Breaking News

MACAM MACAM THERMOMETER DI PABRIK INDUSTRI


Macam - macam thermometer yang di gunakan di pabrik industri merupakan jenis thermometer yang di gunakan untuk mendeteksi atau mengukur suhu ruangan, untuk mengukur suhu sebuah benda kerja, untuk mengukur suhu pada material produk, untuk mengukur suhu pada hasil produk.

Karena pada dasarnya thermometer merupakan alat ukur untuk mengukur atau menginformasikan kepada pekerja tentang seberapa besar nilai suhu atau temperatur pada obyek yang di inginkan.

Sedangkan macam - macam Thermometer tersebut yang biasa di gunakan di dalam pabrik industri adalah sebagai berikut :

1) Thermometer Ruangan atau Thermometer Dinding.

Thermometer Ruangan merupakan alat ukur yang di gunakan untuk mengukur besarnya suhu atau temperatur yang ada pada ruangan tertentu.

Dan biasanya thermometer ruangan tersebut di pasang dengan cara di tempel pada dinding pada ruangan tersebut. Ada model thermometer digital dan thermometer yang manual yang berisi air raksa.

Themometer tersebut dengan sendirinya akan menunjukkan nilai angka besaran suhu atau temperatur yang terjadi di dalam ruangan tersebut, sehingga dengan konndisi suhu yang terjadi di dalam ruangan akan di stabilkan dengan alat pendingin ruangan seperti Air Conditioner atau alat sejenis lainnya.

Mengapa pada pabrik industri menggunakan thermometer ruangan ?

Pabrik industri tentunya mempunyai banyak jenis material yang harus di jaga kondisi temperaturnya atau harus di jaga karena faktor safety atau keselamatan dan juga karena faktor qualitas produk yang harus di jaga.

Berikut contoh - contoh ruangan yang harus di jaga kondisi suhu ruangnya pada di dalam pabrik industri sehingga harus di pasang sebuah thermometer :
  • Ruangan untuk menyimpan material produk, dengan tujuan untuk menjaga kondisi suhu ruang yang dingin atau normal dan  stabil karena ada beberapa jenis material produk yang mudah meledak atau terbakar dengan suhu tinggi, misalnya material chemical shulpur, solvent, dan lain sebagainya.
  • Ruangan untuk memproses produksi, dengan tujuan untuk menjaga atau mengontrol humidity atau kelembaban ruangan sehingga qualitas material yang akan di proses dan hasil produk selalu stabil dan terjaga.
  • Ruangan penyimpanan Spare Part, dengan tujuan untuk menjaga kondisi suhu ruang yang stabil dan normal sesuai settingan agar kondisi life time dan kondisi spare part selalu maksimal dan tidak mudah rusak.
  • Ruangan Panel Operation, yang bertujuan untuk menjaga kondisi suhu ruangan agar kinerja komponen elektrikal bisa maksimal dan tidak mudah terjadi kerusakan atau trouble shooting karena over heat.

Dan tentunya ruangan - ruangan tersebut menggunakan dan di pasang sebuah Air Condition atau alat pendingin lainnya untuk menstabilkan kondisi suhu ruangan tersebut dan fungsi Thermometer di dalam ruangan hanyalah sekedar mengukur dan mendeteksi seberapa besar suhu yang terjadi di dalam ruangan tersebut.

2) Thermometer Mesin.

Thermometer Mesin merupakan salah satu dari macam - macam thermometer yang di gunakan oleh pabrik industri yang di mana Thermometer tersebut di pasang pada instalasi pipping mesin atau juga bisa di pasang pada body mesin tergantung dari kebutuhan pengukuran suhunya.

