Breaking News

TUGAS STAFF ADMINISTRASI QUALITY ASSURANCE

 


TUGAS STAFF ADMINISTRASI QUALITY ASSURANCE

Apakah tugas sebagai Staff Administrasi Quality Assurance di sebuah perusahaan Pabrik Industri ?

Staff Administrasi Quality Assurance merupakan salah satu job pekerjaan yang sangat penting di dalam sebuah Instansi atau kantor, di perusahaan maupun di pabrik Industri.

Sehingga dengan sangat pentingnya pekerjaan tersebut, maka peluang sebagai administrator di sebuah Instansi atau perusahaan sangat terbuka lebar bagi anda yang mempunyai bakat dan kompetensi di bidang tersebut.

Secara Umum, Staff Administrasi memiliki tugas untuk membantu pekerjaan di dalam departemen atau divisi perusahaan dari segi administrative.

Setiap perusahaan berbeda - beda bidang usahanya sehingga Tugas secara di lapangan tentunya juga berbeda - beda tergantung kebutuhan dari perusahaan tersebut.

Contoh Departement atau divisi di sebuah Perusahaan Pabrik Industri adalah sebagai berikut :

  • Departement atau divisi Quality Assurance atau QA
  • Departement atau divisi Produksi
  • Departement atau divisi Enginering.
  • Departetment atau divisi HRD.
  • Departement atau divisi GA.
  • Departement atau divisi PPC.
  • Departement atau divisi WT.
  • Dan lain sebagainya.
Departement atau divisi Quality Assurance merupakan Departement atau divisi di dalam pabrik Industri yang mempunyai job Khusus di bidang Penjamin Quality atau Jaminan Kualitas produk yang dihasilkan oleh produksi atau memastikan bahwa kualitas produk yang di hasilkan sesuai  dengan standard perusahaan yang berlaku.

Dengan adanya Departement Quality Assurance di harapkan tidak ada produk dan biaya produksi yang terbuang sia -sia akibat produk tidak mempunyai kualitas atau mutu yang sesuai dengan standard perusahaan.

Adapun secara garis besar Tugas Sebagai Departement atau Divisi Quality Assurance adalah sebagai berikut :
  • Menjamin kualitas dari hasil produk yang akan dipasarkan ke konsumen.
  • Menjamin kualitas pada barang yang akan di produksi di next proses di dalam pabrik Industri itu sendiri.
  • Melakukan Inspeksi atau penelitian kualitas terhadap produk yang di hasilkan dari pabrik Industri.
  • Menjudgement kualitas produk sesuai dengan standart yang di keluarkan dari pabrik Industri.

Adapun Tugas lain dari seorang Staff Administrasi Divisi Quality Assurance adalah sebagai berikut :

1) Melakukan Rekap Data Quality Assurance.

Data - data penting yang ada di sebuah departement atau divisi Quality Assurance perlu untuk di rekap ulang agar histori dari data tersebut tidak hilang, sehingga jika suatu saat data tersebut di butuhkan, bisa di lihat kembali.

Data - data yang perlu di rekap pastinya berbeda - beda tergantung jenis kegiatan atau peristiwa yang sedang terjadi di departement Quality Assurance tersebut.

Contoh data - data yang harus di rekap seperti berikut :

  • Data hasil Test terhadap material produksi yang OK.
  • Data hasil test uji terhadap material produksi yang NG.
  • Data judgement tehadap kualitas produk.
  • Data nama dan jenis material produk yang di check kondisi kualitasnya.
  • Dan lain sebagainya.
Merekap data bisa di katakan mempermudah pendataan terhadap barang, aktifitas maupun pekerjaan yang sudah dilakukan agar data aktifitas tersebut terekap dengan rapih dan mudah untuk di pahami.

2) Menyimpan Data Quality Assurance.

Setelah melakukan Rekap Data aktifitas yang sudah terjadi, langkah berikutnya adalah Melakukan Penyimpanan Data tersebut di dalam File Khusus Komputer.

Menyimpan data di dalam file komputer dengan tujuan histori data akan tersimpan secara soft ware sehingga suatu saat di butuhkan, maka data tersebut bisa di buka dan di lihat kembali.

Setiap data untuk barang, aktifitas maupun pekerjaan tentunya mempunyai tampilan yang berbeda di dalam penyimpanan file, agar tidak membuat rancu pada saat di butuhkan oleh pimpinan Departetmen atau Pimpinan Divisi Quality Assurance.

3) Mengelola Dokumentasi Data Quality Assurance.

Setiap data yang sudah di Rekap dan di simpan didalam file komputer oleh Staff Administrasi Quality Assurance terkadang ada yang perlu untuk di dokumentasi secara hard copy atau di photo kopi sebagai data secara fisik.

Setiap dokumentasi data tentunya berbeda - beda tergantung dari jenis aktifitas atau pekerjaan atau barang yang perlu di dokumentasikan.

Setiap data di print out dan di simpan ke dalam bantek dan Usahakan di bantek tersebut di beri identitas, sehingga para member di departement tersebut mudah untuk mencari data tersebut jika sedang membutuhkan.  

Selain itu juga, sebagai Tugas Staff Administrasi Quality Assurance adalah merawat dan memelihara dokumentasi data tersebut agar tidak hilang, tidak berantakan dan tidak rusak.

4) Membuat Agenda Aktifitas Departement Quality Assurance.

