Breaking News

APAKAH ITU KEY WAY DAN FUNGSI KEY WAY


Apakah yang di sebut dengan Key Way dan Apa sih Fungsi dari Key Way itu ?

Pada dasarnya Key Way merupakan salah satu onderdill atau bagian dari komponen mesin di pabrik industri atau mesin - mesin perkakas yang lain.

Key Way ini banyak di gunakan atau di pakai pada komponen mesin yang berputar yang terdiri dari gabungan 2 onderdill mesin yang di satukan.

Jadi Key Way adalah Onderdill atau part mesin yang berbahan logam dengan bentuk persegi panjang dan berfungsi sebagai kunci untuk mengunci ikatan antara 2 part mesin.

Adapun kegunaan Key way tersebut banyak di gunakan untuk mengunci  komponen mesin yang berputar seperti berikut :

1) Key Way pada Sprocket.

Sprocket merupakan part mesin yang berperan untuk memindahkan putaran dari motor penggerak ke benda kerja yang di gerakkan.

Sedangkan Sprocket dengan motor penggerak tersebut merupakan 2 part mesin yang terpisah, sehingga untuk bisa memindahkan putaran dari motor penggerak maka sprocket tersebut harus bisa menjadi satu bagian dengan shaft motor penggerak.

Di sinilah peran Key Way tersebut bisa di aplikasikan yaitu sebagai kunci yang mengikat antara sprocket dengan shaft motor penggerak.

Bagaimana caranya key way bisa masuk menjadi bagian dari gabungan sprocket dengan shaft motor penggerak tersebut ?
Karena sprocket mempunyai lubang diameter dalam sebesar ukuran Diameter luar dari shaft motor penggerak dengan ukuran toleransi 0,02 - 0,05 mm sehingga clearance antara lubang sprocket dengan shaft motor hampir sangat presisi.

Pada lubang diameter dalam sprocket tersebut di buat sebuah alur setengah persegi panjang, begitupun pada shaft motor penggerak juga di buat alur persegi panjang dengan ukuran masing - masing sesuai ukuran dimensi key way yang akan di gunakan.

Jadi pada saat sprocket di pasang pada shaft motor penggerak, masing - masing alur setengah persegi panjang tersebut akan bertemu menjadi alur persegi panjang yang ukuran dimensinya sama dengan ukuran dimensi Key Way.

Setelah sprocket di pasang pada shaft motor penggerak tersebut, kemudian pasanglah key way pada alur persegi panjang yang terbentuk antara sprocket dengan shaft motor penggerak tadi.

Untuk antisipasi key way yang bisa geser karena getaran mesin, maka pada sprocket biasanya di buat ulir untuk baut tanam.

Sedangkan baut tanam tersebut berfungsi sebagai lock untuk mengunci key way dan shaft sprocket sehingga key way tidak akan geser atau lepas.

Sprocket merupakan komponen untuk memindahkan putaran motor penggerak ke benda yang akan di gerakkan dan sprocket itu sendiri selalu berhubungan dengan chain atau rantai sebagai satu unit yang tak bisa di pisahkan.

Baca Juga tentang :

2) Key Way Pada Gear.

Gear merupakan salah satu bagian yang terdapat pada gear box unit maupun komponen mesin lainnya.

Ada jenis gear yang di design permanen dengan shaftnya dan ada juga gear yang di design terpisah dengan shaftnya.

Untuk jenis gear yang terpisah dengan shaftnya, maka gear tersebut di persatukan dengan shaftnya menggunakan Key Way.

Dengan di pasang key way pada alur yang sudah tersedia pada gear dan shaftnya, maka gear dan shaft tersebut menjadi satu kesatuan dan kuat.

Gear tidak akan loss pada saat berputar karena gear dan shaft di kunci dengan key way.

Pada dasarnya gear mempunyai fungsi untuk meneruskan putaran dari motor penggerak untuk di teruskan ke gear berikutnya yang kemudian gerakan tersebut akan menggerakan benda kerja atau komponen mesin.

Ada beberapa macam gear yang biasa menggunakan key way di pabrik industri seperti :
  • Gear pada Gear box  atau yang biasa di sebut dengan Bevel Gear.
  • Gear yang menggerakan roll calender atau yang biasa di sebut dengan Neck Gear.
  • Gear yang menggerakkan screw adjuster atau yang biasa di sebut dengan Worm Gear.
  • Dan lain sebagainya.

3) Key Way pada Pulley.

Pulley adalah part mesin yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari motor penggerak ke benda kerja atau komponen mesin lainnya dengan menggunakan V - Belt atau T - Belt.

Seperti halnya sprocket dan gear, Pulley juga menggunakan key way sebagai kunci untuk mengunci ikatan antara shaft motor penggerak dengan pulley itu sendiri.

Pada pulley ini juga menggunakan baut tanam sebagai lock untuk mengunci key way agar key way tidak geser atau lepas dari alur key way yang terdapat pada shaft dan pulley.

Demikian sedikit ulasan tentang Apakah itu Key Way dan Fungsi Key Way.

No comments