Breaking News

APAKAH ITU EMERGENCY STOP MESIN DI PABRIK INDUSTRI


Apakah yang di maksud dengan Emergency Stop Mesin di Pabrik Industri ?

Emergency Stop Mesin adalah sebuah Equipment mesin yang di rancang sebagai alat perlengkapan safety yang di gunakan untuk mematikan mesin secara darurat pada saat kondisi mesin running atau untuk mematikan mesin agar tidak bisa running pada saat ada perbaikan mesin oleh Teknisi Mesin.

Adapun tujuan utama mengapa Sebuah mesin produksi harus di pasang Emergency Stop Mesin adalah sebagai berikut :

1) Untuk Mematikan Mesin Pada saat ada Perbaikan Mesin.

Untuk mematikan mesin pada saat ada perbaikan Mesin adalah Untuk menghindari adanya potensi bahaya yang bisa menciderai operator pada saat ada perbaikan mesin.

Dengan mematikan mesin melalui Emergency Stop Mesin, maka kondisi mesin secara otomatis akan aman dari sebuah pergerakan atau perputaran pada mesin yang bisa menciderai operator sehingga operator atau Teknisi Mesin merasa aman dan nyaman pada saat bekerja di mesin.

Contoh Potensi bahaya pada saat Teknisi melakukan perbaikan mesin jika kondisi mesin tidak di matikan atau tidak di Emergency Stop adalah sebagai berikut :
  • Mesin berpotensi di Operasikan oleh orang yang tidak mengetahui jika ada Teknisi yang sedang melakukan perbaikan mesin, sehingga Teknisi bisa mengalami kecelakaan.
  • Equipment Mesin bisa bergerak dengan sendiri karena program sehingga Teknisi yang sedang melakukan perbaikan bisa mengalami kecelakaan seperti tergulung, tergencet dan lain sebagainya.
Sehingga dengan mematikan Mesin melalui Emergency Stop Mesin, maka potensi - potensi bahaya yang tak terduga bisa di minimalisir.

Adapun cara memfungsikan Emergency Stop Mesin adalah sebagai berikut :
  • Emergency Stop berbentuk Tombol atau Push Button adalah dengan menekan kepala push button tersebut.
  • Emergency Stop Mesin berbentuk Safety Wire yaitu dengan cara menarik wire atau seling kawat sampai kondisi limit switch emergency ke tarik.
  • Emergency Stop berbentuk Sensor yaitu dengan menutup mata sensor dengan benda.

2) Untuk Mematikan Mesin secara Tiba - Tiba pada saat Kondisi Running.

Tujuan di pasangnya Emergency Stop di Mesin berikutnya adalah untuk mematikan mesin secara darurat atau tiba - tiba pada saat kondisi mesin running.

Mengapa seorang Operator mesin secara tiba - tiba mematikan mesinnya melalui Emergency Stop pada saat kondisi mesin sedang running ?

Hal tersebut di lakukan karena ada beberapa hal seperti berikut :
  • Ada anggota tubuh Operator produksi yang sedang mengalami kecelakaan kerja pada saat handling mesin seperti tergulung putaran material, terjepit gerakan mesin dan lain sebagainya. Sehingga dengan kejadian tersebut maka operator sangat membutuhkan adanya Emergency Stop Mesin.
  • Di temukannya proses abnormal pada gerakan mesin yang akan mempengaruhi kualitas produk, sehingga Seorang operator perlu mematikan mesin secara tiba - tiba melalui Emergency Stop.
  • Di temukannya material produk yang terkontaminasi bahan asing pada saat proses mesin running, sehingga operator harus mematikan mesin secara mendadak agar kontaminasi tersebut tidak melebar jauh.
  • Dan lain sebagainya.
Adapun macam - macam bentuk Emergency Stop Mesin yang biasa di gunakan di pabrik Industri adalah sebagai berikut :

a) Emergency Stop Mesin Model Push Button.

Push Button yaitu Emergency Stop yang berbentuk Tombol Emergency yang di hubungkan dengan serangkaian kabel yang di teruskan ke program Emergency Stop Mesin.

Push Button ini biasanya mempunyai tombol berwarna merah dan cara menggunakan push button ini hanya dengan cara di tekan kepala tombol merah tersebut, maka secara otomatis mesin akan mati dengan sendirinya.

Pemasangan tombol emergency stop ini biasanya di panel operation dan di tempat - tempat khusus yang serinng sebagai tempat operation operator mesin.

b) Emergency Stop Mesin Model Safety Wire.

Safety Wire yaitu Emergency Stop yang berbentuk rangkaian antara seling wire dengan limit switch dan kemudian limit switch tersebut di hubungkan dengan rangkaian program stop mesin.

Safety Wire ini mempunyai area yang lebih luas dari pada tombol emergency stop karena seling wire ini bisa di install sepanjang wire atau seling sesuai kebutuhan.

Dan Emergency Stop model Seling wire ini biasanya di pasang di area line mesin sehingga setiap operator bisa menjangkau area safety wire.

c) Emergency Stop Mesin Model Sensor.

Sensor yaitu Emergency Stop Mesin yang berbentuk double sensor yang kemudian sensor tersebut di hubungkan dengan rangkaian kabel yang terhubung ke program mesin stop.

Jangkauan emergency stop mesin model sensor juga luas yaitu sepanjang jangkauan detech sensor itu sendiri.

Pemasangan emergency stop model Sensor ini harus double sensor yaitu dengan cara antar muka sensor harus saling berhadapan sampai kondisi mata sensor harus benar - benar centre dan lurus sehingga jika jarak tatapan antar sensor tersebut terhalang atau tertutup benda asing maka sensor akan bekerja untuk mematikan mesin.

Dengan kata lain apabila area tatapan antar sensor tersebut di lalui atau tertutup oleh operator maka sensor tersebut akan bekerja untuk mematikan mesin melalui program elektrikal.

d) Emergency Stop Mesin Model Kick Plate.

Kick Plate yaitu Emergency Stop Mesin berbentuk Plate yang di gabungkan dengan limit switch yang kemudian limit switch tersebut akan terhubung dengan program mesin stop.

Adapun cara kerjanya adalah apabila kick plate di dorong oleh operator maka plate tersebut akan mendorong limit switch dan kemudian limit switch tersebut akan mematikan mesin melalui jaringan kabel instalasi ke program mesin stop.

Sedangkan pemasangan emergency stop mesin model kick plate ini biasanya di area bawah, sehingga cara memaatikan mesin melalui kick plate ini adalah dengan menggunakan kaki atau di tendang oleh operator.

e) Emergency Stop Mesin Model Pintu Safety.

Emergency stop mesin berbentuk pintu safety ini mempunyai tujuan untuk menutupi area mesin agar tidak ada pekerja yang masuk ke area tersebut pada saat kondisi mesin sedang running karena berpotensi berbahaya.

Adapun model emergency stop mesin berbentuk pintu safety tersebut adalah gabungan dari pintu masuk area mesin dengan di tempelkan sebuah limit switch emergency, sehingga di saat pintu tersebut di buka maka dengan otomatis pintu akan mendorong limit switch dan limit switch tersebut akan mematikan mesinyang sedang running.

Emergency stop mesin model pintu ini biasanya di pasang pada posisi area yang tidak boleh di masuki oleh pekerja pada saat kondisi mesin sedang running karena di area mesin tersebut mempunyai potensi bahaya yang tinggi. Namun area tersebut sebagai area keluar masuk operator untuk handling material produksi pada saat kondisi mesin stop.

Demikian sedikit ulasan tentang apakah itu Emergency Stop Mesin di Pabrik Industri.


No comments