Breaking News

POTENSI BAHAYA MESIN BUBUT DI PABRIK INDUSTRI


Apa sajakah Potensi Bahaya yang bisa di timbulkan Oleh Mesin Bubut yang bisa melukai atau menciderai anggota tubuh Operator Mesin Bubut ?

Mesin Bubut merupakan salah satu mesin Cutting Tool yang berfungsi sebagai mesin pemotong benda kerja dengan cara berputar maju atau mundur, yang di mana benda kerja di cekam pada chuck mesin bubut dan tool kerja atau mata pahat di cekam pada eretan.

Mata pahat bisa mengikis benda kerja dengan di gerakkan maju dan mundur sesuai kebutuhan sesuai alur kerja yang di inginkan oleh operator mesin bubut.

Sedangkan Mesin Bubut itu sendiri mempunnyai fungsi secara umum adalah untuk memperbaiki komponen mesin artau membuat part - part mesin produksi seperti berikut :
  • Membuat diameter part benda kerja dari besar menjadi kecil.
  • Membuat radius pada part mesin atau benda kerja tumpul.
  • Membuat lubang pada part benda kerja.
  • Memperbesar diameter lubang pada benda kerja.
  • Membuat ulir kanan maupun ulir kiri pada benda kerja.
  • Membuat ulir dalam dan ulir luar pada benda kerja.
  • Menghaluskan atau meratakan diameter benda kerja.
  • Dan Lain Sebagainya.
Karena sistem kerja mesin bubut adalah berputar, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa mesin bubut tersebut mempunyai banyak potensi bahaya yang bisa menciderai atau melukai operator.

Adapun contoh bentuk Potensi Bahaya yang bisa di timbulkan pada saat mengoperasikan Mesin Bubut adalah sebagai berikut :

1) Potensi Bahaya Tergulung Putaran Mesin Bubut.

Perputaran Chuck pada Mesin Bubut sangat berpotensi bahaya yang bisa menciderai operator yang di sebabkan karena hal - hal berikut ini :
  • Operator menggunakan sarung tangan yang mudah tertarik oleh putaran chuck mesin bubut karena sarung tangan tersebut menempel pada serbuk benda kerja sehingga operator bisa tergulung terbawa putaran chuck mesin bubut. Solusinya adalah gunakan sarung tangan kulit yang tidak mudah menempel pada putaran mesin bubut.
  • Operator berusaha menarik paksa serutan atau serbuk benda kerja yang terlilit pada pahat bubut dengan kondisi mesin bubut berputar sehingga tangan operator bisa terbawa putaran mesin bubut. Solusinya adalah Jangan sekali - kali membersihkan serutan benda kerja dalam kondisi mesin berputar, pastikan mesin dalam kondisi Off.
  • Operator menggunakan baju kerja yang tidak rapih sehingga baju kerja tersebut bisa tersangkut pada putaran mesin bubut sehingga operator tergulung. Solusinya adalah selalu pakailah seragam atau baju kerja dengan rapih dan di masukkan dengan di ikat pinggang agar baju tidak keluar.
  • Operator bekerja dengan ceroboh dan tidak konsentrasi pada saat kondisi mesin bubut berputar. Solusinya adalah pastikan selalu dalam kondisi konsentrasi dan hati - hati di setiap bekerja.

2) Potensi Bahaya Tergores Tajamnya Serutan Benda Kerja.

Serbuk atau hasil serutan benda kerja dari proses pembubutan sangat tajam dan panas untuk benda kerja berbahan logam, sehingga Serbuk atau serutan tersebut bisa berpotensi melukai operator.

Adapun contoh aktifitas yang bisa mengakibatkan operator tergores serutan atau serbuk benda kerja adalah sebagai berikut :
  • Operator tidak menggunakan sarung tangan kulit sehingga berpotensi tangan operator terkena tajamnya serutan atau serbuk benda kerja. Solusinya adalah selalu pakailah sarung tangan kulit selama masih mengoperasikan mesin bubut.
  • Operator membersihkan serbuk atau serutan benda kerja dengan kondisi tidak hati - hati sehingga serutan tersebut menggores anggota tubuh operator. Solusinya adalah selalu jaga konsentrasi dan hati - hati di setiap beraktifitas.

