Breaking News

APAKAH ITU FUNGSI SNAP RING DI PABRIK INDUSTRI


Apakah Fungsi dari Snap Ring ?

Snap Ring merupakan salah satu onderdill dari komponen mesin yang mempunyai fungsi sebagai lock atau stoper untuk menahan  Bearing unit agar tidak lepas atau bergeser dari dudukannya.

Sedangkan Macam atau model Snap Ring tersebut ada 2 antara lain adalah sebagai berikut :

1) SNAP RING OUT.

Snap Ring Out adalah stoper atau Lock untuk Bearing Unit yang berfungsi untuk menahan body bearing Unit pada bagian Diameter Dalam atau ID dari Bearing Unit tersebut.

Snap Ring Out ini biasanya di gunakan pada bearing Unit yang posisi dudukannya di luar atau pada shaft benda kerja sehingga diameter dalam dari bearing unit tersebut harus di beri stoper atau penahan dengan menggunakan Snap Ring Out.

Dengan cara diameter shaft tersebut di buat sebuah alur sebagai dudukan untuk Snap Ring Out sehingga Diameter Dalam Pada Bearing Unit tersebut di tahan Oleh Diameter Luar dari Snap Ring out.

Snap Ring Out ini mempunyai sifat seperti pegas yang di mana pada saat lubang kepala Snap Ring di buka keluar oleh ujung Tang Snap Ring Out, maka Snap Ring Out tersebut akan membuka lebar dan pada saat Tang Snap Ring Out di lepas maka Snap Ring Out tersebut akan kembali ke bentuk awalnya.

Snap Ring Out mempunyai lingkaran Dalam yang lebih kecil dari ukuran diameter luar dari shaft bearing Unit, sehingga pada saat Snap Ring Out ini di pasang pada Alur Snap Ring maka lingkaran luar dari Snap Ring tersebut akan mengunci atau menahan dari Diameter Dalam dari Bearing unit tersebut.

Sedangkan untuk melepas dan memasang Snap Ring Out tersebut adalah dengan menggunakan peralatan khusus yang biasa di sebut dengan TANG SNAP RING OUT.


Adapun cara Melepas Snap Ring Out adalah sebagai berikut :
  • Gunakan terlebih dahulu alat pelindung diri seperti Helmet Safety, Sarug Tangan, Kaca Mata dan Sepatu Safety.
  • Kemudian siapkan Alat untuk melepas Snap Ring Out yaitu Tang Snap Ring Out.
  • Selanjutnya siapkan atau posisikan benda kerja yang menggunakan Snap Ring Out pada area kerja yang aman dan nyaman.
  • Kemudian pegang handle Tang Snap Ring dengan posisi kepala ujung Tang Snap Ring masuk ke lubang kepala Snap Ring Out.
  • Setelah ke dua ujung kepala Tang Snap Ring Out masuk pada lubang kepala Snap Ring Out, maka tekanlah handle Tang Snap Ring sampai Snap Ring membuka besar dan melebihi diameter shaft benda kerja sehingga Snap Ring tersebut keluar dari alur Snap Ring.
  • Kemudian tarik keluar Snap Ring unit dari shaft benda kerja tersebut.
Sedangkan cara untuk memasang Snap Ring Out adalah sebagai berikut :
  • Gunakan terlebih dahulu alat pelindung diri seperti Helmet Safety, Sarug Tangan, Kaca Mata dan Sepatu Safety.
  • Kemudian siapkan Alat untuk memasang Snap Ring Out yaitu Tang Snap Ring Out beserta Snap Ring Out yang akan di pasang pada benda kerja.
  • Selanjutnya siapkan atau posisikan benda kerja yang akan menggunakan Snap Ring Out pada area kerja yang aman dan nyaman.
  • Siapkan Snap Ring Out yang akan di pasang.
  • Kemudian pegang handle Tang Snap Ring dengan posisi kepala ujung Tang Snap Ring masuk ke lubang kepala Snap Ring Out.
  • Setelah ke dua ujung kepala Tang Snap Ring Out masuk pada lubang kepala Snap Ring Out, maka tekanlah handle Tang Snap Ring sampai Snap Ring membuka besar dan melebihi diameter shaft benda kerja. 
  • Kemudian masukkan Snap Ring unit pada alur Snap Ring shaft benda kerja tersebut.

2) SNAP RING IN.


Snap Ring In merupakan salah satu onderdill dari komponen mesin yang berfungsi sebagai stoper atau lock untuk menahan body bearing unit pada bagian Diameter Luar atau OD dari bearing unit tersebut.

