikasi ISO mempunyai beberapa keuntungan di antaranya adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan efisiensi pekerjaan.
- Meningkatkan kinerja di lingkungan perusahaan.
- Meningkatkan daya saing terhadap perusahaan yang lainnya.
- Mencerminkan kualitas dan mutu perusahaan yang di akui secara international.
- Meningkatkan citra perusahaan dan menjaga nama baik perusahaan.
- Merupakan modal untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
- Meningkatkan komunikasi secara internal dan eksternal dengan pihak - pihak yang berkepentingan.
- Perusahaan mendapatkan sertifikat atau sertifikasi pengakuan secara Internasional.
- Meningkatkan kepercayaan dari para konsumen serta para pemegang saham.
Demikian sedikit ulasan tentang Pengertian ISO 9001 semoga bermanfaat...
Thanks for sharing this great content. It is really informative and useful.
ReplyDeleteiso terbaru