3) Potensi Bahaya Terkena Percikan Serbuk Benda Kerja.

Effect dari putaran mesin bubut yang tinggi akan bereffect serbuk atau serutan benda kerja akan memercik ke segala arah sehingga serbuk benda kerja tersebut bisa melukai operator atau orang di sekeliling area mesin bubut.

Adapun beberapa solusi untuk mengantisipasi adanya potensi bahaya karena terkena percikan serbuk benda kerja tersebut adalah sebagai berikut :
  • Lindungi Anggota badan dengan selalu menggunakan Alat Pelindung Diri yang benar dan baik.
  • Gunakan Helmet Safety untuk melindungi Anggota tubuh bagian kepala.
  • Gunakan Face Shield untuk melindungi anggota tubuh bagian muka atau wajah.
  • Gunakan Sarung tangan Kulit untuk melindungi anggota tubuh bagian tangan.
  • Gunakan Sepatu Safety untuk melindungi anggota tubuh bagian kaki.
  • Gunakan Appron untuk melindungi anggota tubuh bagian badan.
  • Proteksilah area putaran chuck mesin bubut dengan cover agar percikan serbuk benda kerja tidak memercik ke segala arah.

4) Potensi Bahaya Tertimpa Benda Kerja.

Mesin Bubut bisa mengerjakan atau memperbaiki komponen - komponen mesin atau material benda kerja yang berat atau besar, sehingga pada pekerjaan ini bisa berpotensi benda kerja tersebut terjatuh dan menimpa operator.

Berikut adalah beberapa potensi benda kerja bisa terjatuh dan menimpa operator sehingga terluka antara lain adalah :
  • Operator tidak kuat pada saat handling benda kerja. Solusinya adalah gunakan alat bantu hoist untuk handling benda kerja yang sekiranya berat dan besar.
  • Benda kerja terlalu licin sehingga benda kerja tersebut bisa terlepas pada saat di handling operator. Solusinya adalah Koordinasilah dengan rekan kerja untuk membantu bersama - sama handling benda kerja tersebut.
  • Operator tidak konsentrasi pada saat melakukan seting benda kerja pada chuck mesin bubut sehingga benda kerja bisa terjatuh menimpa operator. Solusinya adalah lakukan dengan hati - hati dan konsentrasi pada saat setting benda kerja pada chuck mesin bubut.

5) Potensi Bahaya Terjepit Chuck Mesin Bubut.

Chuck Mesin Bubut mempunyai potensi bisa menjepit tangan operator mesin bubut pada saat melakukan setting atau pemasangan benda kerja pada chuck mesin bubut.

Adapun beberapa hal yang bisa berdampak tangan operator terjepit chuck mesin bubut adalah sebagai berikut ;
  • Operator tidak sadar dengan posisi jari tangan pada celah chuck mesin bubut sehingga jari tangan bisa terjepit chuck pada saat mengencangkan chuck. Solusinya adalah Konsentrasilah pada saat memasang benda kerja pada chuck mesin  bubut.
  • Operator pada saat melakukan pemasangan benda kerja pada chuck mesin bubut dengan terburu - buru sehingga tangan operator bisa terjepit chuck mesin bubut. Solusinya adalah lakukan setting benda kerja dengan tidak terburu - buru.
  • Tidak terjalinnya komunikasi antar rekan kerja yang baik dan benar pada saat melakukan pemasangan benda kerja pada chuck mesin bubut. Solusinya adalah lakukan komunikasi dengan satu Instruksi saja.
Demikian sedikit ulasan tentang Potensi Bahaya pada saat mengoperasikan Mesin Bubut di Pabrik Industri.




No comments