Breaking News

POTENSI BAHAYA MESIN LAS DI PABRIK INDUSTRI


Apa sajakah potensi bahaya pada Mesin Las atau Mesin Welding di Pabrik Industri ?

Pada dasarnya semua pekerjaan mempunyai potensi bahaya yang bisa mengintai kita sewaktu -waktu, dan potensi bahaya tersebut bisa mengakibatkan kita sebagai seorang operator cidera atau mengalami kecelakaan kerja akibat proses pekerjaan yang kita lakukan.

Begitupun dengan pekerjaan yang melibatkan Mesin Las atau Mesin Welding di Pabrik Industri yang nota bene merupakan pekerjaan rutin yang biasa di lakukan oleh seorang Teknisi atau Operator Mesin Las.

Mesin Las atau Mesin Welding merupakan salah satu peralatan kerja yang di gunakan untuk membantu pekerjaan seperti berikut :
  • Untuk menyambung potongan dua benda atau lebih yang berbahan logam dan sejenisnya agar benda tersebut menjadi satu unit.
  • Untuk memperbaiki benda kerja atau komponen mesin yang berbahan logam karena mengalami trouble patah.
  • Untuk menambal benda kerja atau komponen mesin berbahan logam yang mengalami keausan.
  • Dengan Settingan temperatur tinggi, mesin las bisa di gunakan untuk memotong benda logam yang tipis.
  • Dan lain Sebagainya.
Sedangkan macam - macam mesin las adalah seperti :
  • Mesin Las Elektrik.
  • Mesin Las Argon.
  • Mesin Las Co2.
Baca selengkapnya di Macam -Macam Mesin Las atau Mesin Welding di Pabrik Industri.

Adapun potensi bahaya yang bisa timbul pada saat melakukan pekerjaan dengan menggunakan Mesin Las atau Mesin Welding adalah sebagai berikut :

1) Potensi Bahaya Timbul Api atau Kebakaran.

Pekerjaan Mengelas adalah pekerjaan yang menimbulkan percikan api pada saat Mesin Las pada kondisi ON dengan Elektroda atau kawat las bertemu dengan benda kerja yang tersambung dengan Arus negatif atau massa dari mesin Las.

Dengan timbulnya percikan bunga api pada pekerjaan mengelas mempunyai potensi bahaya yang sangat tinggi yaitu timbulnya api atau kebakaran di area kerja yang di sebabkan karena beberapa hal antara lain adalah sebagai berikut :
  • Adanya Bahan yang mudah terbakar di sekitar area kerja, solusinya adalah singkirkan bahan mudah terbakar tersebut dari area pekerjaan Mengelas atau Proteksilah bahan mudah terbakar tersebut.
  • Tidak lengkapnya Alat pemadam api di sekitar pekerjaan Mengelas seperti Kain anti api, APAR, Air di dalam ember, water sprayer. Solusinya adalah selalu siapkan dengan lengkap semua alat pemadam api di sekitar area kerja pengelasan.
  • Tidak di proteksinya Percikan bunga api pada saat mengelas sehingga percikan bunga api tersebut bisa ke mana saja dan membakar material di sekitar pekerjaan, solusinya adalah tutuplah percikan bunga api las dengan kain anti api agar percikan api tidak menjauh.
  • Tidak adanya petugas khusus untuk mengawasi percikan bunga api pada saat pekerjaan mengelas sehingga percikan bunga api tersebut tidak tercontrol oleh pekerja, solusinya adalah tunjuklah petugas khusus untuk mengawasi percikan api las.
  • Menggunakan type las yang menimbulkan percikan api yang lebih banyak sehingga potensi timbul api lebih besar, solusi gunakan mesin las yang minim mengeluarkan percikan api seperti Mesin Las Argon.
  • Tidak ada petugas yang memastikan area pengelasan setelah melakukan pekerjaan pengelasan bahwa area kerja tersebut aman dari api. Solusinya adalah Tunjuklah seorang petugas untuk menunggu di area pengelasan setelah pekerjaan selesai kurang lebih 1 - 2 jam agar tidak terjadi bara api yang kemudian berubah menjadi api.
Api yang bisa menyebabkan kebakaran merupakan salah satu hal yang sangat di khawatirkan oleh semua perusahaan atau pabrik Industri, karena Api kebakaran merupakan bahaya yang bisa menghentikan laju perkembangan perusahaan atau pabrik Industri tersebut.

2) Potensi Bahaya Percikan Api Las Melukai Operator.

Menggunakan Mesin Las dengan elektroda atau kawat las akan menimbulkan percikan api atau bunga api yang di mana percikan api tersebut bisa melukai anggota tubuh operator atau pekerja yang berada di sekitar pekerjaan Mengelas tersebut.

Adapun anggota tubuh operator mesin las yang berpotensi terkena percikan bunga api pada saat melakukan pekerjaan mengelas adalah sebagai berikut ;
  • Kepala, solusinya adalah gunakan Helmet safety untuk melindungi kepala agar tidak terkena percikan bunga api.
  • Wajah, solusinya adalah gunakan Kaca mata las yang full face atau kedok las sehingga seluruh wajah akan terlindungi dari percikan bunga api.
  • Mata, Solusinya adalah gunakanlah kaca mata las yang standart agar mata terlindungi dari cahaya las.
  • Tangan, Solusinya adalah gunakanlah Sarung tangan las yang berbahan kulit agar tangan dan jari aman dari percikan bunga api.
  • Badan, gunakanlah Appron penutup dada untuk melindungi badan bagian dada dari percikan api las dan cahaya panas dari proses pekerjaan las.
  • Kaki, solusinya adalah gunakanlah sepatu safety dan appron kaki agar kaki terlindungi dari percikan bunga api serta cahaya panas proses las.
Pada dasarnya apapun pekerjaannya, pastikan selalu menggunakan Alat Pelindung Diri dengan lengkap sesuai jenis pekerjaannya.

Percikan bunga api yang di hasilkan dari proses pekerjaan mengelas merupakan butiran logam yang panas sehingga sangat berbahaya dan pastinya akan melukai anggota tubuh operator jika butiran tersebut mengenai secara langsung badan operator las.

3) Potensi Bahaya Tersetrum.

Pekerjaan Mengelas bisa menimbulkan setrum karena Mesin Las tersambung dari power listrik yang terdiri dari Ion Positif dan Ion Negatif.

Potensi bahaya tersetrum yang bisa terjadi pada operator mesin las karena ada beberapa faktor seperti berikut :
  • Pada saat connecting kabel power mesin Las pada terminal power listrik, kondisi switch breaker tidak di OFF terlebih dahulu sehingga Operator tersetrum power listrik. Solusinya adalah Posisikan OFF pada breaker power listrik sebelum memasang kabel Las.
  • Pada proses pengelasan, kondisi Tangan atau sarung tangan Operator Las dalam kondisi basah sehingga bisa berpotensi kesetrum jika operator memegang arus negatif dan arus positif pada handle atau tang sten Las.
  • Ada kebocoran arus pada mesin las, Solusinya adalah lakukan check inspeksi harian pada setiap mesin las sebagai langkah perawatan.
Demikian sedikit ulasan tentang Potensi bahaya yang di timbulkan dari mesin las di Pabrik Industri.


No comments