Breaking News

BAGIAN BAGIAN DARI UNIT TABUNG GAS OKSIGEN PADA GAS CUTTING



Pengertian dan Fungsi Gas Cutting.


Gas Cutting merupakan salah satu alat bantu yang di gunakan di pabrik industri maupun instansi sejenis lainnya sebagai alat pemotong benda kerja, material maupun komponen mesin yang terbuat dari logam.

Peralatan Gas Cutting biasanya di gunakan oleh pabrik - pabrik yang notabene mempunyai work shop sebagai area untuk melakukan perbaikan terhadap mesin produksi yang mengalami kerusakan.

Adapun komponen utama dari gas cutting tersebut adalah gabungan dari Unit Gas Acetylene dan unit Gas Oksigen.

Di kesempatan ini, saya mencoba mengulas tentang Bagian - bagian dari unit Tabung Gas Oksigen.
karena konten bagian - bagian dari Unit Gas Acetylene sudah saya sampaikan di kesempatan sebelumnya.

Bagian - Bagian Tabung Oksigen pada Gas Cutting dan Fungsinya.


Berikut adalah Bagian - bagian dari Unit Gas Oksigen pada mesin Gas Cutting yaitu :

1) Tabung Gas Oksigen.

Tabung gas merupakan salah satu komponen penting di dalam Unit Gas Cutting, Karena Tabung gas berfungsi sebagai penampung atau wadah Gas Oksigen.

Tabung gas oksigen di design sebagai bahan yang kuat menahan tekanan tinggi sehingga material tabung gas oksigen harus dari jenis logam.

Adapun cara handling atau perlakuan terhadap Tabung gas oksigen adalah sebagai berikut :
  • Pada saat handling Tabung Gas Oksigen yang berisi jangan di gelindingkan, karena bisa merusak permukaan Tabung dan bisa meledak jika terkena benturan keras.
  • Pada saat memindahkan Tabung gas oksigen jangan di angkat dengan tangan, karena Tabung gas Oksigen terlalu berat sehingga bisa berpotensi bahaya menimpa operator.
  • Jangan membawa tabung gas oksigen dengan alat bantu trolley biasa dengan posisi tabung gas tidur atau posisi horizontal, karena berpotensi tabung gas tergelincir jatuh dari trolley.
  • Jangan membawa Tabung Gas Oksigen Isi dengan alat angkut seperti Forklift dan sejenisnya, karena bisa terjadi getaran dan goyangan yang bereffect terjadi kerusakan pada body tabung gas atau terjadi peledakan.
Jadi Cara handling Tabung gas Oksigen yang baik adalah sebagai berikut :
  • Cara membawa atau memindahkan Tabung Gas Oksigen dari tempat satu ke tempat yang lain adalah menggunakan trolley khusus Tabung gas yang sudah di buat sedemikian rupa.
  • Tabung gas di pasang pada trolley dengan posisi berdiri vertikal dengan sedikit kemiringan untuk antisipasi dari jatuh.
  • Cara memindahkan Tabung Gas Oksigen dari storage ke trolley tabung gas adalah dengan cara di dorong putar dan di pegang dengan tangan serta posisi tabung gas berdiri.
  • Jangan menyimpan tabung gas oksigen di area tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

2) Valve Utama Tabung Gas Oksigen.

Valve utama tabung gas oksigen adalah valve yang terdapat pada tabung gas oksigen yang berfungsi untuk membuka dan menutup supply gas oksigen dari tabung gas menuju selang gas oksigen.

Valve utama gas oksigen ini akan di buka hanya pada saat gas cutting akan di gunakan dan valve utama gas oksigen harus posisi di tutup apabila tidak ada penggunaan gas cutting, karena untuk menghindari adanya kebocoran halus yang tidak terdeteksi pada unit.

