Breaking News

APAKAH YANG DI MAKSUD DENGAN EXHANGER DI PABRIK INDUSTRI


Apakah yang di maksud dengan Exhanger...?

Di dalam dunia pabrik industri, ada beberapa perusahaan yang mengenal istilah Exhanger karena di sistem proses produksinya menggunakan part mesin tersebut.

Exhanger adalah salah satu part pada TCU yang berfungsi sebagai media masuknya sirkulasi steam untuk memanaskan atau menaikkan temperatur sirkulasi air jika terjadi temperatur drop atau over cool dari settingan.

Sedangkan yang di maksud dengan TCU atau Temperatur Control Unit itu adalah sebuah part mesin produksi yang merupakan serangkaian dari beberapa part menjadi unit instalasi pipping yang mempunyai fungsi sebagai pengontrol temperatur pada benda kerja mesin dengan menggunakan media sirkulasi air dan steam.

Baca Selengkapnya Tentang TCU dan Part - Partnya.

Di dalam Exhanger ada 2 jalur lubang yang berbeda dan tidak saling bertemu, di sinilah fungsi utama exhanger bahwa satu jalur lubang untuk di lalui oleh pressure utama air TCU dan lubang satunya adalah jalur untuk di lalui Steam.

Adapun pengertian 2 Unsur yang melalui ruang Exhanger tersebut adalah sebagai berikut :

1. Unsur Steam.

Steam adalah Unsur Uap panas yang di supply dari tenaga pembangkit Steam untuk di distribusikan ke seluruh titik kebutuhan di mesin produksi atau pabrik industri. Sedangkan Steam itu sendiri mempunyai sifat panas hingga ratusan Derajat Celsius.

Sedangkan Fungsi Steam Adalah Untuk Memanaskan sirkulasi air di sistem TCU yang bertujuan untuk menstabilkan settingan temperatur apabila kondisi temperatur actual lebih rendah dari temperatur settingan.

2. Unsur Air.

Air adalah unsur utama di dalam sirkulasi TCU yang mengalir bersirkulasi di dalam pipping dan  benda kerja untuk menciptakan temperatur yang sesuai dengan settingan proses.

Sedangkan Fungsi Unsur Air di dalam TCU adalah untuk mendinginkan sirkulasi di dalam pipping, apabila temperatur pada benda kerja melebihi settingan, maka air panas yang bersirkulasi secara otomatis terbuang dan  kondisi supply air utama terus masuk ke sirkulasi untuk mensupply.

Adapun Sistem kerja antara Air dan Steam di dalam Exhanger adalah bahwa kondisi air sirkulasi selalu bersirkulasi melewati Exhanger apapun kondisi temperaturnya, Apabila temperatur benda kerja di bawah settingan maka secara otomatis Unsur Steam akan memasuki Exhanger, Sehingga sirkulasi air yang sebelumnya dingin di Exhanger maka secara perlahan akan panas menuju temperatur sesuai settingan.

Unsur Air dengan Unsur Steam di dalam Exhanger tidak bertemu atau bercampur karena jalur lubang antara Air dengan Steam berbeda arah atau bersilangan.

Adapun bagian - bagian part dari Exhanger adalah sebagai berikut :
  • Port In water yang berfungsi sebagai pintu In atau masuknya air sirkulasi sistem TCU ke dalam sirip - sirip lubang exhanger.
  • Port Out water yang berfungsi sebagai pintu Out atau keluarnya air sirkulasi sistem TCU dari sirip - sirip atau lubang exhanger.
  • Port In steam yang berfungsi sebagai pintu In atau lubang masuknya supply steam ke dalam sirip - sirip lubang exhanger.
  • Port Out steam yang berfungsi sebagai pintu Out atau lubang keluarnya sirkulasi steam dari sirip - sirip lubang exhanger.
  • Sirip - sirip exhanger yang berfungsi sebagai pemisah antara sirkulasi supply water dengan sirkulasi supply steam.
  • Casing exhanger yang berfungsi sebagai body atau housing dari sirip - sirip exhanger.
  • Lubang baut exhanger yang berfungsi sebagai lubang pengikat body exhanger ke body mesin.
Dengan semakin berkembangnya teknologi di dunia industri maka bentuk dan model Exhanger selalu mengalami perubahan dan material, Namun secara Fungsi mempunyai kesamaan yaitu sebagai Media pemanas sirkulasi TCU.

Adapun hal - hal trouble atau masalah yang bisa terjadi pada exhanger adalah sebagai berikut :
  • Air Sirkulasi bocor pada sealer Exhanger.
  • Sirkulasi In Out pada Air mampet atau sirkulasi tidak lancar, solusi lepas hose supply air dan bersihkan lubang saluran In Out sampai benar - benar tidak mampet.
  • Temperatur TCU pada benda kerja tidak panas karena sirip - sirip pemisah antara air dengan steam bocor sehingga aliran air dengan steam bercampur menjadi satu.
Alat Pelindung Diri yang di gunakan oleh Teknisi Mekanik di dalam bongkar pasang Exhanger adalah sebagai berikut :
  • Sarung Tangan, yang berfungsi sebagai pelindung anggota tubuh bagian tangan dari potensi bahaya tersembur air panas Steam.
  • Helmet Safety, yang berfungsi sebagai pelindung anggota tubuh bagian kepala dari potensi bahaya terbentur benda keras di TCU area.
  • Sepatu Safety, yang berfungsi sebagai pelindung anggota tubuh bagian kaki dari potensi bahaya tertimpa benda berat atau tool kerja.
  • Baju kaos lengan panjang, yang berfungsi sebagai pelindung anggota tubuh bagian lengan dari potensi bahaya tersengat panas pipping TCU.
Sedangkan tool kerja yang biasa di gunakan untuk melakukan pemasangan dan pelepasan Exhanger Unit di TCU adalah sebagai berikut :
  • Kunci Pipa, yang berfungsi untuk melepas dan memasang pipa.
  • Kunci Inggris atau kunci pas, yang berfungsi sebagai tool untuk membuka dan memasang baut nut claim exhanger unit.
  • Tang, yang berfungsi sebagai pemotong atau mengikat kawat tali untuk melapisi pipa dengan glass woll.
  • Seal tape, yang berfungsi sebagai sealer untuk ulir pipa yang akan di pasang di unit.
Hal yang harus di lakukan oleh seorang teknisi mekanik untuk melakukan perawatan terhadap exhanger unit adalah sebagai berikut :
  • Pastikan selalu bersihkan fiter air supply agar kondisi air sirkulasi di dalam TCU bersih sehingga kondisi lubang exhangerpun selalu bersih dan bebas mampet.
  • Pastikan selalu check kondisi flow glass aliran air TCU bahwa kondisi sirkulasi di dalam exhanger maksimal.
  • Pastikan check selalu kondisi temperatur TCU aktual dan setting apakah normal atau tidak.
  • Pastikan kondisi pipa exhanger tidak ada kondisi pipa yang kropos.
Demikianlah Sedikit ulasan tentang Apakah Itu Exhanger di Pabrik Industri.

No comments