Breaking News

APAKAH YANG DI MAKSUD DENGAN ISTILAH KAIZEN DI PABRIK INDUSTRI


Mungkin kita pernah terdengar atau mendengar istilah Kaizen, istilah bahasa yang sering di ucapkan oleh orang - orang yang akrab dengan dunia pekerjaan khususnya di dunia usaha pabrik industri.

Kaizen Sebenarnya adalah kata yang berasal dari bahasa jepang yang berarti Perubahan yang berkesinambungan atau perubahan ke arah yang lebih baik.

Sistem kaizen ini bisa di terapkan ke semua aktifitas atau pekerjaan apapun yang setiap hari kita lakukan, Baik itu sistem management, Sistem Administrasi, permesinan, perbengkelan, Gudang penyimpanan, dan lain - lainnya.

Karena pada dasarnya kaizen adalah suatu aktifitas atau sistem yang melakukan sebuah perubahan dari kondisi awal menjadi kondisi yang lebih baik atau bisa di sebut juga dengan melakukan Improvement atau Modifikasi.

Modifikasi atau Improvement merupakan sebuah aktifitas kerja yang di lakukan oleh seorang Teknisi yang berupa merubah, mengganti, menambah atau menghilangkan komponen mesin produksi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dari mesin produksi tersebut baik dari segi cost, efisiensi kerja, atau fungsi kerja dan lain sebagainya.


Adapun fungsi kita melakukan Kaizen di aktifitas kita sehari - hari adalah sebagai berikut :

1) Mendapatkan dan mengembangkan Ilmu baru.

Dengan menerapkan sistem kaizen maka semua pekerja atau masyarakat di dalam perusahaan bisa berfikir bagaimana carany supaya benda kerja tersebut mengalami perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Karena kondisi mesin atau benda kerja sebelumnya sering mengalami kerusakan yang berulang sehingga dengan kaizen maka kita akan berfikir bagaimana caranya agar mesin atau benda kerja tersebut tidak berulan trouble yang sama.

Dengan cara melalui berfikir dan mencari cara supaya mesin yang trouble berubah menjadi lebih baik itulah maka sistem kaizen tersebut akan menambah daya fikir dan ilmu yang berkembang untuk para karyawan di pabrik industri.

Contoh aktifitas kaizen di Item ini adalah sebagai berikut :
  • Part mesin sering mengalami trouble shaft patah sudah kita perbaiki sesuai kerusakannya, namun trouble tersebut terjadi kembali, Kemudian kita melakukan kaizen dengan Re- posisi part mesin tersebut atau kondisi shaft yang sering patah tersebut kita up grade ukuran shaftnya.
  • O - Ring Seal sering mengalami kebocoran, namun solusi kita hanya mengganti sesuia type O - Ring Tersebut. Kemudian kita melakukan kaizen dengan mengganti material O - Ring tersebut dengan yang lebih berqualitas atau tahan terhadap kondisi yang ada.
  • Dan Lain - lainnya.

2) Menekan Cost. 

Biaya operasional atau biaya perawatan terhadap kondisi mesin produksi sangatlah besar dan mahal, maka dari itu dengan membuat kaizen pada mesin produksi maupun segala hal aktifitas di masing - masing section atau divisi di dalam pabrik industri bisa mereduce atau menekan biaya operasional atau perawatan mesin dan part - part lainnya.

Contoh bentuk kaizen pada kasus Menekan Cost ini adalah sebagai berikut :
  • Baut Nut yang sering patah karena type baut nut tidak sesuai dengan beban yang ada, Solusi di perbesar Ukuran baut nut sehingga lebih kuat. Dengan  seringnya melakukan perbaikan mesin karena terjadi kerusakan akan menambah pengeluaran cost untuk aktifitas tersebut. Sehingga dengan adanya kaizen ini maka secara Cost menjadi menurun.
  • Merubah ukuran cylinder angin dari yang berukuran besar menjadi ukuran diameter kecil, namun hal ini tidak mengganggu cara kerja atau proses produksi.
  • Merubah jumlah pilllow block dari sebelumnya menggunakan 4 Pillow block dengan melakukan kaizen, maka pillow block tersebut di rubah hanya dengan menggunnakan pillow block 2 pcs.
  • Dan Lain - lainnya.

3) Membuat kondisi area kerja kita semakin nyaman dan aman serta menyenangkan.

Merubah kondisi area kerja dengan tujuan supaya suasana pekerjaan tidak monoton, menghilangkan part - part mesin atau accesoris yang tidak terpakai atau yang berpotensi menimbulkan bahaya untuk keselamatan kerja para karyawan juga merupakan suatu hasil dari aktifitas kaizen.

Contoh bentuk kaizen pada kasus tersebut adalah sebagai berikut :
  • Ada bagian tertentu part mesin produksi atau sarana yang ada di area kerja kita dan hal tersebut mempunyai potensi bahaya, maka dengan menghilangkan atau memperbaiki kondisi part tersebut, maka akan menciptakan area yang safety dan nyaman untuk bekerja.
  • Melakukan penataan atau peringkasan barang - barang part yang ada di area kerja kita maka akan membuat suasana dan kondisi kerja menjadi menarik dan sehat.
  • Dan lain - lainnya.

4) Mengurangi  frekuensi aktifitas perawatan kita terhadap part tersebut.

Dengan melakukan kaizen maka secara otomatis kondisi mesin menjadi cenderung lebih aman atau tidak terjadi trouble yang berkelanjutan, sehingga hal tersebut lebih mengurangi aktifitas kita di dalam melakukan perbaikan terhadap mesin produksi.

Contoh bentuk kaizen pada kasus tersebut adalah sebagai berikut :
  • O - Ring cylinder sering rusak  karena menggunakan material O -Ring yang biasa, adapun bentuk kaizennya adalah mengganti O - Ring dengan jenis material yang lebih bagus dan kuat.
  • Kondisi baut M 8 sering patah karena tidak kuat menahan beban, maka solusi kaizennya adalah mengganti baut M8 menjadi M12 Sehingga baut lebih kuat terhadap beban berat.
  • Dan Lain - lainnya.

5) Meningkatkan efektifitas kerja dari part mesin tersebut.

Dengan melakukan peringkasan pada jumlah part - part mesin di saat proses kerja merupakan suatu usaha untuk meningkatkan efektifitas kerja dari part - part mesin produksi.

Dalam melakukan kaizen ini membutuhkan atau melibatkan semua eleman yang berada di instansi tersebut, baik itu bawahan maupun sebagai pimpinan. Karena dampak dan effect dari kaizen ini akan berguna dan bermanfaat bagi semua elemen di dalam perusahaan tersebut.

Aktifitas kaizen tidak mengenal area kerja, bentuk kerja, kondisi kerja maupun sumber daya pekerja. Karena kaizen adalah bersifat flexible semua situasi dan kondisi.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Apakah yang di  maksud dengan istilah Kaizen di pabrik industri.


No comments