Breaking News

MACAM MACAM BENTUK EMERGENCY STOP MESIN DI PABRIK INDUSTRI


Apakah yang di maksud dengan Emergency Stop Mesin di Pabrik Industri ?

Emergency Stop Mesin merupakan equipment mesin yang di rancang sebagai alat perlengkapan safety yang bertujuan untuk mematikan mesin secara darurat pada saat kondisi mesin running atau untuk mematikan mesin agar tidak bisa running pada saat ada perbaikan mesin.

Equipment Emergency Stop Mesin atau safety device itu sendiri harus di tempatkan pada posisi - posisi yang strategis atau di area yang mudah di jangkau oleh semua pekerja atau operator mesin itu sendiri.

Adapun yang termasuk macam - macam Bentuk Emergency Stop yang biasa di gunakan di Pabrik Industri adalah sebagai berikut :

1) EMERGENCY STOP MESIN BERBENTUK PUSH BUTTON.

Emergency Stop berbentuk push button ini berupa tombol yang mempunyai kepala berwarna merah yang cara kerjanya adalah hanya dengan di tekan kepala push button tersebut, maka secara otomatis mesin akan berhenti atau stop.

Dan tentunya di bawah kepala push button tersebut sudah terangkai berupa rangkaian kabel yang terhubung ke program yang di buat oleh para Teknisi Elektrik yang di saat push button tersebut di tekan maka secara langsung mesin akan stop atau berhenti dengan sendirinya.

Push Button ini biasanya di tempatkan pada panel - panel utama untuk mengoperasikan mesin atau juga bisa di pasang pada sudut -sudut mesin yang biasa di lalui operator mesin.

Ada beberapa bentuk atau model push button yang di gunakan oleh pabrik Industri dan tentunya itu berdasarkan kebutuhan dari pabrik tersebut yaitu :
  • Ada model push button dengan cara kepala push buttonya cukup di putar pada saat menormal kondisikan.
  • Dan ada model yang dengan cara di tarik kepala push buttonnya pada saat di normal kondisikan.
Jadi Pada dasarnya push button pada saat di tekan akan berfungsi mematikan mesin dan pada saat di tarik kepala push buttonnya akan mengembalikan posisi normal.

2) EMERGENCY STOP MESIN BERBENTUK SAFETY WIRE.

Emergency Stop Berbentuk Safety Wire merupakan Model Emergency Stop yang terbuat dari rangkaian seling wire dan Limit Switch, Kemudian Limit Switch tersebut akan di teruskan dengan berupa rangkaian kabel dan program untuk stop mesin.

Sedangkan cara kerja Emergency Stop Mesin berbentuk Safety Wire tersebut adalah pada saat Safety Wire di sentuh atau di tarik oleh operator maka safety wire akan menarik kepala tuas limit switch kemudian limit switch tersebut akan menghubungkan ke program stop mesin.

Jika akan mengembalikan ke dalam posisi normal, maka kepala tuas limit switch tersebut harus di kembalikan secara manual dengan tangan operator.

Emergency stop berbentuk Safety Wire ini bisa mempunyai jangkauan yang lebih luas dari pada Push Button, karena Safety wire ini bisa di Instalasi sepanjang wire sesuai kebutuhan.

3) EMERGENCY STOP MESIN BERBENTUK SENSOR.

Emergency Stop Mesin Berbentuk Sensor ini merupakan rangkaian Emergency Stop dari gabungan dua sensor yang cara kerjanya adalah apabila di antara celah dua sensor tersebut terhalang oleh benda atau tertutup oleh benda maka secara otomatis mesin akan stop dengan sendirinya.

Emergency Stop Berbentuk Sensor ini juga mempunyai jangkauan yang cukup panjang atau luas sehingga lebih memudahkan operator untuk membuat mesin stop secara tiba - tiba, karena hanya membutuhkan operator menutup celah antara sensor saja maka mesin akan stop dengan sendirinya.

Adapun cara memasang Emergency Stop berbentuk Sensor ini adalah dengan cara antar muka sensor saling berhadapan sampai kondisi mata sensor benar - benar centre dan lurus sehingga jika jarak tatapan antar sensor tersebut terhalang atau tertutup benda asing maka sensor akan bekerja untuk mematikan mesin.

Dengan kata lain apabila area tatapan antar sensor tersebut di lalui atau tertutup oleh operator maka sensor tersebut akan bekerja untuk mematikan mesin melalui program Elektrik.

4) EMERGENCY STOP MESIN BERBENTUK KICK PLATE.

Emergency Stop Mesin berbentuk Kick Plate merupakan Emergency Stop Gabungan antara plate dan Limit Switch.

Adapun cara kerjanya adalah apabila kick plate terdorong oleh operator maka plate tersebut akan mendorong Limit Switch dan limit swicth tersebut akan mematikan mesin melalui kabel Instalasi ke program stop mesin.

Pembuatan ukuran Kick Plate ini tergantung kebutuhan di mesin produksi karena pemasangan kick plate ini biasanya di bawah sehingga cara mematikan mesin melalui kick plate ini adalah dengan menggunakan kaki atau di tendang oleh operator.

Apabila kick plate sudah di tendang oleh operator maka secara otomatis limit switch akan berubah posisi sehingga untuk mengembalikan ke posisi normal, maka limit switch harus di kembalikan ke semula dengan tangan operator.

5) EMERGENCY STOP MESIN BERBENTUK PINTU SAFETY.

Emergency Stop Berbentuk Pintu Safety ini mempunyai tujuan untuk menutupi area mesin agar tidak ada pekerja yang masuk ke area tersebut pada saat kondisi mesin sedang running karena berbahaya.

Adapun gabungan Emergency Stop Berbentuk Pintu Safety ini adalah menggunakan pintu masuk area mesin dengan di tempelkan limit switch emergency, sehingga di saat pintu masuk tersebut di buka maka dengan otomatis pintu akan mendorong limit switch dan limit switch tersebut akan mematikan mesin yang sedang running.

Emergency Stop model pintu ini biasanya di pasang pada area -area mesin yang tidak boleh di masuki oleh operator atau pekerja yang lain pada saat mesin produksi running karena di dalam area mesin tersebut mempunyai potensi bahaya yang sanga tinggi.

Demikian sedikit ulasan tentang Macam -Macam Bentuk Emergency Stop Mesin di Pabrik Industri.






No comments