Breaking News

APAKAH FUNGSI KUNCI TANG SNAP RING DI PABRIK INDUSTRI


Apakah fungsi Kunci Tang Snap Ring ?

Kunci Tang Snap Ring merupakan salah satu perlengkapan peralatan para Teknisi atau pekerja di sebuah pabrik industri yang di gunakan untuk membuka dan memasang Snap Ring.

Sedangkan Snap Ring itu apa sih ?

Snap Ring adalah salah satu onderdill dari komponen mesin yang mempunyai fungsi sebagai lock atau stoper untuk menahan Bearing Unit agar tidak lepas dari dudukannya.

Mengapa Bearing Unit harus di tahan dengan stoper berupa Snap Ring ?

Karena bearing unit tidak mempunyai baut lock atau baut tanam sebagaimana halnya Pillow Block, sehingga bearing unit bisa saja bergeser dari posisi awalnya.

Dan kekencangan bearing unit pada dudukannya yaitu shaft atau bushing hanya mengandalkan ke presisian ukuran diameter bearing terhadap shaft tersebut.

Maka dari itu sebagai salah satu solusi agar bearing tersebut tidak bergeser atau lepas dari shaft atau bushingnya, maka di buatlah stoper atau lock pada sisi bearing unit tersebut yaitu Snap Ring.

Bearing unit mempunyai 2 sisi diameter yaitu :
  • Diameter Luar merupakan diameter terluar dari body bearing unit atau yang biasa di sebut OD ( Out Diameter )
  • Diameter Dalam merupakan diameter yang sebagai dudukan shaft benda kerja atau yang biasa di sebut dengan ID ( In Diameter )
Macam jenis Snap Ring ada 2 model antara lain adalah :

1) Snap Ring In.

Snap Ring In adalah stoper atau Lock untuk bearing Unit yang berfungsi untuk menahan body bearing pada bagian Diameter Luar atau OD dari Bearing unit.

Snap Ring In ini biasanya di gunakan pada bearing unit yang posisi dudukannya di dalam bushing sehingga diameter Luar dari bearing tersebut harus di beri stoper dengan menggunakan Snap Ring In.

Dengan cara busing tersebut di buatkan alur sebagai dudukan Snap Ring In sehingga diameter luar dari bearing unit tertahan oleh snap ring In.

Snap Ring In ini mempunyai sifat seperti pegas yang di mana pada saat lubang kepala snap ring di tarik ke dalam oleh ujung Tang Snap Ring In, maka Snap Ring In tersebut akan mengecil dan saat Tang Snap Ring In di lepaskan maka Snap Ring In tersebut akan kembali ke bentuk awal.

Snap Ring In mempunyai lingkaran luar yang lebih besar dari ukuran diameter luar dari bearing unit, sehingga pada saat Snap Ring In ini di pasang pada Alur Snap Ring maka lingkaran dalam dari Snap Ring tersebut akan mengunci atau menahan dari diameter luar bearing unit.

2) Snap Ring Out.

Snap Ring Out adalah stoper atau Lock untuk bearing Unit yang berfungsi untuk menahan body bearing pada bagian Diameter Dalam atau ID dari Bearing unit.

Snap Ring Out  ini biasanya di gunakan pada bearing unit yang posisi dudukannya pada shaft benda kerja sehingga diameter dalam dari bearing tersebut harus di beri stoper dengan menggunakan Snap Ring Out.

Dengan cara shaft tersebut di buat alur sebagai dudukan Snap Ring Out sehingga Diameter Dalam pada Bearing unit tersebut di tahan oleh Snap Ring Out.

Snap Ring Out ini mempunyai sifat seperti pegas yang di mana pada saat lubang kepala snap ring di buka keluar oleh ujung Tang Snap Ring Out, maka Snap Ring Out tersebut akan membuka lebar dan saat Tang Snap Ring Out di lepaskan maka Snap Ring Out tersebut akan kembali ke bentuk awal.

Snap Ring Out mempunyai lingkaran dalam yang lebih kecil dari ukuran diameter luar dari shaft bearing unit, sehingga pada saat Snap Ring out ini di pasang pada Alur Snap Ring maka lingkaran luar dari Snap Ring tersebut akan mengunci atau menahan dari diameter Dalam dari bearing unit.

Itulah sedikit ulasan tentang Snap Ring In dan Snap Ring Out.

Sedangkan alat yang di gunakan untuk membuka dan memasang Snap Ring Tersebut adalah  TANG SNAP RING.

Tang Snap Ring itu sendiri di bagi menjadi 2 antara lain adalah sebagai berikut :

1) TANG SNAP RING IN.

Tang Snap Ring In adalah alat bantu kerja yang di gunakan oleh para Teknisi atau pekerja untuk membuka dan memasang Snap Ring In.

