Breaking News

FUNGSI TORCH ATAU TUNGSTEN GAS CUTTING


Apakah fungsi atau peran Torch atau Tungsten pada gas cutting ?

Torch atau Tungsten merupakan salah satu alat perlengkapan penting pada Gas Cutting.

Torch atau Tungsten gas cutting itu sendiri berfungsi sebagai :
  • Tempat bertemunya gas Acetylene dengan gas oksigen untuk menjadi satu dan di rubah menjadi api yang di gunakan untuk memotong benda kerja atau material.
  • Sebagai tempat untuk setting besar kecilnya volume gas acetylene dan gas oksigen yang di gunakan untuk proses pemotongan.
  • Sebagai alat gas cutting yang mempunyai peran untuk mengarahkan alur pemotongan benda kerja sesuai kebutuhan.
  • Sebagai alat untuk mengeluarkan pressure atau tekanan berupa api untuk memotong benda kerja.
Sedangkan bagian - bagian dari torch atau tungsten pada Gas Cutting tersebut adalah sebagai berikut :

1) Lubang In Gas Acetylene.

Lubang In Gas Acetylene berfungsi sebagai jalur masuknya gas acetylene yang di hubungkan dari tabung gas acetylene menggunakan hose rubber gas cutting.

Di lubang In gas acetylene ini sebagai dudukan hose rubber gas acetylene yang berwarna merah dan di ikat dengan menggunakan claim.

2) Lubang In Gas Oksigen.

Lubang In gas Oksigen berfungsi sebagsi jalur masuknya gas Oksigen yang di hubungkan dari tabung gas Oksigen menggunakan hose rubber gas cutting.

Di lubang In Gas Oksigen ini sebagai dudukan hose rubber gas oksigen yang berwarna biru dan di ikat dengan menggunakan claim.

3) Handle Torch atau Tungsten.

Handle torch berfungsi sebagai pegangan operator pada saat pengoperasian gas cutting.

Dengan adanya handle torch ini untuk mempermudah operator pada saat mengoperasikan gerak dan arah pemotongan gas cutting, sehingga hasil pemotongan bisa lebih maksimal.

4) Valve Gas Acetylene.

Valve atau kran gas acetylene berfungsi sebagai pintu buka dan tutup saluran gas acetylene yang akan keluar ke nozzle gas cutting.

Selain itu juga valve gas acetylene di gunakan untuk mengatur besar kecilnya volume gas acetylene yang akan di gunakan untuk proses pembuatan nyala api gas cutting.

Pastikan kondisi valve gas acetylene ini selalu tertutup jika dalam kondisi tidak di gunakan, karena untuk menghindari adanya kebocoran gas acetylene yang terdeteksi oleh operator.

5) Valve Gas Oksigen.

Valve atau kran Gas Oksigen berfungsi sebagai pintu buka dan tutup saluran gas oksigen yang akan keluar ke nozzle gas cutting.

Selain itu juga valve gas oksigen di gunakan untuk mengatur besar kecilnya volume gas oksigen yang akan di gunakan untuk proses pembuatan nyala api gas cutting.

Pastikan kondisi valve gas oksigen ini selalu tertutup jika tidak dalam pemakaian, karena untuk menghindari adanya kebocoran gas oksigen yang keluar tanpa terdeteksi oleh operator.

6) Valve atau Handle Tembak.

Valve atau Handle tembak merupakan handle yang di gunakan untuk menembakkan pressure gas cutting ke arah titik benda kerja yang sudah siap untuk di potong.

Kondisi benda kerja yang sudah siap untuk di potong jika benda kerja sudah berwarna merah effect dari nyala api gas cutting yang di tempelkan ke benda kerja tersebut.

7) Valve Central.

Valve atau kran central berfungsi sebagai pintu buka dan tutup untuk saluran campuran gas acetylene dan gas oksigen pada saat akan keluar menuju nozzle gas cutting.

Pengaturan besar kecilnya pembukaan valve centre ini tergantung kebutuhan operator pada saat setting nyala api sampai menemukan nyala api gas cutting yang maksimal atau bagus.

8) Nozzle Gas Cutting.

Nozzle gas cutting sebagai alat perlengkapan torch atau tungsten yang berfungsi sebagai tempat keluar bercampurnya gas acetylene dengan gas oksigen yang di rubah menjadi nyala api gas cutting oleh pemantik api.

Nozzle gas cutting juga berfungsi sebagai penyearah nyala api gas cutting yang di hasilkan oleh campuran antara gas acetylene dengan gas oksigen ke titik benda kerja yang akan di potong.

Pada ujung nozzle gas cutting terdapat beberapa lubang kecil yang suatu saat bisa tertutup kotoran atau kerak benda kerja effect proses pemotongan, sehingga lubang kecil tersebut perlu sering di bersihkan dengan sikat kawat atau juga bisa dengan batang kawat sesuai ukuran lubang nozzle.

Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi Torch atau Tungsten pada Gas Cutting.

Baca juga Apakah Itu Gas Cutting dan Langkah - Langkah Menggunakan Gas Cutting.

No comments