Breaking News

BAGIAN BAGIAN DARI UNIT GAS ACETYLENE PADA GAS CUTTING


Pengertian Gas Acetylene pada Gas Cutting.


Berbicara tentang Tabung gas Acetylene, mungkin tidak asing bagi semua orang terutama bagi para pekerja yang selalu berhubungan dengan pekerjaan yang menggunakan Gas Cutting.

Peralatan Gas cutting di gunakan oleh pabrik - pabrik industri yang sekiranya mempunyai work shop sebagai area untuk perbaikan komponen mesin dan melakukan Development Improvement mesin.

Gas cutting merupakan salah satu alat cutting tool yang di mana fungsi kegunaannya adalah untuk memotong benda logam dengan menggunakan api bertekanan hasil campuran Gas Acetylene dengan Gas Oksigen.

Sedangkan salah satu komponen dari Gas Cutting tersebut adalah Unit Gas Acetylene, selain gas acetylene juga menggunakan gas oksigen, sehingga pertemuan antara gas acetylene dan gas oksigen akan menjadi pijar api yang diatur untuk memotong benda kerja logam.

Bagian - Bagian Unit Gas Acetylene pada Gas Cutting.


Adapun bagian - bagian dari Unit Gas Acetylene tersebut adalah sebagai berikut :

1) Tabung Gas Acetylene.

Salah satu komponen penting pada unit gas acetylene adalah Tabung gas acetylene.

Tabung gas acetylene berfungsi untuk menampung gas acetylene.

Tabung gas acetylene itu sendiri terbuat dari bahan yang tahan terhadap gas tekanan tinggi, sehingga Tabung gas harus terbuat dari bahan logam.

Adapun cara handling atau membawa Tabung gas Acetylene adalah sebagai berikut :
  • Tabung gas Acetylene tidak boleh di gelindingkan karena bisa merusak permukaan tabung gas dan bisa berakibat meledak jika terjadi benturan keras.
  • Cara memindahkan Tabung gas tidak boleh di angkat dengan tangan, karena kondisi Tabung gas acetylene berat sehingga berpotensi menimpa pekerja.
  • Jangan membawa Tabung gas acetylene dengan menggunakan trolley dengan posisi tabung gas duduk horizontal atau posisi tabung gas tidur karena berpotensi tabung gas tergelincir dan jatuh dari trolley.
  • Jangan membawa tabung gas acetylene dengan menggunakan Alat angkat dan angkut seperti Forklift atau sejenisnya, karena bisa terjadi getaran dan goyangan yang bereffect pada kerusakan tabung gas atau terjadi peledakan.
Jadi cara handling Tabung gas Acetylene yang Baik adalah sebagai berikut :
  • Cara membawa Tabung gas acetylene dari tempat satu ke tempat yang lain adalah menggunakan trolley khusus Tabung gas yang sudah di buat sedemikian rupa.
  • Tabung gas di pasang pada trolley dengan posisi tabung berdiri vertikal dengan sedikit kemiringan untuk antisipasi dari jatuh.
  • Cara memindahkan Tabung gas Acetylene dari storage ke trolley Tabung gas acetylene adalah bukan dengan di gelindingkan namun dengan di dorong putar dan posisi tabung gas berdiri vertikal.
  • Jangan menyimpan Tabung gas Acetylene pada erea yang terkena sinar matahari langsung.

2) Valve Utama Tabung Gas Acetylene.

Valve Utama Tabung gas adalah valve yang terdapat pada tabung gas Acetylene yang berfungsi untuk buka dan tutup aliran gas acetylene dari Tabung Gas menuju Selang Gas Acetylene.

Valve utama Gas Acetylene ini akan di buka pada saat ada pemakaian Gas Cutting dan Valve utama harus posisi tertutup pada saat Gas tidak di gunakan, karena untuk menghindari adanya kebocoran gas Acetylene yang tak terdeteksi pada unit.

Ada beberapa perlakuan penting pada valve utama Tabung Gas Acetylene ini adalah sebagai berikut :
  • Bukalah Valve utama setengah putaran saja pada saat proses pemakaian gas Acetylene.
  • Selalu pasang kunci atau handle valve pada valve utama gas acetylene untuk antisipasi ada arus balik api sehingga pekerja langsung bisa bertindak menutup valve gas acetylene dengan cepat.

3) Regulator Gas Acetylene.

Regulator gas acetylene berfungsi untuk mengadjust atau setting pressure atau tekanan gas acetylene yang akan di gunakan untuk proses pemotongan.

Biasanya settingan pressure atau tekanan gas acetylene di setting antara 0.3 Kg/cm2 - 0.5 Kg/cm2.

Posisikan regulator gas acetylene pada kondisi nol pressure apabila tidak ada pemakaian gas cutting unit, untuk menghindari adanya kebocoran pressure atau tekanan yang bisa mengundang kejadian Api.

4) Pressure Gauge Gas Acetylene.

Pressure Gauge mempunyai fungsi sebagai indikator besarnya nilai pressure atau tekanan gas acetylene yang ada.

Nilai angka yang di tunjuk oleh jarum pada pressure gauge, merupakan nilai besarnya tekanan atau pressure dari aliran Gas Acetylene yang di setting melalui regulator berdasar kebutuhan yaitu 0,3 Kg/cm2 - 0,5 Kg/cm2.

5) Arrestor atau Safety Valve Gas Acetylene.

Arrestor atau Safety valve merupakan salah satu komponen pada Unit gas acetylene untuk gas cutting yang berfungsi sebagai alat safety pencegah adanya tekanan arus balik yang bisa bereffect terjadi peledakan.

Kenapa bisa terjadi tekanan arus balik pada gas cutting, karena terjadi mampet pada ujung nozzle atau ada lubang nozzle yang tersumbat kotoran atau biji logam, sehingga tekanan gas cenderung akan mendorong balik ke arah supply gas.

Baca juga tentang :

6) Hose Gas Acetylene.

Hose yang terbuat dari material yang tahan terhadap tekanan tinggi merupakan salah satu syarat penting yang harus di perhatikan pada saat instalasi gas cutting.

Biasanya hose gas Acetylene ini terbuat dari karet atau rubber sehingga hose lebih bersifat lentur atau flexible dan tidak mudah tertekuk pada saat hose di gulung pada stand trolley gas cutting.

Hose Gas Acetylene biasanya berwarna merah menyesuaikan dengan warna tabung gas Acetylene.

7) Torch atau Tangsten Gas Cutting.

Torch merupakan komponen pada gas cutting yang di dalamnya terdapat dua lubang saluran untuk Gas Acetylene dan untuk saluran gas Oksigen.

Kedua gas tersebut akan bersatu keluar dari ujung nozzle yang akan berubah menjadi nyala api gas cutting.

Sedangkan Torch atau tungsten gas cutting itu sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti :
  • Valve atau kran gas Acetylene yang berfungsi sebagai valve untuk buka dan tutup besar kecilnya saluran gas acetylene dari tabung gas acetylene.
  • Valve atau kran gas oksigen yang berfungsi sebagai valve buka dan tutup besar dan kecilnya saluran gas oksigen dari tabung gas oksigen.
  • Valve setting yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya volume campuran gas acetylene dan gas oksigen yang akan keluar melewati nozzle.
  • Nozzle yang berfungsi sebagai ujung torch keluarnya campuran gas acetylene dan gas oksigen yang di rubah menjadi nyala api oleh pemantik api.
Demikian sedikit ulasan tentang bagian - bagian dari Unit Tabung gas Acetylene pada Gas Cutting .



No comments