Breaking News

FUNGSI NECK GEAR DI PABRIK INDUSTRI


Neck Gear yang biasa di gunakan di pabrik Industri merupakan gear yang berfungsi untuk meneruskan gerak putar ke komponen mesin lainnya dari putaran yang di hasilkan oleh Motor Penggerak.

Dengan kata lain Neck Gear adalah komponen berbentuk Roda Gigi yang berputar dari effect putaran Motor penggerak, yang kemudian Neck Gear tersebut terhubung dengan Neck Gear lainnya sehingga di saat motor penggerak berputar maka secara otomatis semua komponen mesin yang terikat dengan neck gear akan ikut berputar.

Dengan menggunakan motor penggerak single bisa menggerakkan lebih dari satu komponen mesin jika komponen mesin tersebut terhubungkan oleh Roda Gigi yang disebut dengan Neck Gear.

Neck Gear satu dengan Neck Gear lainnya akan selalu bersinggungan atau bersentuhan pada saat berputar sehingga di antara neck gear tersebut berpotensi tinggi terjadi keausan atau kerusakan yang fatal.

Sehingga untuk menjaga agar kondisi neck gear tidak terjadi keausan atau kerusakan maka pada Persinggungan antar Neck gear harus di lumasi dengan oli pelumas yang sesuai.

Adapun Fungsi Oli pelumas pada Roda gigi Neck Gear tersebut adalah sebagai berikut :

  • Untuk membentuk film Oli atau pelumas di antara dua permukaan neck gear sehingga antar roda gigi neck gear tidak terjadi kontak langsung atau persinggungan langsung yang bisa berakibat keausan pada neck gear.
  • Untuk mendinginkan neck gear pada saat berputar.
  • Untuk meredam bunyi atau noise di antara persinggungan dua permukaan neck gear.
Hal - hal yang harus di lakukan oleh seorang Teknisi Mekanik terhadap kondisi Neck Gear adalah sebagai berikut ;
  • Selalu check setiap saat kondisi level atau volume oli pelumas pada tanki oli.
  • Selalu check sistem kerja lubrikasi atau pelumasan baik secara sirkulasi oli pelumas maupun kondisi shower oli yang melumasi langsung ke permukaan neck gear.
  • Check kondisi temperatur oli pelumas pada tanki oli.
  • Check secara visual kondisi permukaan neck gear pada saat stop apakah ada kondisi neck gear yang terjadi kerusakan atau keausan.
  • Check kondisi neck gear pada saat kondisi running apakah terjadi noise atau bunyi dan getaran yang abnormal.
Di Pabrik Industri yang biasa menggunakan neck gear adalah komponen mesin seperti Roll Calender, Sedangkan Roll Calender itu sendiri biasanya berfungsi untuk menghaluskan material atau bahan produk yang di mana roll calender tersebut berjumlah lebih dari satu.

Demikian sedikit ulasan tentang Neck Gear di Pabrik Industri.

No comments