Adapun cara menggunakan Tang Snap Ring In pada saat melepas Snap Ring In dari Alur Snap Ring adalah sebagai berikut :

  • Sebelumnya gunakan terlebih dahulu alat pelindung diri seperti Helmet safety, Sarung tangan, kaca mata dan sepatu safety.
  • Selanjutnya Tekan Handle Tang Snap Ring seperlunya sampai 2 ujung kepala Tang Snap Ring membuka mendekati 2 lubang pada Snap Ring In.
  • Setelah 2 ujung kepala Tang Snap Ring mendekati 2 Lubang pada Snap Ring In, maka masukkan 2 ujung kepala Tang Snap Ring tersebut pada 2 lubang pada Snap Ring In.
  • Kemudian tekan kembali handle Tang Snap Ring lebih kuat lagi sampai Snap Ring In mengecil dan keluar dari Alur Snap Ring.
  • Setelah Snap Ring bisa di lepas dari Alur Snap Ring, maka secara otomatis bearing unit bisa di lepas kemudian.
Sedangkan cara untuk memasang Snap Ring In adalah sebagai berikut :
  • Gunakan terlebuh dahulu alat pelindung diri seperti Helmet Safety, sarung tangan, kaca mata dan sepatu safety.
  • Kemudian siapkan alat untuk memasang Snap Ring In yaitu Tang Snap Ring In beserta Snap Ring In yang akan di pasang pada benda kerja.
  • Selanjutnya siapkan atau posisikan benda kerja yang akan menggunakan Snap Ring In pada area kerja yang aman dan nyaman.
  • Kemudian pegang handle Tang Snap Ring In dengan posisi kepala ujung Tang Snap Ring masuk ke lubang kepala Snap Ring In.
  • Setelah ke 2 ujung kepala Tang Snap Ring In masuk pada lubang kepala Snap Ring In, maka tekanlah handle Tang Snap Ring sampai Snap Ring mengecil dan bisa masuk ke ruang bushing dudukan bearing unit.
  • Kemudian masukkan Snap Ring In unit pada Alur Snap Ring pada bushing dudukan bearing unit tersebut.

2) TANG SNAP RING OUT.


Tang Snap Ring Out adalah alat bantu kerja yang di gunakan oleh para Teknisi atau pekerja untuk membuka dan memasang Snap Ring Out.

Adapun cara menggunakan Tang Snap Ring Out pada saat melepas Snap Ring Out dari Alur Snap Ring adalah sebagai berikut :

  • Sebelumnya gunakan terlebih dahulu alat pelindung diri seperti Helmet safety, Sarung tangan, kaca mata dan sepatu safety.
  • Selanjutnya Tekan Handle Tang Snap Ring Out seperlunya sampai 2 ujung kepala Tang Snap Ring membuka mendekati 2 lubang pada Snap Ring Out.
  • Setelah 2 ujung kepala Tang Snap Ring mendekati 2 Lubang pada Snap Ring Out, maka masukkan 2 ujung kepala Tang Snap Ring tersebut pada 2 lubang pada Snap Ring Out.
  • Kemudian tekan kembali handle Tang Snap Ring lebih kuat lagi sampai Snap Ring Out membuka lebar dan keluar dari Alur Snap Ring.
  • Setelah Snap Ring bisa di lepas dari Alur Snap Ring, maka secara otomatis bearing unit bisa di lepas kemudian.
Sedangkan cara untuk memasang Snap Ring Out adalah sebagai berikut :
  • Sebelumnya gunakan terlebih dahulu alat pelindung diri seperti Helmet safety, Sarung tangan, kaca mata dan sepatu safety.
  • Kemudian siapkan alat untuk memasang snap ring out yaitu Tang Snap Ring Out beserta Snap Ring Out yang akan di pasang.
  • Kemudian siapkan atau posisikan bend akerja yang akan menggunakan Snap Ring Out pada area kerja yang aman dan nyaman.
  • Selanjutnya pegang handle Tang Snap Ring dengan posisi Kepala ujung Tang Snap Ring masuk ke lubang kepala Snap Ring Out.
  • Setelah ke 2 ujung kepala Tang Snap Ring Out masuk pada lubang kepala Snap Ring Out, maka tekanlah handle Tang Snap Ring sampai Snap Ring membuka besar dan melebihi diameter shaft benda kerja.
  • Kemudian masukkan atau dorong Snap Ring Unit sampai snap ring masuk pada alur Snap Ring yang terdapat pada shaft benda kerja tersebut.
Demikian sedikit ulasan tentang Apakah itu Snap Ring, Tang Snap Ring dan Fungsi Kunci Tang Snap Ring di Pabrik Industri.

2 comments:

  1. makasih banyk gan sangat membantu untuk memilih tang yang cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak haryo..sudah mampir berkunjungg..

      Delete