Breaking News

APAKAH ITU FLOW SWITCH OLI DAN BAGIAN BAGIANNYA


Apakah itu Flow Switch Oli..?

Sebagai Seorang Teknisi mungkin tidak asing dengan istilah flow switch oli, karena Flow switch oli merupakan salah satu komponen mesin pada bagian sistem oli lubrikasi.

Sedangkan sistem oli lubrikasi adalah salah satu sistem kerja yang di rancang sebagai sistem yang bekerja untuk melumasi atau menyalurkan lubrikasi berupa oli ke benda kerja atau komponen mesin produksi yang bergerak atau berputar.

Mengapa sebuah benda kerja atau komponen mesin produksi yang berputar atau bergerak memerlukan sebuah lubrikasi..?

Komponen mesin yang berputar pada sebuah tumpuan tentunya akan timbul sebuah gesekan secara langsung di antara dua komponen mesin tersebut yang sehingga gesekan tersebut akan bereffect adanya dampak - dampak negatif seperti keausan yang akan mengakibatkan abnormal mesin.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka di install sebuah sistem lubrikasi atau pelumasan berupa oli. Dengan maksud agar di antara persinggungan atau gesekan antara dua komponen mesin terdapat film oli yang bisa meredam adanya gesekan langsung antar dua komponen mesin itu.

Di dalam instalasi sistem lubrikasi oli tersebut, salah satu komponen pentingnya adalah Flow Switch oli.

Flow Switch oli adalah salah satu komponen pada sistem oli lubrikasi yang mempunyai fungsi untuk  mendeteksi adanya aliran atau flow oli yang bersirkulasi di dalam sistem lubrikasi.

Flow switch di hubungkan ke instalasi program, yang akan menginformasikan kepada operator mesin apabila terjadi abnormal seperti tidak adanya aliran oli di saat mesin On atau mesin dalam kondisi running.

Adapun bagian - bagian dari Flow Switch Oli adalah sebagai berikut :

1) PORT IN.

Port In adalah saluran lubang atau pintu masuknya sirkulasi oli ke ruang flow switch.

Port in pada flow switch biasanya berupa ulir yang di hubungkan dengan pipa supply oli dari pompa, sehingga setelah oli di pompa dari tanki oli akan masuk ke ruang flow switch melalui Port In.

2) FLOW BALL.

Flow Ball adalah sejenis bola kecil yang akan mengindikasikan secara visual bahwa adanya oli lubrikasi yang mengalir.

Oli lubrikasi yang masuk ke ruang Flow Switch melalui Port In akan mendorong Flow Ball sehingga pintu Port In semakin terbuka penuh.

Pada saat motor pump oli Off maka Flow Ball akan menutup Port In dan apabila kondisi motor pump oli On maka Flow Ball akan membuka Port In karena Flow Ball terdorong pressure oli lubrikasi.

3) SPRING FLOW SWITCH.

Spring flow switch berfungsi sebagai dudukan sekaligus sebagai pengembali posisi flow ball.

Flow ball menutup port in karena terdorong oleh gaya tekanan spring flow switch pada saat tidak ada pressure oli dan spring flow switch tersebut akan terdorong oleh flow ball di saat ada tekanan oli dari pumpa oli.

4) PORT OUT.

Port Out adalah saluran lubang atau pintu keluarnya oli lubrikasi dari ruang flow switch.

Sama halnya Port In, Port out juga di hubungkan dengan pipping untuk meneruskan sirkulasi oli lubrikasi ke komponen sistem lubrikasi berikutnya.

5) FLOW GLASS.

Flow Glass adalah sebuah tabung kaca atau mika transparan sebagai media ruang flow switch.

Flow glass sengaja berbahan transparan seperti kaca atau mika dengan tujuan supaya oli yang bersirkulasi dapat terlihat oleh operator mesin atau teknisi pada saat melakukan pengecheckan inspeksi.

6) BODY FLOW SWITCH.

Body Flow Switch adalah bracket atau housing flow switch unit sehingga bagian - bagian flow switch menjadi satu kesatuan.

7) KABEL INDIKASI FLOW SWITCH.

Kabel indikasi mempunyai fungsi untuk meneruskan informasi ke program apabila di dalam flow switch tidak ada aliran atau dorongan oli lubrikasi.

Kabel indikasi flow switch di pasang pada body flow glass, yang kemudian di teruskan ke program elektrik sehingga informasi tidak adanya pergerakan Flow Ball yang terdorong oli akan mengindikasin ke program bahwa tidak ada tekanan atau aliran oli yang bersirkulasi pada sistem.

Demikian sedikit ulasan tentang Apakah itu Flow Switch Oli dan Bagian - bagiannya.

No comments