Breaking News

FUNGSI LEVEL OLI DI PABRIK INDUSTRI


Apakah Fungsi Sebuah Level Oli di Pabrik Industri ?

Level Oli merupakan salah satu komponen penting yang di gunakan pada sebuah Instalasi Oli lubrikasi, Oli Hydrolik maupun Instalasi Oli Unit lainnya.

Adapun Fungsi Level Oli adalah seperti sebagai berikut :

  • Untuk mengindikasikan kondisi berapa banyak volume oli yang ada di dalam tanki oli.
  • Sebagai batasan aman atau tidaknya kondisi volume oli yang ada di dalam tanki oli terhadap kerja mesin.
  • Untuk mengetahui ada atau tidaknya oli pada tanki penampungan.
Ada beberapa jenis komponen mesin yang harus menggunakan level oli di Pabrik Industri adalah sebagai berikut ;

1) Level Oli pada Tanki Oli Hydrolik.

Oli Hydrolik yaitu Oli yang di gunakan untuk menggerakkan komponen mesin seperti Cylinder Hydrolik, Pin Lock Cylinder.

Level Oli pada Tanki hydrolik ini biasanya menempel di salah satu sisi Tanki Penampung Oli sehingga Operatoir bisa melakukan pengecheckan kondisi volume oli yang ada di dalam tanki setiap hari.

Adapun bentuk Level oli pada tanki oli hydrolik ini bervariasi ada yang berbentuk persegi panjang, Berbentuk cylindris, berbentuk setengah lingkaran.

Sedangkan bahan level oli pada tanki oli hydrolik biasanya terbuat dari plastik dan kaca.

Oli yang ada di dalam tanki Oli hydrolik sebagian akan masuk ke lubang level oli sehingga dengan sebagian oli yang masuk ke level oli tersebut menandakan kondisi volume oli yang ada di dalam tanki oli hydrolik tersebut.

2) Level Oli pada Tanki Oli lubrikasi.

Oli Lubrikasi yaitu Oli yang di gunakan untuk melumasi pergerakan atau perputaran komponen mesin, seperti Perputaran Shaft Roll Calender pada Bushingnya, Perputaran Neck Gear Roll Calender, dan lain sebagainya.

Lubrikasi atau pelumasan pada Komponen mesin yang bergerak merupakan salah satu hal yang terpenting untuk menjaga life time dan untuk menghindari dari trouble mesin yang serius.

Level oli untuk jenis oli lubrikasi atau oli pelumas biasanya terpasang menempel di salah satu sisi dari tanki oli lubrikasi tersebut sehingga operator bisa melakukan pengecheckan kondisi volume oli pada tanki oli lubrikasi sewaktu - waktu.

Untuk mengantisipasi kondisi volume oli yang minim dan tidak terdeteksi oleh operator, maka pada tanki oli lubrikasi di pasang sebuah flow switch untuk mengidentifikasi jika kondisi volume oli di dalam tanki kurang akan terjadi bunyi alarm.

3) Level Oli pada Gear Box.

Gear Box merupakan salah satu komponen mesin yang berbentuk sebuah Box yang berisi gear - gear atau roda gigi yang berfungsi untuk menggerakkan mesin utama untuk proses produksi.

Di dalam Gear Box tersebut harus terdapat Volume Oli yang berfungsi untuk :

  • Melumasi perputaran atau pergerakan antar roda gigi di dalam gear box sehingga antar roda gigi tidak terjadi kerusakan atau keausan.
  • Untuk mendinginkan perputaran roda gigi atau gear di dalam gear box sehingga tidak terjadi over heat.
  • Untuk meredam suara noise yang di timbulkan akibat perputaran antar roda gigi atau antar gear di dalam gear box.
Level Oli yang di pasang di salah satu sisi body gear box akan lebih membantu operator atau Teknisi untuk memastikan bahwa kondisi di dalam gear box ada volume oli yang sesuai standar pabrikan.

4) Level Oli pada Cyclo Drive.

Cyclo Drive merupakan salah satu Komponen Mesin yang mempunyai fungsi hampir mirip seperti Gear Box.

Cyclo drive berfungsi untuk meneruskan putaran dari motor penggerak ke benda kerja atau mesin utama, yang di mana Cyclo drive ini mereduce putaran tinggi dari motor penggerak sesuai ratio perbandingan yang ada di spec cyclo drive.

Misalkan spec pada cyclo drive mempunyai ratio 1 : 21 ini berarti 21 putaran motor penggerak akan menghasilkan 1 putaran pada shaft out put cyclo drive.

Di dalam cyclo drive berisi oli yang berfungsi untuk melumasi perputaran atau pergerakan antar part di dalam cyclo drive seperti Gear, bearing dan shaft cycloi drive.

Sebagai indikasi ada atau tidaknya oli di dalam cyclo drive, maka sebuah cyclo drive harus di lengkapi dengan sebuah level oli.

Untuk menentukan batas standart volume oli yang terdapat di dalam cyclo drive biasanya sudah di tandakan pada body level oli oleh pihak perusahaan yang membuat cyclo drive tersebut.

Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi Level Oli di Pabrik Industri. 


No comments