Agenda Aktifitas setiap departement Quality Assurance setelah di tanda tangani oleh Pimpinan Departemen atau divisi kemudian di buat oleh Staff Administrasi untuk di agendakan di setiap harinya.

Sebagai Tugas Staff Administrasi Quality Assurance setiap hari biasanya ikut mengingatakan kepada member Departemen atau Divisi tentang agenda aktifitas atau pekerjaan pada setiap hari.

Sehingga dengan adanya Tugas Staff Administrasi tersebut anggota atau karyawan departement di perusahaan tersebut sangat terbantu.

Contoh agenda aktifitas di sebuah departement adalah sebagai berikut :
  • Jadwal Meeting Internal Departement.
  • Jadwal Meeting dengan eksternal Departement.
  • Jadwal kunjungan ke luar kota.
  • Jadwal Training Karyawan.
  • Jadwal aktifitas Internal Pengecheckan kualitas.
  • Dan lain sebagainya.
5) Menyediakan Alat Tulis Kantor.

Tugas Staff Administrasi Quality Assurance yang lainnya adalah melakukan penyediaan alat Tulis Kantor di dalam divisi atau departemen Quality Assurance  internalnya.

Setiap Aktifitas pekerjaan pasti membutuhkan yang namanya alat tulis kantor, karena alat tulis kantor merupakan sarana penting yang tidak bisa terpisah dari aktifitas perkantoran.

Sebagai staff administrasi Quality Assurance di kantor atau perusahaan tentunya menyiapkan segala kebutuhan alat tulis kantor di departementnya merupakan hal yang biasa di lakukan setiap harinya. 

6) Menerima Panggilan Telepon.

Selain mengerjakan pekerjaan pembukuan, seorang Tugas Staff Administrasi di Divisi Quality Assurance juga mengerjakan penerimaan panggilan Telepon yang masuk ke dalam departemennya.

Hal tersebut di lakukan karena terkadang Pekerja atau karyawan tidak ada di ruang kerjanya atau karena kondisi pekerja sedang melakukan pekerjaan yang tidak bisa di tinggalkan.

Dengan kondisi tersebut, maka Tugas Staff Administrasi adalah menghandle penerimaan panggilan telepon tersebut.

KETRAMPILAN STAFF ADMINISTRASI QUALITY ASSURANCE

Sebagai seorang Staff Administrasi Quality Assurance harus mempunyai beberapa ketrampilan sebagai basic dasar agar bisa bekerja di sebuah departemen atau kantor perusahaan.

Ketrampilan yang harus di miliki oleh Seorang Staff Administrasi Quality Assurance adalah sebagai berikut :

1. Bisa Mengoperasikan Komputer.

Sebagai Seorang Staff Administrasi Quality Assurance tentunya harus mahir menguasai dan mengoperasikan komputer, karena memang pekerjaan utamanya adalah di depan komputer.

Selain bisa mengoperasikan komputer, tentunya seorang Staff administrasi Quality Assurance juga harus menguasai beberapa program komputer yang sering di gunakan di perkantoran seperti Excel, Power Point, Word, dan lain sebagainya.

2. Staff Administrasi Quality Assurance Harus Teliti.

Berhubung pekerjaan sebagai staff administrasi Quality Assurance adalah dengan data, maka mempunyai karakter Teliti merupakan modal penting sebagai staff administrasi.

3. Staff Administrasi Quality Assurance harus Tenang dan Cermat.

Sebagai seorang staff administrasi harus mudah tenang dan cermat, karena seorang Staff administrasi selalu bekerja di bawah tuntutan kecepatan dan tekanan dari pimpinan departementnya.

Hal tersebut karena hasil pekerjaannya staff Administasi yang di berikan kepada atasannya merupakan hasil langsung yang akan di pertanggung jawabkan pimpinan departement tersebut kepada perusahaan.

4. Staff Administrasi Quality Assurance harus Dapat Bekerjasama.

Seorang Staff  Administrasi sering bertemu dan melayani dengan berbagai karakter manusia atau pekerja di dalam departementnya tersebut, sehingga dengan beragam karakteristik tersebutlah seorang staff  Administrasi di tuntut untuk bisa menjalin kerjasama yang harmonis.


FUNGSI TUGAS STAFF ADMINISTRASI QUALITY ASSURANCE

Dengan adanya Staff Adminitrasi tentunya membuat pekerjaan di departement atau di perusahaan menjadi lebih ringan karena tugas yang di lakukan berkenaan dengan management perusahaan atau departement.

Adapun Fungsi Tugas Staff Administrasi Quality Assurance adalah sebagai berikut ;
  • Perngarsipan dokumen dan data di dalam departement lebih terorganisir dengan baik dan lebih memudahkan pekerjaan semua member departement.
  • Semua pekerjaan bisa di bagi sesuai kapasitas masing - masing pekerja.
  • Semua tugas pekerjaan kantor atau departement bisa di selesaikan dengan baik karena adanya manajemen khusus di bidang administrasi.
  • Semua aktifitas bisa terarah dan terstruktur dengan baik karena ada sistem pengaturannya tepat.
Demikian sedikit ulasan tentang Tugas Staff Administrasi Quality Assurance di Perusahaan.

1 comment:

  1. penjelasan tentang deskripsi pekerjaan seorang administrasi quality assurance sangat baik dan juga saya baru tahu kalau ada bidang kerja seperti ini
    https://renwawasan.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete