TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB GENERAL AFFAIRS GA
Apakah Tugas sebagai Divisi General Affairs atau GA di sebuah pabrik Industri ?
GA ATAU GENERAL AFFAIRS merupakan salah satu divisi atau departemen di sebuah perusahaan yang juga merupakan bagian dari struktur organisasi sebagaimana halnya divisi atau departemen lainnya.
TUGAS GENERAL AFFAIR DI PERUSAHAAN ADALAH :
1. MENGELOLA PENGADAAN BARANG KEBUTUHAN PERUSAHAAN.
Barang yang di butuhkan oleh perusahaan, yang di mana barang tersebut di gunakan sebagai alat sarana penunjang aktifitas pekerjaan.
Barang - barang tersebut seperti contoh sebagai berikut :
- Alat Tulis Kantor atau ATK seperti kertas photo copy, tinta print, bantek, klip kertas, dll.
- Meja dan kursi kerja
- Komputer atau letop
- Lemari untuk menyimpan file atau dokument.
- Dan lain sebagainya.
2. MENGELOLA FASILITAS YANG DI BUTUHKAN OLEH PERUSAHAAN.
Fasilitas yang di butuhkan oleh perusahaan tentunya di peruntukkan sebagai wujud perlengkapan pelayanan kepada kebutuhan karyawan.
Fasilitas - fasilitas tersebut adalah sebagai berikut :
- Kantin atau tempat makan
- Kebutuhan Air minum
- Alat transportasi karyawan
- Sarana ibadah karyawan.
- Security atau satuan pengaman
3. MEMBUAT PRIORITAS ANGGARAN PERUSAHAAN.
Membuat anggaran untuk membeli barang - barang dan fasilitas yang di butuhkan oleh perusahaan harus di kelola dan di atur agar biaya pengeluaran sesuai dengan budget perusahaan.
Hal tersebut merupakan salah satu Tugas pekerjaan di divisi atau departemen General Affairs GA.
Setiap perusahaan pasti mempunyai budget atau anggaran untuk setiap jenis pengeluaran agar kondisi cost stabil dan terjaga.
Sehingga termasuk salah satu Tugas sebagai Divisi GA general affairs adalah menyesuaikan budget perusahaan untuk memenuhi barang dan fasilitas yang di butuhkan oleh perusahaan itu sendiri.4. MENJALIN KOMUNIKASI INTERNAL DENGAN DIVISI LAINNYA.
Yang menggunakan dan membutuhkan barang atau fasilitas perusahaan adalah semua divisi yang ada di dalam perusahaan.
Sehingga sudah selayaknya, Tugas Divisi GA adalah melayani kebutuhan divisi tersebut dari segi pengadaan barang dan fasilitas sesuai kebutuhan masing - masing divisi.
Selain itu juga, divisi General Affairs selalu menjalin komunikasi dan informasi kepada semua divisi internal di perusahaan tersebut tentang pengadaan barang yang di butuhkan.
Contoh divisi - divisi tersebut adalah sebagai berikut :
- Divisi Engineering.
- Divisi Produksi.
- Divisi Ware House.
- Divisi Work Technikal.
- Divisi Quality Assurance.
- Divisi PPC
- Dll
5. MENJALIN KOMUNIKASI DENGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN.
Selain melakukan komunikasi dengan divisi atau pihak Internal Perusahaan, Divisi General Affairs juga melakukan komunikasi dengan pihak Eksternal.
Pihak - pihak Eksternal tersebut berhubungan karena memang ada hubungan kerjasama dengan perusahaan.
Pihak eksternal tersebut merupakan pihak yang memenuhi kebutuhan fasilitas harian di dalam perusahaan.
Pihak - pihak eksternal tersebut seperti contoh :
- Pihak penyedia alat transportasi karyawan atau bus jemputan.
- Pihak penyedia Sarana makan karyawan atau Catering.
- Pihak penyedia jasa minuman karyawan setiap hari.
- Pihak penyedia supplier Alat Tulis Kantor.
- Pihak perusahaan yang melakukan perawatan komputer atau letop.
- Dan lain sebagainya.
No comments