Ada beberapa Macam thermometer yang di instalasi atau di pasang pada unit mesin di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Thermometer pada Instalasi Pipping TCU Temperatur Control Unit, yaitu thermometer yang di pasang pada salah satu pipa sirkulasi air TCU yang mempunyai tujuan untuk mendeteksi atau mengukur besaran nilai suhu temperatur pada sirkulasi air tersebut.
  • Themometer pada body mesin yaitu thermometer yang di pasang pada body mesin yang berfungsi untuk mengukur suhu temperatur bearing atau bushing pada mesin tersebut.
  • Thermometer Pada tanki oli yaitu thermometer yang di pasang menempel pada Tanki Oli yang berfungsi untuk mengukur suhu temperatur oli pelumas pada tanki tersebut.
  • Thermocouple yaitu jenis pengukur suhu temperatur pada sirkulasi air pada TCU, pengukur suhu temperatur pada bushing roll calender, Pengukur suhu temperatur bearing pada shaft roll calender,dan sebagainya yang nantinya besaran nilai suhu yang terdeteksi tersebut di tampilkan pada display controller.

3) Thermometer Infra Red.


Macam - macam Thermometer berikutnya adalah Thermometer Infra Red yang di gunakan sebagai alat ukur seorang teknisi untuk mendeteksi atau mengukur berapa besar nilai suhu yang terjadi pada benda kerja atau komponen mesin.

Thermometer Infra Red di lengkapi dengan cahaya merah yang merupakan cahaya yang berfungsi sebagai perantara untuk di tembakkan pada obyek benda kerja sehingga besarnya suhu pada benda kerja tersebut bisa terdeteksi.

Adapun penggunaan Thermometer Infra Red pada pabrik industri adalah sebagai berikut ;

  • Untuk mengukur suhu pada bearing dari komponen mesin seperti pada bearing roll calender, bearing pada ball screw, bearing pada gear box, bearing pada cyclo drive, bearing pada roll drive, dan lain sebagainya.
  • Untuk mengukur suhu pada bushing roll calender.
  • Untuk mengukur suhu pada pipping
  • Untuk mengukur suhu pillow block pada roll penggerak.
  • Dan lain sebagainya.
Sedangkan cara penggunaan Thermometer Infra red adalah :
  • Cukup dengan  menekan tombol power yang kemudian alat tersebut akan mengeluarkan cahaya infra red.
  • Arahkan cahaya infra Red tersebut pada obyek yang akan di ukur.
  • Kemudian lihat berapa besaran nilai yang tampil pada layar thermometer tersebut.

4) Thermometer Tempel.

Thermometer Tempel merupakan salah satu macam thermometer yang di gunakan oleh teknisi mesin yang berfungsi untuk mengukur suhu atau temperatur pada permukaan benda kerja atau komponen mesin yang cara penggunaannya adalah dengan menempelkan kepala deteksi Thermometer tersebut pada benda kerja.

Penggunaan Thermometer tempel ini biasanya di gunakan pada saat melakukan pengecheckan mesin atau inspeksi check yang di lakukan oleh  seorang teknisi mesin.

Penggunaan Thermometer model Tempel ini biasanya di gunakan untuk :
  • Mengukur suhu atau temperatur pada permukaan roll calender.
  • Mengukur suhu atau temperatur pada bushing roll calender.
  • Mengukur suhu atau temperatur bearing pada gear box drive.
  • Mengukur suhu atau temperatur bearing pada roll calender.
  • Dan lain sebagainya.
Adapun cara penggunaan Thermometer Tempel adalah sebagai berikut :
  • On kan power thermometer.
  • Kemudian tempelkan bagian head kabel pengukur suhu yang ada magnetnya.
  • Kemudian besaran nilai suhu akan muncul pada layar thermometer.
Demikian sedikit ulasan tentang macam - macam thermometer di pabrik industri.




1 comment:

  1. [11.17, 17/4/2020] Rudy.import: Jika Membutuhkan Jasa Pengiriman Barang Export - Import, Customs - Clearance Doot to Door, Borongan atau Sewa Undername.
    Bisa hubungin saya
    PT. AERO GLOBAL INDONESIA

    Not: (Jika ada barang yang tertahan di BC, kita bisa untuk proses pengurusannya)

    Hp/wa :082279988480
    Email :rudy.import24@gmail.com

    ReplyDelete