Snap Ring In ini biasanya di gunaksn pada bearing unit yang posisinya di dalam bushing sehingga Diameter Luar dari Bearing Unit tersebut harus di beri stoper dengan menggunakan Snap Ring In.

Dengan cara bushing tersebut di buatkan alur sebagai dudukan Snap Ring In sehingga Diameter Luar dari Bearing Unit Tertahan oleh Snap Ring In.

Snap Ring In ini mempunyai sifat seperti Pegas yang di mana pada saat Lubang Kepala Snap Ring di tarik ke dalam oleh Ujung Tang Snap Ring In, maka Snap Ring In tersebut akan mengecil dan saat Tnag Snap Ring In di lepaskan maka Snap Ring In tersebut akan kembali ke bentuk awal.

Snap Ring In ini mempunyai Lingkaran luar yang lebih besar dari ukuran diameter Luar dari Bearing Unit, Sehingga pada saat Snap Ring In ini di pasang pada Alur Snap Ring maka lingkaran dalam dari Snap Ring tersebut akan mengunci atau menahan dari diameter luar Bearing Unit.

Sedangkan untuk membuka dan memasang Snap Ring In tersebut adalah menggunakan peralatan khusus yang biasa di sebut dengan TANG SNAP RING IN.


Adapun cara Melepas Snap Ring IN adalah sebagai berikut :

  • Gunakan terlebih dahulu alat pelindung diri seperti Helmet Safety, Sarug Tangan, Kaca Mata dan Sepatu Safety.
  • Kemudian siapkan Alat untuk melepas Snap Ring In yaitu Tang Snap Ring IN.
  • Selanjutnya siapkan atau posisikan benda kerja yang menggunakan Snap Ring In pada area kerja yang aman dan nyaman.
  • Kemudian pegang handle Tang Snap Ring dengan posisi kepala ujung Tang Snap Ring masuk ke lubang kepala Snap Ring In.
  • Setelah ke dua ujung kepala Tang Snap Ring In masuk pada lubang kepala Snap Ring In, maka tekanlah handle Tang Snap Ring sampai Snap Ring mengecil dan lebih kecil dari diameter Luar dari Bearing unit sehingga sampai Snap Ring keluar dari alur Snap Ring.
  • Kemudian tarik keluar Snap Ring unit dari bushing dudukan Bearing Unit tersebut.
Sedangkan cara untuk memasang Snap Ring In adalah sebagai berikut :
  • Gunakan terlebih dahulu alat pelindung diri seperti Helmet Safety, Sarug Tangan, Kaca Mata dan Sepatu Safety.
  • Kemudian siapkan Alat untuk memasang Snap Ring In yaitu Tang Snap Ring IN beserta Snap Ring IN yang akan di pasang pada benda kerja.
  • Selanjutnya siapkan atau posisikan benda kerja yang akan menggunakan Snap Ring  pada area kerja yang aman dan nyaman.
  • Siapkan Snap Ring In yang akan di pasang.
  • Kemudian pegang handle Tang Snap Ring dengan posisi kepala ujung Tang Snap Ring masuk ke lubang kepala Snap Ring IN.
  • Setelah ke dua ujung kepala Tang Snap Ring IN masuk pada lubang kepala Snap Ring IN, maka tekanlah handle Tang Snap Ring sampai Snap Ring mengecil dan bisa masuk ke ruang bushing dudukan Bearing Unit.
  • Kemudian masukkan Snap Ring unit pada alur Snap Ring pada Bushing dudukan Bearing unit tersebut.
Mengapa Snap Ring harus menahan atau sebagai stoper dari Bearing Unit ?

Karena Bearing Unit tidak mempunyai baut tanam sebagai baut lock sebagaimana halnya sebuah Pillow Block sehingga Bearing bisa saja bergeser atau lepas dari dudukannya.

Dan kekencangan bearing unit pada dudukannya yaitu shaft atau bushing hanyalah mengandalkan dari ukurna yang presisi dari diameter Bearing Unit terhadap Shaft tersebut.

Maka dari itu sebagai salah satu solusi agar posisi bearing unit tidak bergeser atau lepas dari dudukannya, maka di buatlah stoper atau lock untuk menahan posisi Bearing Unit tersebut dengan Snap Ring.

Sedangkan Bearing Unit mempunyai 2 sisi Diameter yaitu :
  • Diameter Dalam atau ID ( In Diameter ) adalah Diameter Bearing Unit yang berfungsi sebagai dudukan diameter Shaft benda kerja.
  • Diameter Luar atau OD ( Out Diameter ) yaitu merupakan diameter terluar dari body Bearing unit.
Demikian sedikit ulasan tentang Apakah itu Fungsi Snap Ring di Pabrik Industri.


1 comment: