SYARAT DASAR MENJADI CUSTOMER SERVICE
Apakah Syarat - Syarat Dasar yang harus di miliki oleh Seorang Customer Service di sebuah Perusahaan atau Pabrik Industri ?
Bagi para sahabat yang berminat dan bercita - cita menjadi seorang Customer Service, maka ada beberapa syarat Dasar yang mesti di perhatikan agar anda siap menjadi Seorang Customer Service yang profesional.
Adapun Syarat - Syarat yang harus di persiapkan sebagai Calon Seorang Customer Service adalah sebagai berikut ;
1. SYARAT MENTAL.
Mental merupakan syarat pertama yang harus dipersiapkan, Karena mental merupakan modal dasar menjadi seorang Customer Service.
Sebagai Seorang Customer service selalu bertemu dengan konsumen atau Tamu yang mempunyai karakter dan watak yang berbeda - beda, sehingga sebagai Seorang Customer Service harus mempunyai mental yang kuat.
Setiap Konsumen atau tamu yang akan Customer Service layani tentunya mempunyai berbagai macam kebutuhan dan keinginan, sehingga hal tersebut merupakan permasalahan yang harus siap untuk di hadapi.
Dengan berbagai macam kebutuhan atau kepentingan, tentunya berbagai macam pula kondisi emosional dari para tamu atau konsumen tersebut yang harus di hadapi oleh seorang Customer Service.
Mental seorang Customer Service harus di siapkan untuk menghadapi jika ada para tamu atau konsumen yang mengalami ketidak puasan terhadap hal - hal yang inginkan.
Ada tamu atau konsumenyang suka marah - marah, suka emosi, suka berkata - kata kasar, suka berkata - kata keras dan lain sebagainya. Dengan kondisi tersebut, maka sebagai seorang Customer Service harus siap mental yang kuat untuk menghadapai semua itu.
Dengan kondisi tamu atau konsumen yang mempunyai berbagai macam karakter tersebut, sebagai seorang Customer Service di tuntut untuk bisa menghadapi dan meredam kondisi tersebut agar lebih kondusif dan tidak menimbulkan kegaduhan.
2. SYARAT FISIK.
Syarat Dasar sebagai seorang Customer Service berikutnya adalah Seorang Customer Service harus mempunyai Penampilan yang menarik dan menyenangkan kepada customer atau konsumen atau tamu perusahaan pabrik Industri.
Penampilan yang menarik ini merupakan syarat Fisik yang harus ada atau di miliki oleh seorang Customer Service, Karena sebagai seorang Customer Service selalu bertemu dan menjalin komunikasi.
Dengan mempunyai penampilan yang menarik, tentunya hal tersebut akan lebih menghormati dan menghargai tamu atau konsumen perusahaan, sehingga sebagai seorang tamu akan lebih senang dan merasa di hargai sebagai tamu.
Sebagai seorang Customer Servise, berusahalah untuk selalu tampil semaksimal mungkin dari segi penampilan secara fisik, seperti penampilan baju atau seragam kerja yang rapih, penampilan penyambutan tamu yang sopan, dan lain sebagainya.
Dengan kondisi penampilan secara fisik, tentunya merupakan penilaian yang akan di rasakan oleh tamu atau konsumen tentang kondisi perusahaan, Instansi atau pabrik Industri.
Sehingga dengan penampilan sebagai Customer Service merupakan gambaran atau cermin dari kondisi perusahaan atau pabrik Industri itu sendiri.
3. SYARAT SOSIAL.
Syarat Dasar sebagai seorang Customer Service berikutnya adalah Syarat Sosial, Sebagai seorang Customer Service harus mempunyai jiwa sosial yang tinggi.
Dengan mempunyai jiwa sosial yang tinggi akan lebih membuat suasana lebih nyaman dan aman, karena sebagai seorang Tamu atau konsumen akan lebih asik dan betah di saat bertamu dengan adanya jamuan yang ramah dari Customer Service tersebut.
Berikut contoh sebagai seorang Customer Service harus mempunyai Skill Sosial adalah seperti :
- Sebagai seorang Customer Service harus Bijaksana.
- Sebagai seorang Customer Service harus bersosialisasi dengan Konsumen atau tamu.
- Seorang Customer Service harus berkomitmen dengan tamu atau konsumen.
- Dan lain sebagainya.
Dengan sosial yang tinggi mencerminkan bahwa seorang Customer Service tersebut mempunyai sifat dan sikap kekeluargaan yang menganggap semua konsumen atau tamu sebagai orang terdekatnya perusahaan atau pabrik Industri.
4. SYARAT
KEPRIBADIAN.
Syarat kepribadian yang harus di miliki oleh seorang Customer Service adalah bahwa seorang customer service harus :
- Bisa mengendalikan Diri
- Tidak mudah berkata kasar kepada konsumen atau tamu perusahaan.
- Tidak Mudah Emosi atau tidak mudah marah.
- Dan lain sebagainya.
No comments