Breaking News

APAKAH ITU SAFETY WIRE DAN FUNGSINYA DI PABRIK INDUSTRI


Apakah itu yang di sebut dengan safety wire dan Fungsinya di dunia pabrik Industri ?

Pengertian safety wire di pabrik Industri adalah salah satu perlengkapan alat safety yang di gunakan sebagai media emergency stop mesin dan berfungsi untuk mematikan mesin secara darurat pada saat running.

Adapun tujuan dan fungsi di pasangnya sebuah safety wire sebagai alat Emergency stop atau alat untuk mematikan mesin pada saat running adalah sebagai berikut :

  • Untuk mematikan mesin produksi secara darurat pada saat terjadi kecelakaan kerja yang menimpa pekerja di area mesin tersebut.
  • Untuk mematikan mesin produksi secara tiba - tiba atau darurat pada saat terjadi abnormal proses produksi.
  • Untuk mematikan mesin produksi secara darurat pada saat terjadi trouble mesin yang bisa membahayakan kondisi mesin itu sendiri.
  • Sebagai alat safety untuk pekerja agar kondisi mesin mati di saat kondisi darurat sesuai kebutuhan pekerja atau operator mesin.
  • Sebagai equipment safety agar mesin tidak bisa running di saat ada operator atau pekerja yang sedang melakukan perbaikan di mesin tersebut.
  • Untuk mematikan mesin pada saat operator atau pekerja akan melakukan perbaikan pada mesin sehingga operator terhindar dari segala potensi bahaya yang bisa terjadi. 
Safety wire merupakan serangkaian peralatan safety yang terdiri dari kawat seling atau wire, Limit Switch dan beberapa Instalasi kabel yang terhubung ke program mesin stop.

1) Seling Wire.

Seling Wire merupakan media yang di gunakan sebagai alat yang akan di sentuh oleh operator mesin produksi atau pekerja pada saat mematikan mesin produksi.

Seling wire bisa di pasang sepanjang area sesuai kebutuhan di mesin produksi dan di tempatkan di posisi yang strategis atau mudah di jangkau oleh tangan operator mesin produksi.

Adapun cara kerja seling wire atau tali kawat tersebut adalah sebagai berikut :
  • Pada saat operator atau pekerja akan mematikan mesin pada saat mendadak atau tidak, maka operator atau pekerja tersebut hanya perlu menarik wire atau seling tersebut. Maka seling tersebut akan menarik limit switch sehingga mesin produksi dengan sendirinya akan off.
  • Jika akan mengembalikan posisi normal kembali, maka posisi kepala limit switch harus di kembalikan ke posisi semula oleh operator produksi.
Ukuran diameter seling wire atau seling kawat biasanya berdiameter 5 atau 6 mm sehingga handling dan Instalasinya lebih mudah.

Dan sepanjang seling wire tersebut di pasang atau di tempelkan potongan - potongan plastik police line dengan tujuan agar seling wire tersebut lebih nampak oleh penglihatan operator mesin.

2) Limit Switch.

Limit Switch pada Instalasi Safety Wire ini berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik pada mesin produksi.

Adapun pemasangan limit switch di pasang pada sebuah dudukan yang kuat supaya limit switch tidak mudah lepas pada saat seling wire di tarik oleh operator mesin.

Sedangkan cara kerja Limit Switch di sini adalah sebagai berikut :
  • Di saat seling wire di tarik oleh operator mesin produksi atau pekerja, maka seling tersebut akan menarik kepala limit switch karena seling di pasang dengan mengikat pada lubang kepala limit switch.
  • Dengan ke tariknya kepala limit switch oleh seling wire, maka secara otomatis limit switch tersebut akan memutus arus listrik sehingga membuat mesin produksi stop.
  • Jika akan membuat arus listrik tersebut terhubung kembali, maka kepala limit switch yang ke tarik oleh seling wire tersebut harus di kembalikan posisinya oleh operator mesin.

3) Instalasi Kabel.

Instalasi Kabel pada sistem Safety Wire ini adalah berupa sebuah rangkaian kabel penghantar arus yang di hubungkan dari power supply ke limit switch dan kemudian di teruskan ke mesin produksi.

Adapun Instalasi rangkaian safety wire tersebut di lakukan atau merupakan tugas dari seorang Teknisi Elektrik di Pabrik Industri.

Demikian sedikit ulasan tentang Apakah itu Safety Wire dan Fungsi safety wire di Pabrik Industri 

No comments