Ada beberapa perlakukan penting pada valve utama gas oksigen ini adalah sebagai berikut :

  • Pada saat menggunakan gas oksigen untuk pekerjaan pemotongan benda kerja, maka bukalah valve utama pada tabung gas oksigen hanya setengah putaran saja.
  • Selalu konsentrasi dan fokus pada valve utama apabila ada arus balik sehingga pekerja langsung bisa bertindak menutup valve utama gas oksigen agar tidak timbul api effect arus balik tersebut.

3) Regulator Gas Oksigen.

Regulator gas oksigen berfungsi untuk mengadjust atau setting pressure atau tekanan gas oksigen yang akan di gunakan untuk proses pemotongan.

Biasanya settingan pressure atau tekanan gas oksigen antara 3 Kg/cm2 - 5 Kg/cm2.

Posisikan Regulator Gas oksigen pada kondisi nol presure apabila tidak ada pemakaian gas cutting unit, untuk menghindari adanya kebocoran pressure atau tekanan yang terbuang sia - sia.

4) Pressure Gauge Gas Oksigen.

Pressure Gauge mempunyai fugnsi sebagai penunjuk indikator besarnya nilai pressure atau tekanan gas oksigen yang ada.

Nilai angka yang di tunjukkan oleh jarum pada pressure gauge, merupakan nilai besarnya tekanan atau pressure dari aliran gas oksigen yang di setting melalui regulator berdasar kebutuhan penggunaan gas cutting yaitu 3 Kg/cm2 - 5 Kg/cm2.

5) Arrestor atau Safety Valve Gas Oksigen.

Arrestor atau safety valve merupakan salah satu komponen pada unit gas oksigen untuk gas cutting yang berfungsi sebagai alat safety pencegah adanya tekanan arus balik yang bisa bereffect terjadinya peledakan.

Mengapa bisa terjadi arus balik pada gas cutting ?

Karena adanya serbuk atau kotoran logam yang bisa menyumbat lubang nozzle atau ujung nozzle, sehingga tekanan atau pressure gas cenderung akan mendorong balik ke arah supply gas.

6) Hose Gas Oksigen.

Hose yang di buat dari bahan atau material yang tahan terhadap tekanan tinggi merupakan salah satu syarat penting yang harus di perhatikan pada saat instalasi gas cutting.

Biasanya hose oksigen ini terbuat dari karet atau rubber sehingga hose lebih bersifat lentur atau fleksible dan tidak mudah tertekuk pada saat hose di gulung pada stand trolley gas cutting.

Dan hose gas oksigen berwarna hijau atau biru yang menyesuaikan dengan warna tabung gas oksigen.

7) Torch atau Tangsten Gas Cutting.

Torch atau tangsten gas cutting merupakan komponen pada gas cutting yang di dalamnya terdapat dua lubang saluran untuk saluran gas oksigen dan saluran gas acetylene.

Kedua gas tersebut akan bersatu keluar dari ujung nozzle yang akan berubah menjadi nyala api gas cutting yang nantinya akan di gunakan untuk memotong benda kerja logam.

Sedangkan Torch atau tungsten gas cutting itu sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti :

  • Valve atau kran gas acetylene yang berfungsi sebagai valve untuk buka dan tutup besar kecilnya saluran gas acetylene dari tabung gas acetylene.
  • Valve atau kran gas oksigen yang berfungsi sebagai valve untuk membuka dan menutup  besar kecilnya saluran gas oksigen dari tabung gas oksigen.
  • Valve setting yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya volume campuran gas acetylene  dan gas oksigen yang akan keluar melewati nozzle.
  • Nozzle yang berfungsi sebagai ujung torch keluarnya campuran gas oksigen dan gas acetylene yang di rubah menjadi nyala api oleh pemantik api.
Demikian sedikit ulasan tentang bagian - bagian dari unit gas oksigen pada gas cutting.


1 comment:

  1. Ada regulasi ataupun SNI tentang penggunaan hose gas oksigen ?

    ReplyDelete