Breaking News

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB CHECKER GUDANG BENANG PABRIK TEKSTIL

Checker gudang benang atau lebih mudahnya di sebut sebagai pekerja yang bertugas untuk mengecheck kondisi benang yang ada di gudang untuk di lanjutkan ke proses produksi berikutnya.

Merupakan aktifitas bagi mereka yang selalu rutin di kerjakan setiap hari, karena memang hal tersebut merupakan tugas dan tanggung jawan checker gudang benang.

Kemudian apa saja yang harus di check di gudang benang tersebut oleh checker gudang ?

Item - item pokok yang biasanya di check di gudang benang adalah sebagai berikut :

  • Jenis benang
  • Kode benang
  • Warna benang
  • Jumlah benang
  • Kualitas benang
  • Kondisi fisik benang
  • Dan lain sebagainya.
Setiap perusahaan tentunya mempunyai Standart Pengecheckan yang berbeda - beda, begitupun dengan Standart operation kerja di sebuah gudang benang itu sendiri.

Namun pada dasarnya sebagai seorang Checker Gudang Benang di pabrik Tekstil adalah memastikan bahwa supply benang selalu siap untuk di kirim ke bagian produksi sebagai bahan pokok pembuatan kain sesuai orderan dan kebutuhan.

Sebagai pekerja yang berprofesi checker gudang benang di pabrik tekstil di harapkan mempunyai keahlian tambahan yaitu bisa mengoperasikan alat angkat dan angkut seperti Forklift.

Alat angkat dan angkut berupa Forklift di gunakan sebagai alat transportasi oleh para operator checker gudang karena di saat ada orderan benang dengan jumlah banyak oleh produksi, maka harus menggunakan forklift untuk mengangkat benang tersebut.

Sebagai seorang checker gudang benang harus bisa hafal bermacam - macam jenis benang dan item inspeksi terhadap benang itu sendiri.

Setiap kain yang di produksi oleh mesin produksi, tentunya berbeda - beda motif maupun kualitasnya. Melihat hal tersebut sebagai seorang checker gudang benang harus bisa menyesuaikan kebutuhan stock benang.

Berikut adalah beberapa tugas pokok sebagai checker gudang benang yaitu :
  • Stock opname atau memastikan stock spare benang yang ada di gudang untuk di supply ke bagian produksi.
  • Memberi label benang dengan identifikasi sesuai nama dan jenisnya.
  • Menata atau mengelompokkan benang berdasar jenis dan type ke dalam box.
  • Dan lain sebagainya sesuai instruksi kebutuhan dari perusahaan masing - masing.
Sebagai checker gudang benang, tidak terlalu banyak potensi bahayanya pada saat bekerja di area gudang benang.

Karena memang aktifitasnya, dominan hanya mengecheck kondisi stock dan melayani request benang dari bagian operator produksi.

Namun dengan demikian, tetap bekerja hati - hati dan waspada merupakan salah satu hal yang wajib di laksanakan guna menjaga safety pada saat bekerja.

Berbicara masalah gaji, setiap checker gudang benang biasanya di gaji berdasarkan besarnya UMR di setiap daerah dan di tambah dengan besarnya uang lemburan serta beberapa jenis tunjangan setiap bulannya.

Demikian sedikit ulasan tentang Tugas dan Tanggung Jawab Checker gudang benang di pabrik Tekstil Industri.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi..

Terima kasih..sudah berkunjung di http://samiinstansi.blogspot.com






No comments